banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Apa Benar Rambut Bayi Harus Dicukur?

author

adiesty02 Jan 2018

Apa Benar Rambut Bayi Harus Dicukur?

Melihat rambut bayi yang begitu lebat dan tampak hitam, kok, rasanya sayang, ya, untuk dicukur habis? Sebenarnya cukur rambut bayi ini hanya sebuah tradisi atau memang ada alasan medisnya, ya? Yuk, ketahui lewat artikel ini dulu.

Banyak orang tua yang bilang, kalau ibu hamil yang perutnya sering merasa gatal, kemungkinan besar rambut anaknya tebal dan lebat. Apa iya begitu? Yang jelas saat saya hamil dulu memang nggak merasa gatal-gatal, sih. Dan begitu anak saya, Bumi, lahir, rambutnya memang cukup tipis. Ya bagaimana mau tebal, kalau rambut orangtuanya saja tipis? :D

Alhasil, saya dan suami pun tidak lantas memutuskan untuk mencukur rambut anak kami. Lah wong, rambutnya juga tipis, jadi lebih baik cukur rambut kalau memang rambutnya sudah jauh lebih tebal. Alhasil, waktu itu sesi potong rambut sampai gundul baru dilakukan ketika anak kami, Bumi, berusia 8 bulan.

Cukur rambut bayi - Mommiesdaily

Ngomongin masalah potong rambut pada bayi, apa iya memang  harus dicukur?

Kalau menurut dokter spesialis anak, dr. Meta Hanindita , dari sisi medis sebenarnya  tidak ada kewajiban yang mengharuskan orangtua untuk mencukur rambut anaknya. "Potong rambut bayi itu nggak ada keharusan, kok, hanya saja untuk masyarakat kita, di Indonesia ini memang sudah jadi tradisi. Tapi kalau dari sisi medis, sebenarnya tidak diwajibkan."

Contohnya, nih,  untuk masyarakat muslim umumnya, tradisi memotong rambut bayi dilakukan bersamaan dengan waktu akikah atau sekitar 7 hari setelah kelahirannya. Tradisi lain yang masih sering dipraktikan secara turun temurun di Indonesia sampai sekarang adalah mencukur rambut bayi saat sudah melewati usia 40 hari.

Lalu, apa benar dengan mencukur rambut bayi bisa menghilangkan  atau membersihkan lemak dan kotoran pada rambut bayi ketika baru dilahirkan?

“Ya, memang ada benarnya juga. Tapi kalau dari sisi medis, sebenarnya tidak diwajibkan, soalnya dengan dicuci dengan rutin dan cara perawatan rambut yang tepat, juga bisa hilang.”

Lebih lanjut, dr. Meta menjelaskan kalau rambut bayi yang tidak pernah digundul sebenarnya secara alami akan rontok sendiri, biasanya terjadi pada usia kira-kira 3 sampai 4 bulan. Rambut pertama bayi yang halus ini namanya vellus. "Dicukur atau nggak vellus ini juga akan rontok dengan sendirinya, kok."

Setelah itu pertumbuhan rambut bayi permanan pun akan mulai tumbuh, di mana setiap anak akan memiliki ciri rabut yang berbeda-beda kerena dipengaruhi oleh faktor genetik. Nggak cuma itu saja, sih, pertumbuhan rambut bayi juga dipengaruhi oleh asupan gizi, serta perawatan rambut yang dilakukan sejak awal.

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan