4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Ditulis oleh : Denise Salsabila

Nggak susah kok menurunkan risiko si kecil pakai kaca mata. Asalkan tahu, bagaimana menjaga kesehatan matanya dengan cara yang juga nggak ribet.

Zaman sekarang, tak bisa dipungkiri anak-anak sudah familiar dengan gadget.  Sebagai orangtua wajar banget, kalua khawatir akan dampak buruh dari penggunaan gadget, meski tak bisa dipungkiri, ada sisi manfaatnya juga kok gadget itu.

4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak - Mommies Daily

Salah satu risiko terlalu banyak terpapar gadget adalah gangguan pada kesehatan mata anak. Memang, berdasarkan pada penelitian yang dilakukan secara global untuk Philips Lighting, telah diketahui bahwa salah satu hal yang paling mengkhawatirkan bagi lebih dari sepuluh orang tua adalah penglihatan anak-anak mereka. Ingin tahu bagaimana cara agar kesehatan mata anak terjaga?

Nah, berikut beberapa tips yang bisa Mommies terapkan untuk menjaga kesehatan mata anak-anak:

1. Batasi waktu di depan layar. Sarankan anak-anak untuk meluangkan waktu jauh dari layar, dengan bermain di luar ruangan atau membaca buku. Bermain di luar ruangan akan membantu perkembangan mata mereka, lho, Mommies.

2. Istirahatkan mata mereka. Ajarkan anak-anak anda secara teratur mengistirahatkan mata mereka dengan menutup mata selama 30 detik, terlebih saat menggunakan gadget atau membaca buku.

3. Gunakan lampu LED berkualitas tinggi, seperti Philips LED. Dengan lampu yang tidak berkedip, anak-anak dapat belajar dan berkonsentrasi dengan nyaman, tanpa risiko kelelahan mata atau sakit kepala.

4. Sediakan anak Anda makanan yang mendukung kesehatan mata, dengan memasukkan sayuran berdaun, ikan berlemak dan berbagai jenis jeruk sebagai santapan mereka.

Selain itu, dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K), yang juga merupakan Humas dari Persatuan Dokter Mata Indonesia, menyatakan bahwa dalam melakukan kegiatan membaca, kita harus menyediakan anak cahaya yang cukup. Jangan sampai aktivitas membaca dilakukan di lokasi yang gelap total. Ingat juga, ketika beraktivitas dengan menggunakan gadget pun jangan di tempat yang gelap total, sehingga cahaya yang didapatkan hanya dari layar saja. Justru cahaya yang hanya didapatkan dari layar saja lah yang sangat berbahaya untuk mata. Sebaiknya tetap sediakan cahaya dari selain layar gadget. Misalnya dari lampu ruangan atau cahaya matahari.

Menjaga kesehatan indra penglihatan sangatlah penting karena mata merupakan indra yang sangat vital bagi manusia. Karena itu, jaga baik-baik indra penglihatan anak-anak kita sejak dini, yuk, mommies! :)


Post Comment