5 Ide Permainan Seru Dalam Rumah Selama Musim Hujan

Musim hujan, bukan berarti si kecil nggak bisa main bebas, kan? Meski di dalam rumah, masih banyak hal yang bisa dieksplore dan nggak kalah seru, pas main di luar ruangan.

“Bunda, main Lego, yuk!”

“Bunda, ceritain aku buku What Sound is That, dong!”

“Bunda, aku mau main gunting-gunting kertas, ya!”

Mommies pasti sudah familiar dengan 3 contoh kalimat di atas. Ketika si kecil, tanpa lelah berpindah dari satu permainan ke permainan lainnya. Ya wajar, sih, ya. Namanya juga lagi eksplorasi, terlebih kalau usianya masih seperti anak saya, 3,5 tahun. Kurang dari sejam, 3 permainan sudah dijajal. Bundanya? Suka kehabisan ide! Hahaha.

Baca juga: 5 Jenis Permainan yang Mengasah Imajinasi Si Kecil

5 Ide Permainan Seru di Dalam Rumah Selama Musim Hujan - Mommies Daily

Ujung-ujungnya, saya “menyerahkan” anak saya pada permainan luar ruangan. Soalnya kalau saya perhatikan, motorik kasarnya mendukung dia banyak melakukan gerakan-gerakan yang menyalurkan energi. Main bola, sepeda, atau  lari-larian sama teman-temannya. Masalah datang, pas lagi musim hujan kayak sekarang, nih, mommies. Yaaa, nggak mainan LEGO melulu, dong, ya. Si anak bosan, apalagi bundanya yang nemenin :p. Wajib kreatif putar otak, kira-kira permainan apalagi, yang tetap menarik perhatian si kecil, tapiiii gampang buat dieksekusi. Hasil ngulik internet, dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan saya yang standar banget dalam hal DIY, muncul 5 permainan (yang masih kreatif), dan bisa praktik di rumah.

1. Engklek

Modalnya cuma lakban warni-warni dan gunting, nih, mommies. Membuat kotaknya juga jangan terlalu besar, layaknya mommies menggambar engklek di lapangan. Yang penting, si kecil masih ada jarak yang nyaman untuk di melompat, dari satu kotak ke kotak lainnya.

2. Mengumpulkan barang-barang dengan warna yang sama

Ini nggak butuh menghadirkan alat tertentu sama sekali. Hanya mengandalkan barang-barang yang tersedia di dalam rumah. Kasih soal, “Dek, tolong kumpulin 3 barang yang warnanya biru, ya.”  Kasih batas waktu, 10 menit misalnya. Area pencarian juga bisa dipersempit, hanya di dalam kamar tidur si kecil, ruang tamu atau ruangan lainnya. Kalau si kecil berhasil, jangan lupa kasih reward, ya, mommies. Boleh makan coklat atau dapat kecupan dari anda.

5 Ide Permainan Seru di Dalam Rumah Selama Musim Hujan2 - Mommies DailyImage: www.roxburyartsgroup.org

3. Main stamp dari buah atau sayuran-sayuran

Brokoli, ketimun , wortel, lemon, jeruk. Jenis buah dan sayur apapun deh yang ada di kulkas, bisa diberdayakan buat permainan ini. Belah dua, terus celup deh di atas pewarna makanan yang sudah ditambah air sedikit. Voila! Bisa jadi bentuk, yang lucu-lucu. Malah, bisa membentuk tema gambar tertentu. Hasil terbaiknya nanti, temple dikulkas, ya. Supaya si kecil bangga, karyanya dipampang dan dilihat orang rumah.

4. Mencari harta karun

Ide saya, akan mengumpulkan beberapa barang kesayangannya Jordy. Terus simpan di tempat yang butuh usaha untuk mencarinya. Misalnya di bawah bantal. Di antara tumpukan baju si kecil, dan lain-lain. Kalau belum bisa baca, kita kasih perintahnya verbal saja. Nah, kalau sudah bisa baca, lebih seru lagi. Bikin peta ala-ala, di titik mana saja di dalam rumah, dia harus mencari harta karun buruannya. Supaya tambah dramatis, layaknya pencari harta karun beneran. Pakein, si kecil topi, dan kaca mata, seperti detektif, dan tas kecil untuk membuat barang yang sudah dia kumpulkan.

5. Bermain bayangan

Jordy senang banget, deh, kalau sudah menemukan bayangannya sendiri di tembok. Tinggal diolah lagi, mencari bentuk-bentuk sederhana lainnya, menggunakan tangan. Mommies bisa cari referensinya di youtube. Bentuk burung, gajah, jerapah, dan lain-lain. Supaya ada variasi, buat adegan sederhana. Misalnya, jerapah lagi ngobrol sama burung. Pokoknya, bikin suasana seatraktif mungkin.

Baca juga: Pilah-pilih Mainan untuk si Kecil, Apa Saja yang Sebaiknya Harus Diperhatikan?


Post Comment