Shara Virrisya, Makin Semangat Olahraga karena Bisa Menginspirasi Orang Lain

Dalam seminggu Shara Virrisya bisa mengajar hingga lima kelas. Katanya, yang membuat ia selalu semangat, lewat olahraga bisa menginspirasi orang lain. Seperti apa, ya, inspirasi yang dimaksud?

Terbiasa olahraga sejak SMA, membuat Shara Virrisya melanjutkan kebiasaan baiknya sampai sekarang. Berujung menjadi instruktur dan berhasil menelurkan instruktur baru dari kelas yang ia latih.  Penggemar warna hitam, putih dan merah ini sempat berprofesi sebagai news anchor di salah satu televisi swasta. Namun, karena permintaan anak sulungnya Rakha (13,5), akhirnya ia berhenti bekerja di televisi, dan fokus di dunia olahraga.

Shara Virrisya, Makin Semangat Olahraga karena Bisa Menginspirasi Orang Lain - Mommies DailyImage: Dokumentasi pribadi Shara

Shara, jebolan Universitas Waikato Institute of Tecnology, NZ, Media Arts (PR/ Advertising) kini menjadi instruktur Strong by Zumba. Baginya, olahraga membuat dirinya bahagia. Soal kurus, itu soal bonus. Yang terpenting, bagaimana lewat profesinya sekarang, ia bisa menginspirasi orang lain. Seperti apa persisnya inspirasi yang Shara maksud? Yuk, simak obrolan Mommies Daily dengan Shara.

Apa yang membuat kamu rajin olahraga?

Sebetulnya dari saya SMA sudah suka olahraga. Terus pas saya kuliah di New Zealand, karena di desa nggak ada kesibukan lain, misalnya nggak ada kelas. Saya dan teman-teman ke GYM atau bertualang, misalnya trekking, kayaking, skiing dan lari sepanjang Waikato River.

Selain itu, pas saya hamil dulu, sempat naik 25 kg. Hai ini jadi motivasi saya mengembalikan bentuk tubuh seperti semula

Frekuensi olahraga kamu dalam seminggu, dan jenis olahraga yang dipilih?

Saya awalnya olahraga seminggu 5 kali. Tapi dalam satu hari itu, ada yang dua kali. Jadi bisa dibilang seminggu, bisa mencapai 6-7 kali. Saya usahakan ada hari liburnya, meski sehari suka ada dua kelas.

Jenis olahraganya, Zumba dan Strong by Zumba, lalu saya juga ikut Krav Maga dan Boxing. Sesekali lari di car free day dan renang, tapi tergantung anak-anak, mereka sedang minta saya temani lari atau renang. Bukan sesuatu yang rutin.

Rutinitas kamu rajin olahraga, juga diikuti oleh anak-anak kah?

Shara Virrisya, Makin Semangat Olahraga karena Bisa Menginspirasi Orang Lain - Mommies Daily

Image: IG @virrisya

Sayangnya yang pertama nggak. Kalau yang kecil iya, Rafi (11,5). Dia suka main bola, ikut club bola. Dan Alhamdulillah dia sudah sempat main di luar negeri. Hanya saja sekarang, dia istirahat dulu, karena lututnya cedera. Sekarang sedang terapi penguatan otot pahanya, supaya lututnya nggak jadi beban. Harusnya awal April dia ke Singapura lagi. Tahun lalu, di U 11, Indonesia mendapatkan peringkat ke-2, dari puluhan negara lainnya.

Manfaat olahraga yang Mbak Shara rasakan?

Kalau saya olahraga, karena saya merasa happy. Mungkin karena munculnya hormon endorfin. Masalah nanti jadi kurus atau nggak, itu bonus. Ketika olahraga saya merasa bahagia, dan badan juga lebih enak. Contohnya, kalau dulu saya datang bulan, merasa kesakitan sampai guling-guling dan nggak bisa jalan.

Selain itu yang bikin badan terasa nyaman, karena olahraga seperti stress relief. Ketika saya mengajar Strong by Zumba, kita semua bisa teriak. Saya merasa itu seperti stress relief yang positif.

Favorit gear kamu apa Mbak Shara?

Sebetulnya bukan favorit juga, tapi keharusan. Karena kalau saya mengajar Strong by Zumba, saya harus pakai glove. Alasannya, keringat yang keluar parah, dan jatuh ke lantai. Kalau push up atau plank, kalau nggak pakai glove bisa licin.

Selain olahraga, apakah ada pola hidup sehat lain yang dilakukan? Pola makan mungkin?

Terus terang kalau pola makan saya nggak terlalu menjaga. Karena yang membuat saya bahagia itu, makan dan olahraga. Alhamdulillah dari kedua hal itu, yang tadinya hobi jadi pekerjaan. Jadi nggak berasa seperti kerja.

Paling saya mengurangi nasi, ganti nasi putih, ke nasi merah. Kalau untuk konsumsi gula, saya kebetulan tidak terlalu suka manis, jadi hal itu tidak masalah. Yang masalah, adalah menolak mie ayam, itu sulit deh, hahaha.

Quote favorit yang berkaitan dengan olahraga?

Compare yourself only to who you were yesterday. Be your own competition. So you become better

Apa yang bikin kamu semangat olahraga?

Yang bikin saya semangat olahraga itu sebetulnya murid-muridnya. Mereka sudah antusias datang, sudah saya “siksa” mereka tetap datang untuk olahraga. Terus sekarang banyak murid saya yang mengambil sertifikasi, dan mulai mengajar. Ternyata itu jadi suatu pencapaian tersendiri. Berarti kita bisa menginspirasi orang lain.

Artinya begini, ketika saya masih menjadi news anchor, profesi ini mulia, memberikan kabar kepada masyarakat, tentang apa yang sedang terjadi. Tapi kita tidak bisa melihat dampaknya langsung. Ketika saya menjadi instruktur, kita bisa kasih manfaatnya langsung, dan bisa lihat hasilnya, mereka happy.

Misalnya di kelas Zumba saya, kebanyakan pesertanya ibu-ibu dan anak kuliah. Saya selalu bilang sama mereka, ya lepaskan saja dalam satu jam sesi Strong by Zumba. Ini adalah kesempatan untuk stress relief, mau teriak silakan, nikmati saja!

Ada tempat olahraga favorit, dan kenapa?

Sekarang karena saya mengajar di SANA, ya saya sering olahraga di situ. Intinya yang secara lokasi dekat dari rumah saja.

Tetap semangat mengajar, ya, Mbak Shara. Moga makin banyak murid-murid kamu yang terinspirasi mengikuti jejak sebagai instrukstur Strong by Zumba, atau jenis olahraga lainnya :)


Post Comment