Kenali Bocor Halus yang Dapat Merusak Keuangan Keluarga Kita

Sering nggak merasa kalau kenaikan gaji kadang nggak berbanding lurus dengan jumlah tabungan yang kita punya? Jangan-jangan semua karena si bocor halus!

Merasa familiar nggak dengan beberapa kondisi berikut ini?

Naik gaji tapi kok jumlah uang yang ditabung nggak nambah-nambah

Sudah berusaha membuat alokasi gaji tapi setiap masuk tanggal belasan, keuangan sudah kembang kempis

Perasaan sudah berhenti belanja sepatu, tas atau makeup high brand karena ingin irit, tapi kok tetap aja gaji habis nggak bersisa.

Ternyata ya mom, kalau kita seringkali mengalami kondisi-kondisi seperti di atas, tidak melakukan pembelian besar ataupun mengalami musibah, namun anggaran bulanan masih bisa bocor, biasanya sih karena adanya pengeluaran-pengeluaran kecil tapi SERING, yang sering juga disebut dengan Latte Factor atau bocor halus.

Kenali Bocor Halus yang Dapat Merusak Keuangan Keluarga Kita2 - Mommies Daily

Apa sih bocor halus itu? Menurut Konsultan Keuangan, Prita Ghozie dari ZAP Finance, bocor halus atau Latte Factor adalah istilah untuk pengeluaran-pengeluaran kecil, umumnya di bawah Rp 100.000 untuk setiap kali transaksi. Tidak terlalu besar memang kalau dilihat secara jumlah nominal, namun sering banget dilakukan.

Biasanya, kalau kita keluar uangnya kecil-kecil kan suka nggak berasa tuh, walaupun sering. Was wus was wus aja dari dompet. Buat beli lipstick matte, buat beli kopi susu, buat beli banana nugget, buat beli durian Ucok dan beli-beli lainnya (menatap lingkar perut yang semakin membuncit). Padahal, begitu kita jumlahkan di setiap akhir bulan, totalnya bisa dua juta hingga tiga juta rupiah, lho!

Nah, memahami banget kalau biasanya yang sering melakukan bocor halus ini adalah kaum perempuan alias kita para mommies, maka Mommies Daily bersama Alacarte akan menyelenggarakan MD Lunch yang topiknya tentang “Kenali Bocor Halus yang Dapat Merusak Keuangan Keluarga Kita”. Kapan tepatnya?

Kenali Bocor Halus yang Dapat Merusak Keuangan Keluarga Kita - Mommies Daily

Rabu, 31 Januari 2018

11.00 – 14.00 WIB

Wilshire Senopati, Jalan Senopati Raya No 64, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Apa saja yang akan dibahas? Mulai dari 5 urutan tertinggi penyumbang terbesar bocor halus dalam keuangan, menghitung jumlah yang dapat kita hemat kalau kita mengurangi pengeluaran-pengeluaran nggak penting ini, hingga bagaimana menganalisa pengeluaran bulanan kita dan apa yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan keuangan keluarga kita.

Yuk buruan daftar (di link di bawah ini), siapa tahu selesai dari sini kita jadi bisa mulai nabung untuk melakukan perjalanan liburan impian kita bersama keluarga, kan.

http://fdly.me/MDLunchXClubAlacarte

Sampai ketemu, Rabu tanggal 31, ya, mommies!

 


Post Comment