Financial Goals Bulanan di Sepanjang Tahun 2018

Iya, iya, Januari memang sudah lewat, tapi mumpung telatnya baru satu bulan, bagaimana kalau kita membuat financial goals bulanan untuk tahun 2018 ini?

Biasanya, memasuki awal tahun kita memiliki banyak banget rencana mulia yang ingin dipraktikkan. Semangat masih menggebu-gebu. Urusan terealisasi atau nggak, ya banyak-banyak aja berdoa, ahahaha. Nah, belajar dari pengalaman bertahun-tahun yang terlalu semangat membuat rencana kemudian realisasinya nggak sesuai harapan, bagaimana kalau kali ini kita bikin plan bulanan yang lebih realistis?

Nggak harus juga memaksakan diri menuntaskan tugas mulia ini setiap bulannya, at least, anggap saja 12 point ini wajib menjadi perhatian utama kita!

Financial Goal Bulanan di Sepanjang Tahun 2018 - Mommies Daily

1. Tentukan jumlah uang yang akan kita tabung untuk satu tahun ini
Jangan terlalu berangan-angan dan menetapkan angka yang terlalu fantastis. Tetap harus perhatikan total gaji plus THR plus sidejob yang kita terima, berapa pengeluaran kita termasuk hutang-hutang serta kewajiban (dalam kasus saya, saya masukkan biaya servis mobil dan perpanjangan STNK), kemudian tentukan berapa banyak kira-kira yang bisa saya simpan setiap bulan lalu kalikan 12.

2. Wajib memiliki dana darurat
Kalau kita belum punya dana darurat, this should be the first savings goal on your list. Dana darurat harus mampu memenuhi kebutuhan hidup Anda selama 3 bulan hingga 6 bulan ke depan.

3. Mulai siapkan dana pensiun
Belajar dari pengalaman orangtua saya dulu yang pada akhirnya lumayan membuat saya menjadi Sandwich Generation, di mana saya harus membiayai orangtua (walau nggak banyak), saya ingin ketika pensiun kelak saya memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup saya.

4. Rencanakan dana liburan
Traveling selalu dibutuhkan oleh setiap individu,entah kita sudah menikah atau belum, entah kita sudah memiliki anak atau belum. Maka, dana traveling juga perlu kita miliki. Nggak usah mikir traveling yang fancy, start thinking about where you might want to go in 2018, and how to get there.

5. Selalu catat pengeluaran bulanan
Saya punya buku catatan keuangan yang selalu saya isi setiap malam sebelum tidur. Mulai dari pengeluaran besar hingga parkir-parkir atau tol. Dari sini, saya jadi paham mana pengeluaran yang benar-benar penting dan mana yang sebenarnya bisa saya kurangi.

6. Stick pada budget
Bujet dibuat untuk dipatuhi, kan? Jadi patuhi budgeting yang sudah kita buat. Bikin budget setiap bulan, kira-kira berapa banyak untuk jajan dan jalan-jalan, berapa banyak untuk sumbangan, dst.

7. Pilih investasi sekarang juga
Tahu kan bahanya kalau kita menunda investasi? Nah, cari tahu jenis investasi yang sesuai dengan karakter kita sebagai investor. Apakah kita senang bermain aman, atau berani mengambil risiko? Mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 juga sudah cukup kok sebagai langkah awal.

8. Tingkatkan bujet investasi untuk dana pensiun
Dengan catatan kalau memang kita masih punya kelebihan uang. Setelah sekian bulan memulai dana pensiun, siapa tahu aja kita menyadari kalau ternyata masih ada lho sisa bujet setiap bulan, nah, ini bisa banget dimasukkan ke dalam dana pensiun.

9. Lunasi segala macam hutang
Segala macam hutang lunasi , entah itu kartu kredit, cicilan mobil dan segala macamnya. Pelunasan hutang adalah yang paling penting. Your credit card debt is costing you too much money—make 2018 the year you get out from under it.

10. Boleh memiliki kartu kredit asal….
Benar-benar digunakan ketika kita memang benar-benar terdesak! Pilih credit card yang menawarkan banyak potongan harga dan bekerja sama dengan berbagai macam tenant, karena ini sedikit memberikan keuntungan bagi kita.

11. Diskusikan keuangan dengan pasangan Anda
Jangan lupa melibatkan pasangan di sini. Tentang rencana-rencana keuangan Anda, tujuan Anda dan juga dia. Dari sini kita jadi tahu akan mengarah ke mana kondisi keuangan keluarga kita kelak.

12. Rencakanan perubahan income bulanan
Apakah akan memulai usaha sampingan baru atau meminta kenaikan gaji yang lebih besar dari perusahaan? Semua kita yang paling paham. Tapi setidaknya, mulailah untuk menambah penghasilan bulanan kita.

 

Artikel adaptasi dari www.forbes.com


Post Comment