Trend Ibu Muda Zaman Sekarang, yang Memudahkan Kehidupan Parenting

Nggak cuma dunia fashion dan teknologi aja yang punya trend. Hasil pengamatan saya sebagai ibu muda *tsaaah. Ada beberapa kebiasaan ibu-ibu di zaman sekarang, yang faktanya punya dampak memudahkan kehidupan kita sebagai orangtua.

“Coba, deh, buka website ini. Artikel-artikelnya bagus deh. Buat ibu-ibu baru kayak kita ini.”

“Kalau gue sih, seringnya baca-baca forum parenting di Female Daily Network. Di situ lengkap banget!. Mulai dari rekomendasi alat pumping, sampai dokter spesialis anak.”

“Gue tempo hari ikut talkshow parenting. Seru deh, pembicaranya informatif banget.”

Trend Ibu Muda Zaman Sekarang, yang Memudahkan Kehidupan Parenting - Mommies DailyImage: Photo by freestocks.org on Unsplash

Celetukan-celetukan model begini nih, yang menenangkan saya sebagai perempuan yang berpedikat ibu di zaman sekarang. Banyaaak, banget referensi dunia parenting yang memudahkan hidup sebagai ibu baru. Terus, senang banget teman-teman saya yang sudah lebih dulu jadi orangtua, nggak pelit ilmu, sekaligus, bersedia saya gangguin 24 jam, hahahaha. Mulai dari tanya seputar kehamilan, menyusui sampai gosipan soal kehidupan rumah tangga, hahaha.

Di luar itu, pas saya amati (balik ke celetukan-celetukan yang tadi saya bilang). Ternyata ada beberapa trend ibu-ibu muda, yang saya rasakan memudahkan kehidupan parenting sesama ibu.

  1. Sharing di social media

Misalnya si ibu A lagi cerita, bagaimana perjuangan dia mengatasi anaknya yang lagi tantrum. Langkah-langkah tuh, detail banget. Tak jarang, dibarengi dengan contoh-contoh kalimat atau tindakan yang sebaiknya dilakukan. Atau, saya pernah mendapati, di akun IG-nya dia cerita panjang lebar, bagaimana usaha dia memperjuangan produksi ASI di tengah kesibukan sebagai ibu bekerja. Plussss, cerita manajemen ASIP selama mereka di luar. Ngerasa nggak sendiri, waktu super repot, meluangkan waktu antara kerja dan memerah ASI. Gimana rasanya pingin ngilang di tengah keramaian, pas si kecil tantrum *EH. Meski nggak bisa langsung ditelan mentah tips-tips dari mereka, karena harus konfirmasi ke ahlinya. Berbagi cerita semacam ini, membuat semacam support sistem sesama ibu-ibu. Saling menguatkan, dan kasih pelukan virtual, seakan bilang, “All is well, mom!.”

  1. Nggak bosan untuk belajar

Lihat si A abis ikutan workshop bikin menu sehat. Terus teman kuliah saya, sekarang jago bikin DIY dari kardus. Ada lagi, narsum-narsum saya komitmen menjalankan olahraga karena alasan kesehatan, sampai akhirnya jadi trainer Zumba! Ini membuktikan jadi ibu itu, bukan berarti berhenti belajar (apapun itu). Kalau urusan soal parenting, mah, wajib. Urusan di luar anak, dan keluarga, yang justru akan membuat kita sebagai ibu jadi makin hidup. Malah nggak jarang, menemukan kembali mimpi, yang dulu pernah terpendam :)

Baca juga:

Monica Christasia Maharani: Dari ibu yang bahagia dan hatinya tenang, menghasilkan hasil kerja maksimal, dan lebih berdaya.

Alasan Seorang Ibu Harus Berani, Mengejar Mimpi yang Sempat Terpendam

  1. Mencoba dan review tempat-tempat baru

Selain baca-baca review di forum Female Daily Network. Kebiasaan saya kalau mau pergi sama Jordy. Saya suka buka-buka IG teman-teman saya. Terutama yang emang hobinya nyoba tempat-tempat baru, ya. Dari situ yang kan bisa baca testimoni jujur. Baru bisa yakin, deh, jadi apa nggak pergi ke tempat yang saya incar itu.

Nah, berkat itupula. Baru-baru ini,saya tahu ada tempat baru untuk para ibu-ibu muda. Dan kebetulan banget, sempat mengunjungi tempat ini untuk liputan. Namanya Buba & Bump. Satu tempat untuk banyak kebutuhan. Mulai dari kelas dan workshop edukasi untuk calon ibu, orangtua, bayi, dan balita. Misalnya, ada prenatal yoga, childbirth education, kelas menyusui dan kelas newborn care. Singkatnya, kebutuhan calon ibu, ibu hamil dan menyusui tersedia di satu tempat ini.

Trend Ibu Muda Zaman Sekarang, yang Memudahkan Kehidupan Parenting2 - Mommies Daily

Trend Ibu Muda Zaman Sekarang, yang Memudahkan Kehidupan Parenting3 - Mommies Daily

Saya sih, penasaran coba ya. Karena kelas-kelas di sana diisi sama dokter dan instruktur yang sudah disertifikasi. Selesai ikut kelas, mommies bisa belanja kebutuhan anak. Dan nggak perlu takut kelaparan. Buba & Bump dilengkapi café yang menyediakan makanan sehat. Aman dikonsumsi untuk si kecil, ibu hamil dan ibu menyusui. Karena nggak menggunakan MSG dan pengawet. Saya udah coba, mommies, enak dan mengenyangkan.

Jangan takut si kecil bosan, waktu nunggu mommies belanja. Ada area playground lucu, sesuai usia. Bayi-bayi yang belum bisa jalan, dan anak yang udah sangat aktif belarian kesana kemari.

Kalau menurut mommies. Apa trend ibu-ibu zaman sekarang, yang punya dampak positif di kehidupan mommies sebagai orangtua?

Baca juga: Keahlian yang Wajib Dimiliki Oleh Para Ibu Baru

 


Post Comment