Joanna Alexandra, “Jadi ibu harus bisa menjaga suasana hati”

Joanna Alexandra, mengurus empat anak, plus si bungsu, dengan berkebutuhan khusus. Bagaimana usaha Joanna menjaga suasana hatinya, agar ke-4 buah hatinya bisa terurus dengan baik?

Rasa kagum saya nggak ada habisnya, untuk ibu yang penuh semangat mengurus anak dengan kebutuhan khusus. Mendampingi anak dengan keadaan normal saja, butuh kesabaran ekstra. Apalagi ada kasus-kasus khusus yang harus dihadapi. Serangkaian terapi, untuk mengejar ketertinggalan tumbuh kembang buah hati. Salut pokoknya.

Joanna Alexander, “Jadi ibu harus bisa menjaga suasana hati - Mommies Daily

Salah satu ibu hebat yang sempat saya ajak ngobrol adalah Joanna Alexandra, di acara press conference ulang tahun Orami yang ke-5. Zio anak ke empatnya, yang berusia 9 bulan, mengidap beberapa kelainan yang masih membutuhkan diagnosa pasti dari dokter, “Sebenarnya kelainan Zio ada banyak. Sampai sekarang masih menunggu, diagnosa dari dokter yang pastinya apa. Lagi di tahap pemeriksaan. Yang sudah terdiagnosa, sekarang itu ada kelainan di tenggorokannya Laringomalasia. Kelainan di laringnya, jadi ada gangguan menelan,” terang Joanna.

Selain itu, kata Joanna, postur kaki kiri Zio juga ada kelainan, agak masuk ke dalam. Sekarang masih dalam masa penyembuhan, pakai sepatu khusus. Dari segi ototnya, kaki Zio tidak sekuat bayi pada umumnya. Itu yang menyebabkan tumbuh kembangnya agak terlambat. Tapi, Joanna lebih tenang karena menurutnya dengan serangkaian terapi, Zio bisa mengejar ketertinggalannya.

Resep Joanna tetap kuat mendampingi Zio

Meski diakui penuh perjuangan,seru dan heboh urus empat anak. Joanna punya kiat jitunya, dia nggak mau gengsi minta bantuan sama suami atau ibunya. “Waktu saya hamil anak ke-4, saya dan suami sepakat, kami harus lebih pintar lagi atur jadwal, antara antar anak sekolah dan lain-lain. Asal ada kemauan pasti bisa, harus kerjasama sama suami, itu kuncinya,” menambahkan strateginya tetap supaya tetap punya energui mendampingi tumbuh kembang Zio.

Joanna Alexander, “Jadi ibu harus bisa menjaga suasana hati - Mommies DailyImage: IG @joannaalexandra

Sebagai orang yang beriman. Joanna memilih berserah ke Tuhan. Meski ada saat stress, tapi Joanna nggak mau terlalu berlarut, apalagi kepikiran. “Karena suasana hati seorang ibu, pasti juga kerasa sama anak-anaknya. Saya nggak mau karena stress ngurusin Zio, kakak-kakaknya jadi merasa ditelantarkan atau merasa nggak diperhatikan. Tugas seorang ibu, ya harus bisa jaga mood, bagaimanapun caranya.”

Joanna tak lupa mencari dukungan dari sesama ibu, yang sedang berjuang mendampingi putera puterinya yang berkebutuhan khusus. Lewat Yayasan Penyakti Langka Indonesia, ia merasa terbantu, di antaranya berupa rekomendasi dokter atau peralatan khusus yang dibutuhkan si kecil untuk terapi tertentu.

Joanna Alexander, “Jadi ibu harus bisa menjaga suasana hati - Mommies DailyImage: IG @joannaalexandra

Istri dari Raditya Oloan ini juga memilih melihat segala sesuatunya sebisa mungkin dari sisi yang positif. Termasuk kehadiran Zio dalam keluarga mereka. Alasan Joanna sangat masuk ajal, kan kalau kita mau berpikir negatif, semuanya ya bisa saja kita masukkan dalam kategori tersebut, ya. Tapi nanti malah rugi sendiri, kata Joanna. Joanna memilih berpikir yang bagus-bagus saja. Misalnya melihat perkembangan Zio sekecil apapun itu. Karena hal-hal seperti ini, yang akan membangun mood menjadi baik.


Post Comment