Manfaat Minyak Kelapa, dari Kecantikan Hingga Kesehatan

Minyak kelapa, alami, mudah didapat, relatif murah tapi punya segudang manfaat. Dan penyelamat di segala kondisi.

Saya adalah salah satu saksi bagaimana ampuhnyanya manfaat minyak kelapa ini. Khususnya untuk meminimalkan stretch mark selama hamil dan setelah melahirkan. Cerita lengkapnya, saya jabarkan di bawah ya.

Manfaat Minyak Kelapa, dari Kecantikan Hingga Kesehatan - Mommies DailyImage: www.best-alzheimers-products.com

Dari kecil saya sudah akrab dengan minyak kelapa. Mama saya biasanya membuat sendiri. Pokoknya sedia saja dulu. Bisa untuk ngurut atau untuk kebutuhan lainnya. Di berbagai produk kecantikan, ada beberapa produk mengklaim mempunyai kandungan minyak kelapa. Di antaranya, produk waxing, Face Prime, Face Hand & Cleansing Wipes hingga Eye Cream! Keren ya, manfaat minyak kelapa ini, mommies.

Lalu apa saja persisnya manfaat minyak kelapa dari sisi kecantikan dan kesehatan?

Kecantikan

1.Meminimalkan stretch mark

Waktu saya dinyatakan hamil, mama langsung membuat minyak kelapa andalannya. “Ini kamu olesin di sekitar perut, pantat sampai ke paha ya. Supaya nanti stretch mark kamu minim pas lahiran.” Begitu kita-kira kalimat yang mama saya lontarkan. Sebelum tidur dan pas mau ngantor saya pakai di daerah yang tadi mama saya sebutkan. Tapiii, karena saya nggak terlalu nyaman dengan aroma minyak kelapa buatan rumah, saya campur dengan olive oil. Tahu nggak apa efek yang nggak saya sangka-sangka?

Saat lahiran, ada bidan yang komentar, “Ibu, kok stretch mark sedikit banget?” WOW! MAGIC! Pikir saya, seampuh itu ternyata di minyak kelapa mengurangi stretch mark. Tapi ingat ya, mommies dipakainya dari trimester pertama. Jangan pas kandungan sudah membesar.

2.Pelembap bibir dan bagian tubuh lainnya

Mumpung waktu itu masih banyak stok minyak kelapa sekalian saja deh. Saya gunakan di area bibir yang suka pecah. Menggunakannya praktis saja. Colek minyak kelapa dengan jadi kelingking, lalu oleskan ke bibir mommies. Nggak hanya bibir, saya juga suka mengaplikasikannya di daerah sikut, telapak kaki dan dengkul.

3.Untuk pijat

Memang sih minya kelapa ini lebih pekat. Tapi serius deh, kalau pijat pakai minyak kelapa, jadi punya manfaat ganda. Bisa juga untuk melembapkan seluruh bagian tubuh!

4. Kondisoner alami

Sebelum tidur aplikasikan minyak kelapa dari akar rambut hingga ke ujung. Hal ini juga berfungsi mencegah rambut pecah-pecah.

5.Makeup remover

Saat membersihkan wajah,sekaligus bisa melembapkan kan? Satu langkah, mendapatkan dua manfaat.

Kesehatan

1.Untuk memasak

Tahukah mommies minyak kelapa yang khusus untuk memasak itu titik didihnya tinggi. Jadi kalau kita panaskan sekali dia masih aman, tidak jadi transfat atau kolesterol jahat. Saya sudah beralih menggunakan minyak kelapa, selama kurang lebih  3 bulan ini, dari segi rasa makanan nggak berubah kok.

2.Menimalkan bekas luka bakar

Tapi ini bukan untuk penanganan utama ya, mommies. Kalau saya waktu itu menggunakan pas luka terlihat mau mengering. Oleskan secara berkala.

Oleskan pada bagian luka yang sudah terlebih dahulu dibersihkan air dan diberik obat antiseptic terlebih dahulu.

3.Mengontrol berat badan

Campurkan sendok minyak kelapa ke dalam teh atau air panas. Minyak kelapa diyakini cegah penumpukan  lemak dan mengendalikan rasa lapar.

Harap diperhatikan!

Catatan penting dari saya. Bedakan antara minyak kelapa olahan dengan virgin coconut oil (VCO), ya, mommies. Jika untuk pemakaian luar, masih ideal menggunakan minyak kelapa olahan. Tapi kalau sudah mau dikonsumsi, sebaiknya gunakan VCO, karena VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa campuran  bahan kimia dan tidak melalui suhu tinggi. Tujuannya agar kandungan alami seperti senyata phenolic tidak rusak. Meski minyak kelapa olahan, juga sama sekali tidak mengandung bahan kimia. Tapi, untuk keamanan, gunakan hanya VCO jika ingin dikonsumsi.

Beda hal dengan minyak kelapa sebagai minyak goreng. Tersedia di supermarket. Yang memang khusus untuk memasak.


One Comment - Write a Comment

Post Comment