Cara Bebas dari Bocor Halus, Tanpa Korbankan Hobi Makan di Luar Sama Teman & Keluarga

Sudah naik gaji sekian kali, tabungan nggak nambah. Bahkan di pertengahan bulan, merasa keuangan kembang kempis. Coba cek lagi keuangan mommies, jangan-jangan terjadi  bocor halus.

Beberapa waktu lalu, saya membereskan aneka struk belanjaan di dalam dompet. Sebelum merobek, saya sempatkan melihat nominal belanja. Jejak-jejak harga yang tertera memang nggak terlalu besar sih (tapi banyaaaak, huhuhu). Didominasi oleh: beli es kopi susu, camilan pisang nugget goreng, dan yang paling bikin geleng-geleng pengeluaran pas makan di mal sama keluarga. Biaya makan tadi tuh, belum sama uang bensin, parkir dan di luar biaya tak terduga si kecil minta dibelikan mainan. Itu saja sudah habis, kurang lebih 500 ribu, hanya untuk makan tiga orang!

Pengeluaran semacam di atas, kalau dalam isitilah keuangan dinamakan Latte Factor, atau bocor halus. Pengeluaran kecil-kecil, tapi sering dikeluarkan. Dan tema semacam ini, ternyata bisa jadi seru banget, kalau jadi tema obrolan sesama ibu-ibu. Ya maklum, ibu-ibu diidentikan dengan menteri keuangan, yang bakalan pusing, kalau di tengah bulan, cash flow sudah carut marut.

Cara Bebas dari Bocor Halus, Tanpa Korbankan Hobi Makan di Luar Sama Teman & Keluarga - Mommies Daily

Seperti yang terjadi di MD Lunch bersama Club AlaCarte. Bincang-bincang sambil menikmati makan siang siang di restoran Wilshire, daerah Senopati, makin seru pas tahu Club Alacarte ini, bisa menjadi salah satu solusi bocor halus yang selama ini dialami. Terutama dari pos makan di luar, yang menguras ratusan ribu itu, lho!

Bagaimana Club AlaCarte bisa bantu mommies menyelamatkan keuangan keluarga?

Hari gini, siapa sih, yang nggak senang, pas makan di restoran, bisa mendapat satu free menu? Apalagi kalau makannya sama anak. Singkatanya bisa memangkas pengeluaran makan di luar. Kalau tadi saya bilang, minimal habis 500 ribu, setiap habis makan di restoran. Nah, dengan Club Alacarte, mommies bisa menghemat budget makan, sampai  50 juta hingga akhir tahun 2018! Karena dengan Club Alacarte, mommies bisa buy-1-get-1, menarik banget kan?

Terlepas, pas nggak lagi pergi sama keluarga, misalnya lagi hangout sama teman-teman, tetap saja, perlahan tapi pasti mengurasi isi dompet kita, jika membeli menu tidak menggunakan penawaran dari Club Alacarte? Silakan hitung sendiri, ya, berapa pengeluaran yang bisa mommies hemat, dan tabung untuk pos lainnya yang sifatnya lebih urgent.

Cara Bebas dari Bocor Halus, Tanpa Korbankan Hobi Makan di Luar Sama Teman & Keluarga - Mommies Daily

Nah, tapi permasalahanannya, kalau kata Fia, Managing Editor Mommies Daily dan beberapa suara dari peserta MD Lunch yang datang, makan di luar untuk seorang ibu nggak hanya untuk ajang quality time sama keluarga aja. Sebagai ibu, wajar dong ngopi dan makan sama teman-teman buat melepas stres dan me time? Ya kan, ya kan? Ahahaha, cari teman banget ya?

Inilah yang Club Alacarte tawarkan kepada mommies yang datang ke MD Lunch, 31 Januari lalu, di Jakarta. Kata Beta Maulani, Business Development Manager dari Club Alacarte dan Roei Hansen, Operations Associate Club Alacarte, makan di luar itu bisa dibilang untuk sebagian masyarakat di kota besar, adalah sebuah hobi atau gaya hidup. Nah, sekarang kata Roei lebih lanjut, bagaimana caranya hobi mommies makan di luar, tetap bisa jalan, tapi di sisi lain kita juga bisa menabung dalam jumlah yang banyak?

