Jelang MPASI Jangan Dibikin Repot, Lakukan Saja Dua Hal Ini

Karena menjadi ibu sudah terlalu banyak kewajiban yang harus dilaksanakan, dan menyita banyak energi. Jadi, pas si kecil mulai MPASI, kita kurangi drama dengan beberapa langkah berikut ini.

“Apa yang bisa di-simplify, lakukan saja. Kita butuh itu, jadi ibu dan istri kan urusan kita sudah sangat banyak. Supaya hidup juga lebih mudah, kan?”

Kira-kira begitu bunyi petikan percakapan antara saya dan seorang rekan kerja di kantor. Salah satu contohnya, dari segi kecantikan, dirinya mengaku melakukan perawatan keratin untuk rambutnya (meluruskan rambut, namun hasilnya tetap alami, mirip seperti di-blow). “Kalau setiap hari harus nge-blow kan repot banget, dan menghabiskan waktu minimal setengah jam,” kata teman saya mantap.

Jelang MPASI Jangan Dibikin Repot, Lakukan Saja Dua Hal Ini  - Mommies Daily

Pas saya pikir-pikir, menyederhanakan yang perlu disederhanakan memang berdampak cukup baik. Contoh lainnya, ketika saya mempersiapkan si kecil masuk masa MPASI. Setelah baca berbagai referensi terpercaya, dan tanya sama teman yang juga bekerja, dan harus menyetok MPASI. Saya punya formula yang bisa menolong hidup saya, jadi terasa lebih mudah. Bonus lainnya, saya nggak perlu stress, dari hari ke hari, “Jordy besok makan apa, ya?” Dan nggak perlu tuh, panik di dapur setiap hari dan setiap pagi.

1. Membuat menu mingguan

Kira-kira dua minggu sebelum si kecil memulai petualangannya, makan makanan padat selain ASI. Saya mulai menyusun menu mingguan Jordy. Kenapa seminggu? Karena saya akan menyetoknya di dalam freezer dalam wadah khusus. Dan nanti, pengasuh atau neneknya Jordy tinggal menghangatkannya saja di alat khusus. Jadi totalnya, saya hanya butuh waktu memasak 4 kali dalam sebulan. Sangat praktis bukan?

2. Meal preparation

Waktunya berjibaku di dapur! Nggak apalah, berkorban sekian jam di dapur, mengukus, lalu melumatkan bubur nasi dicampur aneka sumber serat dan protein. Kan hasilnya, akan kita dinikmati untuk seminggu ke depan. Pada eranya saya, masih terbilang repot. Harus ngukus dulu di panci, terus beralih ke blender, intinya ada dua alat yang saya gunakan. Sekarang, meal preparation, bisa pakai satu alat saja, namanya Philips Avent 4 in 1 Steamer Blender. Menemukan dan menyaksikan sendiri si alat canggih ini bekerja, ketika berkunjung ke rumah saudara saya. Kenapa saya bilang canggih?

Jelang MPASI Jangan Dibikin Repot, Lakukan Saja Dua Hal Ini  - Mommies Daily

 

Jelang MPASI Jangan Dibikin Repot, Lakukan Saja Dua Hal Ini 2 - Mommies Daily

  • Dalam satu alat, bisa mengukus, sekaligus melumatkan beberapa bahan makanan dalam satu wadah.
  • Hasil kukus matang merata, memastikan bahan makanan tetap terjaga kandungan nutrisinya. Cairan yang dihasilkan dari makanan selama proses pengukusan akan tetap berada di dalam alat dan selanjutnya akan menyatu dengan makanan selama proses pencampuran. Alat ini dapat mengukus buah-buahan, sayur-sayuran, daging dan ikan secara perlahan lalu mencampur bahan makanan yang telah dimasak hingga tingkat kematangan yang diinginkan.
  • Cukup membalikkan jar, dan tekan tombol bertanda pisau untuk fungsi melumatkan/blend.

Mulai dari sayuran, buah-buahan, sampai tesktur yang lebih kasar seperti, daging ayam atau sapi, mampu dihaluskan dengan pisau blender.

  • Hasil pelumatan, juga bisa disesuaikan dengan tahapan si kecil MPASI. Mulai dari hasil yang sangat halus, sampai tekstur kasar, yang diperlukan bayi di atas usia 7 bulan.
  • Selain mengukus, dan melumatkan. Avent 4 in 1 Steamer Blender juga punya fungsi lain, yaitu defrost dan menghangatkan. Ini sih semacam punya 4 alat, disederhanakan dalam satu alat ini.
  • Dilihat dari ukurannya, sangat memungkinkan untuk dibawa traveling.

Pantas saja, saudara saya bahagia banget. “Ternyata membuat MPASI bisa semudah dan praktis ini, ya. Waktu saya nggak tersita banyak di dapur. Saya jadi nggak capek. Kalau saya happy, anak dan suami kan juga happy.”

Lebih bahagia lagi, sambil pakai Avent 4 in 1 Steamer Blender, saudara saya ini atau mommies yang juga menggunakan produk dari Philips Avent, bisa ikutan #ApresiasiCintaBunda dan berkesempatan dapat voucher belanja  dan hampers Philips Avent. Salah satu syaratnya, mommies harus belanja produk Philips Avent selama periode 15 November 2017 – 31 Januari 2018 lalu foto bersama sikecil dengan produk Philips Avent, upload ke FB Philips Avent ID.

Apa saja sih yang bisa dapatkan di kontes #ApresiasiCintaBunda ?Ada 50 unit Philips Avent Thermal Bottle Warmer, 50 unit Philips Avent Steamer Blender (waaaah, saya juga mau ini :D), dan 50 unit Philips Electric Strerilizer. Cocok buat mommies yang baru saja melahirkan, dan lagi hunting perlengkapan untuk si kecil.

Selain itu, cara yang pas untuk menyambut hari ibu, kan, mommies? Untuk tahu syarat dan ketentuan lainnya, silakan segera meluncur ke www.philips.co.id/ACB atau cek : https://www.facebook.com/Philips.AVENT.Indonesia/

Sudahlah praktis, mommies bisa dapat hadiah dari Philips Avent. Menjalani peran sebagai ibu, jadi tambah menyenangkan, kan?

Jelang MPASI Jangan Dibikin Repot, Lakukan Saja Dua Hal Ini - Mommies Daily


Post Comment