4 Penyakit Ini Bisa Sembuh dengan Terapi Olahraga

Bagi mommies yang mempunyai keluhan akan 4 penyakit di bawah ini, coba deh terapi dengan olahraga.

Setelah melahirkan, ada keluhan soal kesehatan yang kerap saya rasakan. Bagian tulang ekor saya, sering sakit. Terutama kalau duduk terlalu lama, baik itu saat mengetik, terlebih kalau dibonceng sama pak suami pakai motor. Ya ampuuun, yang terasa tuh, tulang ekor saya kayak nempel di kursi atau jok motor. Bangun harus hati-hati dan dengan gerakan yang sangat perlahan.

4 Penyakit Ini Bisa Sembuh dengan Terapi Olahraga - Mommies DailyPhoto by Form on Unsplash

Solusi yang paling memungkinkan saat itu, maksimal dua jam sekali saya bangun dari tempat duduk. Dan pas perjalanan jauh pakai motor, nggak diforsir. Berhenti dulu di mini market terdekat, minum dan stretching ringan *kesannya saya jompo banget, nggak , sih ini? :p.

Hingga pada suatu hari, pertengahan tahun lalu. Saya dan teman-teman kantor, mulai aktif (lagi) olahraga. Awal-awal sengaja pilih olahraga yang low impact, yoga. Dan berlanjut pound fit, TRX dan muay thai. Hasilnya? Kurang lebih hampir 5 bulan olahraga, saya lupa kapan terakhir sakit tulang ekor, lho.

Kata Mury, S.Pd M.Si, Ketua Umum ANOKI (Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia). Hal ini terjadi karena latihan memperbaiki postur tulang dan tubuh. Baik untuk support postur menjadi lebih baik. Contohnya latihan TRX, baik untuk melatih core.

Tak terbatas keluhan sekitar tulang ekor saja. Mas Mury bilang, setidaknya ada 4 penyakit yang bisa sembuh dengan terapi olahraga.

1. Penyakit Asma : Yang merupakan penyakit yang biasa terjdi pada banyak orang dan dengan terapi olahraga pernapasan dapat membuat lancar pernapasan dan meningkatkan sistem imun dengan olahraga yang dilakukan. Renang, Jalan, atau Jogging bisa dilakukan untuk mengurangi / bahkan bisa menyembuhkan gangguan ini tentunya dengan porsi yang tepat dan disesuaikan dengan masing-masing individu.

2. Penyakit pegal-pegal di punggung : Dapat dilakukan latihan beban karena salah satu menfaat latihan beban adalah memperbaiki posisi postur dan tulang tubuh kita, tentunya degan latihan beban dengan menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan masing-masing pasien.

3. Penyakit osteoporosis : Dengan rutin berolahraga ringan dan terkena sinar matahari dapat membantu tubuh memperbaiki penyerapan kalsium pada tulang, sehingga osteoporosis dapat dikurangi / disembuhkan.

4. Penyakit hipertensi : Sudah sangat banyak penelitian yang dilakukan pada penderita hipertensi yang mengalami kesembuhan dengan terapi olahraga yang dilakukan. Olahraga dapat dilakukan dengan jalan, jogging, bersepeda, senam atau renang. Olahraga tersebut dapat membantu dalam menjaga tekanan darah dan menguatkan otot jantung sehingga kerja jantung menjadi efektif dan tekanan darah menjadi normal, selain itu juga dapat mengurangi penyumbatan lemak pada pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi normal sehingga tekanan darah juga menjadi normal.

Selain itu, dengan lapisan lemak pada pembuluh darah yang menumpuk dan meyumbat akan terus terkikis dan habis akan membuat kerja jantung menjadi normal kembali sehingga risiko penyakit jantung juga dapat diatasi. Tentunya sangat penting untuk bisa menyesuaikan porsi olahraga yang dilakukan dengan kemampuan individu para pasien agar porsi olahraga yang diberikan tepat.

Sebelum memutuskan terapi olahraga untuk menyembuhkan penyakit tertentu, ada baiknya mommies memerhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Olahraga yang dipilih adalah olahraga yag disukai / biasa dilakukan oleh pasien, kalau yang belum terbiasa olahraga, bisa dilakukan dengan jalan.
  • Apabila kondisi sedang sakit, maka tunggu sembuh terlebih dahulu.
  • Apabila pasien obesitas maka lakukan olahraga air untuk mencegah cedera.
  • Harus didampingi oleh pelatih olahraga atau personal trainer agar apa yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing pasien karena tiap kebutuhan pasien berbeda.

Gimana mommies ada yang tertark mau mencoba?


Post Comment