Cara Bebas dari Bocor Halus, Tanpa Korbankan Hobi Makan di Luar Sama Teman & Keluarga - Mommies Daily

Club Alacarte, semacam dining membership program, yang berbasis aplikasi smartphone. Yang bisa kasih keuntungan ke member-nya penawaran buy-1-get-1,, di restoran yang kelasnya minimal middle sampai high end, yang ada di Jakarta. Tempat-tempat makan yang bisa dibilang fancy.

Walau baru launching Desember 2017 lalu. Tapi jumlah merchant yang gabung sama Club Alacarte sudah ada lebih dari 100 restoran dan coffee shop. Dan setiap restoran, memberikan 3 penawaran buy-1-get-1 dalam satu tahun. Jadi kalau misalnya ditotal, Roei bilang kalau mommies jadi member Club Alacarte, mommies bisa dapat lebih dari 300 kali buy-1-get-1, dalam satu tahun.

Cara Bebas dari Bocor Halus, Tanpa Korbankan Hobi Makan di Luar Sama Teman & Keluarga - Mommies Daily

Nah, jika penawaran itu dipakai semua dalam satu tahun, dan dikonversi ke dalam rupiah. Mommies bisa menghemat 40 – 50 juta!

Asiknya lagi, tidak seperti program discount yang tergantung hari. Penawaran mereka berlaku 7 hari dalam seminggu, hanya kecuali libur nasional saja. “Selain dari itu, mommies bisa pakai setiap hari,” kata Beta. Dan item yang gratis, tidak ditentukan dari pihak restoran atau Club Alacarte. Selama masih dalam satu kategori, mommies bisa memilih.

Satu penawaran bisa dipakai, minimum kalau ada dua orang. Dan maksimalnya, ada di tiga penawaran, kalau ada enam orang atau lebih. Pas lah ya, kalau satu keluarga terdiri dari orangtua dan dua anak.

Terus gimana nih, gabung di Club Alacarte?

Aplikasi ini sudah bisa diunduh di iOS maupun Android secara gratis. Langkah sampai bisa aktif menggunakannya gampang aja, kok, mommies. Cukup lima langkah:

  1. Unduh aplikasi Club Alacarte dan daftar secara gratis
  2. Pilih restoran yang mommies incar. Merchant yang muncul akan berdasarkan lokasi mommies berada.
  3. Pilih kategori menunya.
  4. Redeem, dan masukkan PIN mommies.
  5. Kalau layar mommies sudah berubah menjadi warna hitam, tinggal dioper ke pihak restoran. Nanti pihak restoran akan memasukkan PIN mereka.

Dan ada tiga tipe member yang bisa mommies pilih:

  1. Free member: boleh pakai satu penawaran untuk percobaan, di restoran apapun. Setelah mommies pakai satu panawaran itu, semua penawaran di semua restoran akan terkunci.
  2. Light member: user bisa memakai satu penawaran, di masing-masing outlet atau restoran. Dan berlaku hanya 30 hari.
  3. Premium member: validitynya sampai akhir tahun. Dan berlaku tiga penawaran di masing-masing outlet. Jadi misalnya ada 100 restoran, berarti ada 300 penawaran yang bisa dipakai.

Khusus untuk pembaca setia MD, masukkan promo code “MD18” untuk mendapatkan discount 10% pembelian Premium Membership Club Alacarte. Yeay, asik kan, mommies?

Cara Bebas dari Bocor Halus, Tanpa Korbankan Hobi Makan di Luar Sama Teman & Keluarga - Mommies Daily

Nah, kalau sudah berhasil menghemat pengeluaran makan di luar, jangan lupa tetap melakukan beberapa hal ini, ya, mommies:

  1. Membuat jatah jajan per-hari, sehingga kita tidak seenaknya mengeluarkan uang dari dompet (semoga bisa konsisten :D)
  2. Menulis anggaran belanja. Entah itu belanja mingguan kebutuhan rumah tangga, atau bulanan.
  3. Memberikan batasan diri, seberapa serinng melakukan penarikan uang di ATM. Contohnya seminggu sekali?

Katakanlah kita bisa patuh melakukan tiga langkah sederhana tadi, ditambah menghemat pengeluaran makan di luar dengan bantuan Club Alacarte. Berapa belas atau bahkan puluhan juta, keuangan keluarga mommies bisa diselamatkan?


Post Comment