Jangan Lupa Ucapkan 12 Kalimat Positif yang Bisa Memotivasi Anak

Kalimat positif atau pujian kalau digunakan dengan benar pasti bisa memberikan efek positif yang kuat pada anak-anak. Berikut adalah beberapa kalimat yang perlu diingat dan diucapkan untuk anak.

Awal taun 2018 ini, salah satu resolusi parenting saya adalah membenahi emosi. Bagaimana saya harus bisa lebih pintar mengelola emosi sehingga bisa menular ke anak dan lingkungan terdekat. Salah satunya dengan memulai memilih kata-kata positif kalau sedang ngomong pada anak.

Sebelum menjadi orangtua, saya pernah menjadi anak. Bahkan sampai sekarang saya juga masih anak bungsu dari orangtua saya. Saya paham betul, bagaimana rasanya kalau mendengar kalimat dari orangtua yang sifatnya menekan atau menyudutkan. Rasanya benar-benar nggak nyaman, bahkan ada kalanya bikin saya merasa drop. Ya, setidaknya saya pernah  merasakan kondisi ini.

Hasil ngobrol dengan beberapa psikolog, saya semakin paham kalau kata-kata yang kita ucapkan itu punya kekuatan yang luar biasa. Kekuatan yang bisa mendorong seorang anak untuk mengalami sebuah kemajuan yang pesat.

kalimat postif yang perlu diucapkan untuk kemajuan anak-mommiesdaily

Sebenarnya banyak sekali, sih, kalimat positif yang bisa kita ucapkan pada anak, tapi saya akan menuliskan beberapa kalimat saja, ya.

  1. Tahukah kamu kalau ibu dan bapak selalu berdoa untuk kebaikan kamu setiap hari?
  2. Tahukah kamu, kalau ibu dan bapak paling senang menghabiskan waktu bersamamu.
  3. Ibu dan bapak ingin tahu hal apa saya yang membuat kamu bahagia hari ini.
  4. Ibu dan bapak semakin bahagia saat memiliki kamu.
  5. Kamu harus bangga dengan diri kamu sendiri.
  6. Kamu anak berani, jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru setiap harinya.
  7. Terima kasih, ya, kamu sudah bikin ibu bapak senang sekali hari ini.
  8. Tak satu pun dari kita yang sempurna dan nggak pernah berbuat salah, tidak apa-apa. Tapi kita harus bisa memperbaikinya.
  9. Wah, ide kamu keren juga. Bagaimana caranya, ya, supaya ide itu bisa benar-benar terjadi?
  10. Setiap saat, kamu bisa bercerita apa saja pada ibu dan bapak.
  11. Hari ini memang berjalan tidak terlalu baik, tapi besok tentu akan lebih baik.
  12. Wah, kamu sudah bisa menyelesaikan tugas/ memecahkan masalah sendiri, dan itu sangat baik.

Banyak orang yang bilang kalau memberikan pujian pada anak ibarat pedang bermata dua. Tidak salah, tetapi saya percaya, kalau kita sebagai orangtua tahu bagaimana cara menggunakannya kalimat dan kata-kata dengan benar, itu bisa menjadi alat memotivasi dan pembelajaran yang sangat ampuh buat anak. Jadi, yuk, sama-sama belajar untuk mengeluarkan kalimat positif untuk kebaikan si kecil. Punya kalimat lain, yang bisa saya ucapkan ke anak saya? Share, dong, Mommies.

 

 


Post Comment