Jadi Rendah Hati, Jangan Rendah Diri

Walaupun hari gini lumayan susah menjadi manusia yang rendah hati, karena lingkungan seolah memaksa kita untuk menampilkan ke-aku-an dan kehebatan kita.

Gimana nggak susah, kalau menjadi orang yang rendah hati kok kayaknya nanti malah dianggap nggak kompeten. Gimana nggak susah, kalau menjadi rendah hati membuat kita tenggelam di balik gerombolan orang-orang yang hobi berkoar-koar mengenai kehebatan mereka. Gimana nggak susah, kalau menjadi rendah hati kadang malah membuat kita dicap tidak ambisius.

Padahal, apa sih salahnya menjadi rendah hati? Karena bagi saya pribadi, menjadi orang yang rendah hati tetap terasa lebih baik dan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

Jadi Rendah Hati, Jangan Rendah Diri - Mommies Daily

Bicara tentang menjadi down to earth people, menurut beberapa penelitian, berikut ciri-ciri orang yang rendah hati:

1. Berpikir sebelum bicara

Nggak asal njeplak istilahnya. Mereka akan menilai situasi yang mereka hadapi, menilai masalah dengan saksama baru memberikan masukan yang dibutuhkan. Bagi mereka, buat apa bersuara kalau tidak ada nilai pembicaraan.

2. They speak for what is right, not what is popular

Memilih berada di sisi yang benar walaupun kadang itu tidak popular sudah pasti bukan hal mudah. Namun orang yang rendah hati biasanya sangat percaya diri, bahkan jika mereka harus melawan arus sekalipun.

3. Lawan bicara yang menyenangkan

Ini dia. Orang yang rendah hati biasanya memang memiliki kecerdasan tapi enggan menonjolkan diri. Namun, sekali dia memilih bicara, dia akan sangat memerhatikan lawan bicara dengan saksama.

4. Mereka nggak peduli dengan drama dan gossip

Mereka nggak sibuk menampik gossip-gossip tentang mereka yang beredar di luaran sana. Karena menurut mereka, orang akan melihat sendiri kualitas yang mereka miliki.

5. Walaupun berkesan introvert, namun sebenarnya mereka sangat outgoing

Orang yang rendah hati biasanya terkesan menutup diri, padahal sekali diajak bicara, mereka bisa sangat terbuka. Mereka hanya tidak suka terlalu menonjol di tengah-tengah keramaian.

6. Ketika mereka mengharapkan kesuksesan orang, mereka sungguh-sungguh mengharapkannya

Karena bagi mereka, semakin banyak orang sukses maka semakin banyak orang yang bisa berperan dalam dunia ini. Mereka senang melihat orang lain bahagia dan sukses.

Dari beberapa point di atas, apakah kita sudah menjadi manusia yang rendah hati? Saya pribadi sih masih hanya memenuhi segelintir point. Saya masih suka nggak sabaran dan ingin memamerkan pendapat saya biar kesannya saya bersuara dan didengar. Saya kadang masih hobi dengan gossip dan menciptakan drama dalam hidup saya sendiri. Saya kadang takut jika saya tidak ‘terlihat’ dan ‘tidak dianggap.’

Jadi, mari kita menjadi pribadi yang lebih rendah hati sekarang. Jangan rendah diri!

Selamat memasuki bulan April dengan penuh semangat ya mom.


Post Comment