25 Kalimat yang Menstimulasi Kepercayaan Diri Anak

Sesederhana kalimat, “Apapun yang terjadi mama dan papa sayang sama kamu,”bisa memengaruhi rasa percaya diri si kecil. Yuk, kita cari tahu, kalimat “ajaib” apalagi yang bisa membangkitkan rasa percaya diri si kecil.

Jordy anak lanang saya, senang banget pas tahu dirinya sudah bisa membuka dan menutup tempat air minumnya sendiri. Namun, adakalanya dia kesulitan untuk membuka tutup botol tertentu. Biasanya, pas ada di momen ini, saya tanya ke Jordy, “Boleh Bunda bantuin, nggak?.” Takutnya, kalau di tengah-tengah saya sok-sokan kasih pertolongan, dia malah nggak percaya diri ke depannya, untuk melakukan hal ‘sulit’ lainnya.

25 Kalimat yang Menstimulasi Kepercayaan Diri Anak - Mommies Daily

Ternyata, untuk memupuk rasa percaya diri si kecil, kita bisa melatihnya dengan memberikan apresiasi melalui kalimat-kalimat yang tepat! Apa saja? Misalnya, seperti beberapa kalimat di bawah ini:

1.”Yakin deh, kamu pasti bisa.”

2.”Wah, kamu pemberani, ya.”

3.”Kamu bisa melakukannya, kok.”

4.”Mama/Papa percaya sama kamu.”

5.”Kamu mampu melakukan hal sulit ini.”

6.”Apapun yang terjadi Mama/Papa, sayang sama kamu.”

7.”Kita coba sama-sama, yuk!.”

8.”Wah, coba ceritakan ke Mama, gimana caranya kamu menyelesaikan ini semua.?

9.”Kedengarannya bagus deh, Kakak/Adik bisa nggak cerita lebih lanjut tentang sesuatu yang tadi kamu bilang?.”

10.”Boleh Mama/Papa bantu nggak?.”

11.”Lakukan yang terbaik, ya.”

12.”Mama/Apap tahu ini sulit, tapi Mama pernah kok melihat kamu menyelesaikan hal sulit lainnya.”

13.”Dengan segala kelebihan dan kekurangan kamu, kamu harus percaya diri.”

14.”Kamu membuat Mama & Papa bangga.”

15.”Walaupun Mama & Papa sesekali merasa stress dengan pekerjaan atau hal lainnya, kami tetap saling mencintai, untuk mendampingi kamu.”

16.”Coba bayangkan seandainya….” (bisa berandai-andai yang berhubungan dengan cita-citanya, atau apa jadinya kalau sekeluarga pergi ke negara A, B dan seterusnya)

17.”Kamu tahu nggak, apa sih mandiri itu?”

18.“Mau dengar cerita Mama hari ini seharian di kantor ngapain aja?”

19.”Kakak mau nggak mencoba sesuatu yang baru?”

20. “Memang sih, kadang-kadang ada hal yang kelihatan menakutkan, tapi sebetulnya menarik untuk dilakukan.”

21.”Kami tahu kamu sudah melakukan yang terbaik, Mama dan Papa bangga sama usaha kamu.”

22.”Mama dan Papa lihat kamu penasaran ya tentang hal ini, yuk kita cari tahu bersama.”

23.”Kadang-kadang kita membuat kesalahan, dan dari situlah kita banyak belajar.”

24.”Coba tolong cerita, apa tantangan yang kamu sudah selesaikan hari ini.”

25.”Coba ulang apa yang Mama dan Papa katakan, ‘Saya bisa melakukannya.’”

Ada yang punya versi mommies sendiri? Supaya lebih banyak pilihannya :)

 


Post Comment