8 Hal yang Ingin Saya Lakukan Sebagai Ibu Bekerja Saat Libur Akhir Tahun

H-5 menjelang libur akhir tahun, dan otak saya pun sudah sibuk membuat list apa saja yang mau saya lakukan selama liburan nanti.

Mau sombong sedikit ah…. sekadar informasi, kantor tempat saya bekerja saat ini punya yang namanya kebijakan work from home di saat libur Lebaran dan Natal serta akhir tahun. Jadi, untuk libur Natal dan akhir tahun sekarang, karyawannya mulai masuk kerja lagi di tanggal 3 Januari 2018, bablas dari tanggal 23 Desember 2017. Dan, ditambah pengajuan cuti yang mau saya ajukan (moga-moga dapat approval :D), maka saya akan kembali aktif bekerja di tanggal 15 Januari 2018!! Wohooooo…..

Lumayan lama ya??

Lumayan bisa bikin mati gaya dong kalau nggak ada rencana yang jelas, hahaha.

Lumayan bikin dompet tongpes karena anak-anak pasti nggak bakal mau anteng aja di rumah.

Dan, biasanya libur selama ini pada akhirnya membuat saya jadi berasa kangen sama kantor dan niat banget kembali bekerja (aselik bukan pereuuus).

So, untuk liburan kali ini, ada beberapa, eh banyak deng, kegiatan-kegiatan yang mau saya lakukan sebagai stress relief dari kesibukan saya bekerja selama satu tahun terakhir. Apa sajakah itu?? Jeng….jeng …..

1. Menghabiskan buku bacaan yang selama ini hanya sempat saya beli namun nggak sempat-sempat saya baca

8 Hal yang Ingin Saya Lakukan Sebagai Ibu Bekerja Saat Libur Akhir Tahun - Mommies Daily

Setiap kali ke toko buku, saya selalu gatel membeli buku-buku walaupun saya tahu saya belum punya waktu untuk membacanya. Saya suka curiga, jangan-jangan saya masuk kategori Abibliophobia – orang yang hobi menimbun buku walaupun ada banyak buku yang belum dibaca. Penderita ini takut banget kehabisan bahan bacaan tiba-tiba. Saat ini ada sekitar 14 buku yang bertumpuk manis di pinggir tempat tidur menunggu untuk dibaca. Untuk saya pribadi, membaca nggak cuma hobi sih, tapi juga bisa menambah koleksi kosakata buat saya. Penting, biar tulisan saya lebih berwarna.

2. Traveling bersama anak-anak

8 Hal yang Ingin Saya Lakukan Sebagai Ibu Bekerja Saat Libur Akhir Tahun - Mommies Daily

Seperti yang pernah saya tulis mengenai janji sebagai ibu bekerja yang wajib saya tepati, salah satunya menciptakan memori indah bersama anak-anak. Karena terbentur dengan tanggung jawab di kantor, saya memang nggak bisa bebas traveling bersama anak-anak, makanya saat musim liburan saya selipkan jadwal untuk bepergian.

3. Makan enak :D

IMG_0614

Sadar diri dengan lingkar perut yang gampang membuncit dan ketebalan pipi yang mudah bertambah, saya cukup ‘keras’ dalam mengatur pola makan. No carbo dan less sugar sepanjang hari kerja dan cheating day hanya di hari Sabtu atau Minggu. Akhirnya Inem lelah juga, ahahahaha. Pingin bebas sedikit di musim liburan ini. Jangan sampai pilihan makanan menghancurkan nikmat liburan, ya kaaaaan! Kuncinya? Seminggu sebelum masuk kerja, kembali ke diet no carbo supaya celana dan rok-rok kerja bisa kembali muat :D.

4. Eeeerrrr……olahraga??

Yup, ini juga salah satu kemalasan saya yang paling hakiki. Gerakin badan untuk olahraga. Eh, tapi saya nggak parah-parah amat sih kadar kemalasannya. Seminggu dua kali minimal olahraga yang beneran olaharaga. Cuma kayaknya frekuensinya mau saya tambah deh. Sadar usia, udah umur segini lemak doyan banget nempel. Maka dari itu, mari kita buka lagi tuh aplikasi-aplikasi olahraga, yoga mat dan juga sepatu lari plus playlist musik yang seru!

5. Tidur, tidur dan tidur

Seriusaaaaan, ini saya doang yang berasa kurang tidur atau memang semua ibu bekerja merasakan hal yang sama sih? Senin-Jumat nggak mungkin bisa bangun siang, karena anak-anak masuk sekolah pagi. Tapi begitu weekend mau bangun siangan sedikit, alarm tubuh nggak bisa diajak kompromi. Mungkin karena udah kebiasaan bangun pagi ya? Apa kita minum obat tidur aja? (eeeeh, jangan, ini hanya candaan semata :D). Entah bagaimana caranya, selama liburan ini saya bertekad untuk memperbaiki pola tidur.

6. Bikin plan 2018

Mumpung libur, mumpung otak masih segar, mumpung ada waktu, saya mau membuat planning 2018. Planning untuk kegiatan harian, planning untuk target kerjaan, planning untuk pendidikan anak-anak, planning untuk finansial sampai planning untuk urusan cinta #eeeehgimana??

7. Kumpul keluarga besar

8 Hal yang Ingin Saya Lakukan Sebagai Ibu Bekerja Saat Liburan - Mommies Daily

Nah, ini dia satu urusan lagi yang cukup susah direalisasikan dalam keluarga besar saya (bold: keluarga besar dari pihak mama saya!). Apakah karena jumlah anggota keluarga yang harus dikumpulkan luar biasa banyak?? Tentu tidak!! Apakah karena terlalu sibuk? Nggak juga. Tapi memang karena kami nggak biasa aja kumpul keluarga. Ajaib kan :D. Jadi, liburan kali ini saya mau sok-sok-an berinisiatif mengumpulkan sekitar 23 orang aja (iya Cuma 23 orang) untuk bisa kumpul dan ngobrol-ngobrol seru. Kangen juga, udah lama nggak ngumpul sama om, tante, kakak-kakak sepupu. Jangan sampai anak-anak saya lupa sama keluarganya sendiri.

8. General Check Up

Mumpung awal tahun dan memang jadwalnya saya untuk general check up, jadi sebelum ditelan kesibukan bekerja, saya mau general check up. Jangan lupa lakukan perbandingan antara paket di tempat A dengan paket di tempat B. Lumayan kan kalau beda harganya jauh.

Itu 8 list to do yang ada di rencana saya. Kalau working mom yang lain?


Post Comment