4 Kegiatan Sederhana di Rumah, untuk Menstimulasi Kemampuan STEAM si Kecil

Yuhuuu, libur sudah tiba. Kalau nggak kemana-mana, alias di rumah saja. Ada 4 kegiatan di rumah, yang tetap menyenangkan. Sekaligus bisa menstimulasi STEAM si kecil, lho.

Hai mommies, gimana nih liburan akhir tahunnya? Mungkin ada yang sudah punya rencana liburan ke luar kota atau luar negeri? Nah, buat yang situasinya nggak memungkinkan, dan berakhir kumpul-kumpul di rumah sama keluarga, jangan berkecil hati dulu, dong.  Asalkan, jeli, kegiatan di dalam rumah, ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat, lho.

4 Kegiatan Sederhana Rumah, untuk Menstimulasi Kemampuan STEAM si Kecil - Mommies DailyImage: www.leapfrog.com

Dalam situs Working Mother, disebutkan, setidak ada 4 kegiatan yang bisa mommies lakukan di rumah bersama si kecil. Dan nggak main-main, manfaat yang bisa diserap si kecil. Bisa menstimulasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics.)

1. Memasak

Stimulasi yang didapatkan si kecil: Science: Si kecil akan menyaksikan langsung perubahan warna sayuran saat proses pemasakan. Technology: Mommies bisa memberikan informasi tambahan. Di temperature berapa sih, ayam atau daging yang kita masak bisa matang? Berapa lama kita akan memasak sop ini? Bagaimana ya, caranya menyimpan sayuran supaya tetap fresh sebelum diolah? Engineering: penggunaan pisau atau alat masak lainnya, bisa memberi pengalaman di bidang Engineering buat si kecil. Tapi hati-hati ya, mommies, pastikan si kecil tetap dalam pengawasan anda. Art: dari berbagai warna sayuran, si kecil akan mempunya perbendaharaan warna dan juga bentuk. Ketika proses memasak, biarkan si kecil bermain dengan bahan-bahan masakan. Mungkin saja, dia akan membentuk wajah dari bahan-bahan tadi J Math: “Coba tolong ambilkan bunda wortel, dua buah!”, “Dek, kentangnya tolong dipotong jadi 6 bagian, ya.” “Tolong masukkan, garam 1 sendok the, ke dalam panci.” Dan masih banyak lagi hal yang bisa mommies ekplore untuk sisi matematika.

2. Bermain dengan perlengkapan mandi

Siapa sih yang nggak tahu si bebek kuning teman si kecil mandi? Kayaknya, ini salah satu mainan yang wajib ada selama mandi, ya? Mommies cukup siapkan wadah semacam baskom, isi air dan campur dan sabun mandi yang nggak bikin perih di mata. Jangan lupa, siapkan juga benda berat yang bisa tenggelam. Nanti tanya deh ke si kecil: Kak, kenapa yang bebek kok bisa mengapung terus benda lainnya tenggelam? (mommies jangan lupa siapkan contekan jawabannya, ya :D)

3. Baking time!

Beberapa pertanyaan atau kegiatan, yang bisa mommies ajukandan dilakukan untuk menstimulasi STEAM si kecil saat baking time!

  1. Pastikan si kecil melihat semua ukuran bahan yang mommies campur
  2. “Kira-kira, apa yaaa, kak yang terjadi kalau bahan-bahan basah kita campur dengan yang kering?”
  3. “Kalau bunda campur mentega dengan terigu, kira-kira nanti warna adonannya jadi warna apa, ya?”
  4. “Apa ya yang akan terjadi, kalau kita panggang adonan ini?”

4. Bermain-main dengan cahaya senter

Nggak harus pakai senter, kok, mommies. Setting cahaya kamar, supaya memungkinkan untuk membuat bayangan dari tangan kita. Nanti jangan lupa ya, buat cerita dari objek bayangan yang kita buat. Lagi-lagi, siapkan juga jawaban: “Kenapa, ya, kok bisa terjadi bayangan?” “Kok, bayangan bisa membesar dan mengecil, ya? “Coba deh, kak, buat bayangannya menghilang dan muncul lagi. Menurut kakak / adik. Kenapa ya, bisa begitu?” Ada yang sudah sering mempraktikkan satu dari empat kegiatan di atas? Kasih tahu ke kami dong, mommies, bagaimana reaksi si kecil? :) Selamat liburan, mommies!


Post Comment