Elvera N. Makki, Praktisi Public Relation yang Peduli dengan Pendidikan Anak Indonesia

Sibuk menjalankan peran sebagai Director & Country Head of Corporate Affairs di Citi Indonesia (Citibank), tidak lantas membuat Elvera N. Makki ini melupakan perannya sebagai ibu dan istri. Bahkan, di tengah padatnya aktivitas, ia masih sempat menjalani passion di dunia pendidikan dengan membuka Taman Bacaan Anak Lebah.

Agak sulit ‘menangkap’ dan bertatap muka melakukan interview secara langsung dengan ibu dari Vala (14), Varen (10) dan Viana (3) ini. Maklum saja, jadwal perempuan yang saat ini menjabat sebagai Director & Country Head of Corporate Affairs di Citi Indonesia (Citibank) sangat padat. Saat ini Vera juga masih dipercaya memegang jabatan sebagai President International Associations of Business Communicators (IABC) yang bermarkas di San Franscisco, Amerika Serikat. Perlu diketahui, Vera merupakan Praktisi PR pertama di Indonesia yang meraih gelar ABC (Accredited Business Communicator) yang berasal dari International Association of Business Communicator yang berpusat di San Francisco.

Elvera N Makki (1) (1)

Selain mencintai dunia Public Relation, dirinya pun sangat concern dengan kondisi pendidikan anak-anak Indonesia. Ia percaya bahwa dunia pendidikan sangat memengaruhi pencerahan masa depan anak-anak. Setidaknya, ia ingin memberikan kontribusi dan menularkan kebiasaan membaca pada anak-anak di Indonesia lewat taman bacaan Anak Lebah bersama sang suami, Vandy R. Makki.

Hai, Mbak… ceritakan sedikit, dong,  mengenai kesibukan sehari-hari seperti apa?

Seperti working mommies yang lain, saat weekdays keseibukan saya nggak jauh-jauh  dari bekerja. Pulang kantor, membantu anak-anak bikin PR, periksa tugas anak-anak di sekolah dan bermain dengan si kecil. Sementara kalau weekend saya selalu menyempatkan diri untuk olahraga, melakukan me time, dan tentu saja family time.

Bagaimana dengan campaign atau project yang akan dilakukan Citi Indonesia  tahun 2018 ini?

Tahun ini Citi Indonesia merayakan 50 tahun dedikasi untuk Indonesia, sehingga project yang sedang dilakukan adalah 50th Anniversary Citibank in Indonesia.

Sebagai Ibu bekerja, tools atau apps yang digunakan Mbak Vera untuk mempermudah pekerjaan baik untuk karier dan keluarga?

Saya pakai Iphone sehingga menggunakan apps yang sudah tersedia di sana. Karena jadwal aktivitas saya cukup padat dan dinamis, apps Calendar dan Clock merupakan beberapa yang paling esensial. Saya harus disiplin dengan time management dan kedua apps ini sangat membantu saya dalam planning dan pengingat jadwal sehari-hari.

Tantangan apa saja yang dihadapi sebagai seorang ibu pekerja?

Time management dan pengaturan prioritas.

Elvera N Makki (3)

Sebagai ibu pekerja apa yang membuat Mbak Vera paling khawatir jika dikaitkan dengan anak-anak?

Saya memastikan anak-anak merasakan kasih sayang dan perhatian dari kedua orang tuanya sesibuk apapun saya dan suami. Sehingga untuk meminimalisir kekhawatiran, saya berusaha aktif berkomunikasi dengan anak-anak dan menciptakan momen-momen menyenangkan bersama keluarga.

Saat ini semua anak-anak juga sudah sibuk, jadwal sekolah padat, belum lagi ekskulnya. Jadi kita sama-sama cari cara agar tetap dapat berkumpul dan berkomunikasi di tengah kesibukan. Salah satunya,  kita punya WA group sekeluarga.

Tolong share ke pembaca Mommies Daily, 3 (tiga) tips yang kerap Mbak Vera lakukan untuk tetap fokus kerja di tengah kesibukan?

  1. Understand our priorities
  2. Set clear goals and targets
  3. Time Management

Apa rahasia yang Mbak Vera lakukan untuk bisa melakukan segala aktivitas agar lebih efisien?

  1. Manfaatkan teknologi digital dan teknologi komunikasi secara optimal.
  2. Teamwork

Bagaimana dengan dukungan suami terhadap karier, keterlibatan pada pola asuh yang diterapkan untuk anak-anak?

Suami sangat mendukung karier saya. Karena beliau seorang HR yang memiliki wawasan luas, saya banyak mendapatkan mentoring dan coaching dari beliau terutama cara menjadi leader yang baik. Dalam mengasuh anak, beliau sangat hands-on. Dekat dengan anak-anak. Kita berbagi tugas dan fleksibel dengan pembagian tugas tersebut, tergantung kondisi kita saat itu.

Di tengah kesibukan, apakah masih sempat melakukan exercise atau olahraga? Jika iya, exercise apa saja yang kerap dilakukan?

Saya senang olah raga. Berenang, jogging, nge-gym, dan cross fit. Sesekali menari.

Ada buku yang sedang dibaca dan jadi favorit nggak, Mbak? Bisa seputar karier atau yang berkaitan parenting, dan alasan mengapa ‘jatuh cinta’ dengan buku tersebut?

Saya sedang baca buku social media campaign-nya Barack Obama dalam pemilihan president Amerika Serikat yang dimenangkannya selama 2 periode. Menarik untuk dipelajari. Saya sudah sangat jarang membaca buku fiction. Saat ini lebih senang membaca berbagai buku yang bisa membuka wawasan dan memberi inspirasi.

Bagaimana dengan me time?

Karena saya cukup sering business trip baik di dalam negeri maupun di luar negeri, biasanya waktu ini saya pergunakan juga untuk me time, kebetulan saya juga hobi traveling. Namun kalau tidak kemana-mana, me time saya tidak neko-neko. Saya manfaatkan untuk tidur dan istirahat di rumah. Saya enjoy juga menikmati waktu di kamar sambil baca buku atau nonton TV. Handphone saya matikan seharian.

3 hal yang Mbak Vera lakukan ketika merasa stuck atau bosan dengan rutinitas?

  1. Dengar lagu favorit sambil olah raga
  2. Berenang
  3. Ngumpul2 bersilaturahim sama teman dekat atau main ke rumah orang tua saya

Post Comment