Posisi Seks Terbaik Setelah Melahirkan

Ditulis oleh: Lariza Puteri

Enyahkan rasa takut, khawatir dan grogi saat akan memulai seks lagi pascamelahirkan dengan posisi ternyaman.

“Mbak, emang habis melahirkan, pas ML pertama sakit lagi, ya?” Pertanyaan teman saya ini, pengen saya jawab dengan teriakan, “Sakiiiittt,” hahaha. Alih-alih demikian, saya kalem jawabnya, “Ya, gitu deh, agak ngilu macam pengantin baru.”

Baca juga: Tips Seputar Seks Pasca Melahirkan dari Para Suami

Posisi Seks Terbaik Setelah Melahirkan - Mommies Daily

Tapi tenang, sebetulnya ini adalah hal yang wajar. Rasa grogi, takut dan khawatir yang muncul saat ‘lampu hijau’ sudah menyala (artinya sudah aman untuk kembali melakukan hubungan seksual), umumnya menghampiri sebagian besar ibu-ibu pasca melahirkan. Selain rasa gugup, ketakutan secara psikologis, akibat banyak perubahan pada tubuh juga membuat para wanita merasa khawatir.

Meskipun demikian, bila lampu hijau tadi sudah menyala, seharusnya aktivitas seksual tidak membuat sakit (baik pada ibu yang melahirkan normal maupun caesar). Sedikit tidak nyaman mungkin iya, tapi kalau sampai sakit, artinya ada yang tidak beres dengan organ intim Anda. Ini bisa berbentuk iritasi, luka dan lain sebagainya. Hal lain yang bisa membuat aktivitas seksual menjadi sakit adalah ketidaknyamanan, yang berkaitan dengan posisi seks.

Kalau dulu mommies punya posisi favorit saat berhubungan seksual, dan sekarang posisi tersebut membuat tidak nyaman, maka tinggalkan dulu. Yuk, coba bersenang-senang dengan posisi-posisi ini:

1. Women on top

Dalam posisi ini wanita punya kendali lebih banyak. Mommies juga bisa mengendalikan kecepatan dan kedalaman penetrasi. Bagi ibu yang melahirkan dengan caesar, posisi ini juga membantu melindungi bekas luka dan mengurangi tekanan.

2. Spooning

Bila Anda masih malas bergerak banyak, ini adalah posisi yang cukup oke. Banyak wanita yang menyatakan posisi ini paling nyaman bagi mereka setelah melahirkan. Berbaring miring juga akan menjauhkan bekas luka cesar dari tekanan.

3. Misionaris

Jangan mengabaikan posisi yang dianggap biasa-biasa saja ini. Dengan posisi ini, mommies justru bisa melihat area mana yang nyaman dan mungkin terasa tidak nyaman. Bahkan menempatkan bantal di bawah punggung bisa menjadi salah satu cara untuk menambah kenyamanan. Sebab, kemiringan pelvis dapat menarik bekas luka cesar.

4. Di atas sebuah kursi

Dengan pasangan duduk di sebuah kursi, mommies bisa menempatkan posisi di atasnya. Sekali lagi, dengan posisi ini mommies bisa mengendalikan kecepatan dan kedalaman penetrasi.

5. Pasangan berdiri

Mommies bisa berbaring di pinggir tempat tidur hingga tersisa tubuh bagian atas saja yang masih ada di tempat tidur. Sementara, pasangan mommies dapat berdiri dan mengangkat kaki Anda ke atas. Posisi ini juga membantu menurunkan tekanan dari punggung bagian bawah.

Selain posisi, perlu diingat bahwa perubahan hormon setelah melahirkan dapat menyebabkan kekeringan pada vagina. Jadi, menggunakan pelumas yang berbahan dasar air mungkin dapat membantu. Hal lain yang juga perlu diingat adalah komunikasi. Jangan segan untuk ngobrol dulu dengan suami sebelum beraktivitas seksual, agar sama-sama nyaman. :)

Baca juga: Ternyata 6 Hal Ini Juga Diperhatikan Oleh Suami Saat Bercinta


Post Comment