Lima Akibat Hobi Bayar Kartu Kredit dengan Minimum Tagihan

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Ada 5 akibat yang harus mommies hadapi kalau punya kebiasaan bayar kartu kredit dengan minimum tagihan. Apa saja?

Hobi Bayar Kartu Kredit dengan Minimum Tagihan? Ini Akibatnya - Mommies Daily

Mommies suka menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi? Kemudahan yang diberikan ternyata dapat menjadi masalah di kemudian hari jika pengelolaan kartu kredit yang kurang tepat. Salah satunya adalah kebiasaan untuk melakukan pembayaran minimum setiap tagihan datang. Jika mommies termasuk kedalam pengguna kartu kredit yang melakukannya, saya sarankan untuk mulai ubah kebiasaan menuju pembayaran lunas saat tagihan datang. Berikut ini beberapa informasi yang sebaiknya menjadi pertimbangan dalam pengelolaan kartu kredit.

1. Pembayaran minimum hanya melunasi 5% dari pokok utang

Jika Mommies berpikir dengan membayar cicilan minimal kartu kredit maka akan bisa melunasi pokok utang, ternyata tidak demikian yang terjadi. Dari total tagihan minimal yang wajib dibayarkan, ternyata pembayaran minimum hanya mengalokasikan 20-40% untuk pelunasan pokok utang. Selebihnya? Dialokasikan untuk pembayaran beban bunga.

2. Metode perhitungan beban bunga

Setiap kartu kredit terkadang memiliki aturan pembebanan bunga yang berbeda. Berapakah bunga kartu kredit yang dimiliki saat ini? Sebagai contoh, jika bunga kartu kredit yang tertera adalah sebesar 2.5% per bulan, maka beban bunga setahun menjadi 30% untuk sebuah transaksi. Jumlah tersebut akan dikalikan dengan pokok utang yang kemudian dibagi menjadi 12 bagian.

3. Penambahan beban bunga atas tagihan berjalan

Apabila masih ada tagihan yang berjalan, beberapa kartu kredit akan menerapkan sistem bunga ber bunga pada tagihan kartu kredit yang dimiliki. Dengan demikian, bisa saja transaksi yang telah dilakukan 3 bulan lalu, masih belum lunas sisa pokok utangnya apabila mommies terus menambah jumlah transaksi kartu kredit di bulan-bulan setelahnya.

4. Jumlah pembayaran minimum untuk melunasi satu transaksi

Apabila mommies melakukan pembayaran minimum 15% saja dari total tagihan, maka pokok utang atas satu transaksi baru akan lunas setelah 1 tahun atau 12 kali pembayaran. Hal ini terjadi karena mommies harus membayar pokok utang transaksi ditambah beban bunga yang terus terakumulasi hingga pokok utang lunas.

5. Cicilan 0% akan ikut berbunga jika tidak dibayar penuh setiap tagihan

Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit adalah cicilan 0%. Namun, pahami bahwa jumlah tagihan pembayaran minumum bulanan termasuk jumlah pembayaran cicilan 0%. Hal penting untuk diwaspadai adalah beberapa kartu kredit ternyata juga membebankan bunga jika tagihan baru untuk cicilan 0% tidak dilunasi sepenuhnya. Jadi, cermat dalam penggunaan kartu kredit itu penting. Live a beautiful life!


Post Comment