Duh, Tumit si Kecil Kering dan Pecah-pecah

Siapa bilang kalau kulit kering, kusam dan pecah-pecah cuma bisa dialami orang dewasa saja? Anak-anak bahkan balita juga bisa, lho!

Beberapa bulan lalu setelah pulang kerja, anak saya Bumi, langsung curhat.

“Ibu… lihat deh, kulit aku kok, kaya begini”  ujar anak saya sambil menunjukan tumitnya.

Sepersekian detik mata saya pun langsung fokus ke area tumitnya.

“Lho, kok, bisa pecah-pecah begini? Sejak kapan, Mas Bumi?” tanya saya balik.

Melihat kondisi tumit kaki anak saya yang kering sampai pecah-pecah, jelas bikin saya kaget. Lah wong, saya saja seumur hidup nggak pernah punya pengalaman seperti itu. Tapi kenapa kulit anak saya bisa sampai begitu? Duh!

Untuk tahu penyebab dan cara mengatasinya saya pun langsung menghubungi salah satu teman yang berprofesi  sebagai dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Mardiati Ganjardani. Ia pun menjelaskan bawah anak-anak memang bisa mengalami kulit kering, bahkan bisa sampai mengalami tumit pecah-pecah layaknya orang dewasa.

“Sebenarnya kalau anak-anak itu, intinya kalau mengalami kulit kering karena memang ada riwayat atopik, bisa asma, rinitis, dermatitis atopik,” ujarnya.

Memang, sih, bisa dibilang kulit anak saya ini cukup sensitif. Saya masih ingat, zaman anak smasih bayi, saya sampai dibikin pusing kalau memilih perlengkapan perawatan kulit bayi, seperti sabun dan ditergen. Kalau asal-asalan, langsung, deh, kulitnya kering dan  iritasi.

Untuk mengatasinya, dr. Mardiati Ganjardani pun memberikan beberapa saran pada saya.

Perbanyak minum air putih

Mungkin saran ini memang sudah sering banget kita dengar, ya. Tapi sayangnya, masih banyak anak-anak yang suka malas minum air putih. Saya saja yang bolak balik mengingatkan anak untuk banyak minum air putih masih bisa kecolongan, kok. Bagaimana kalau kita cuek? Nggak bisa dipungkiri, asupan cairan yang cukup tak hanya berguna bagi lancarnya anak kita, tapi juga dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulitnya.

Hati-hati memilih perlengkapan perawatan kulit anak

Seperti yang sudah sempat saya sebutkan di atas, sejak bayi, kulit anak saya memang cenderung sensitif. Semula saya pikir setelah melewati fase usia balita, kondisi kulitnya sudah lebih kuat seiring dengan daya tahan tubuhnya. Tapi ternyata nggak juga, tuh. Memilih perawatan kulit masih harus hati-hati dan cari formulasi yang pas. Anak juga sebaiknya tidak dibiarkan untuk mandi terlalu lama sehingga membuat kelembapan kulitnya jadi berkurang.

Jangan lupa pakai pelembap

Salah satu cara yang cukup efektif membantu mengembalikan kelembapan kulit anak adalah menggunakan pelembap. “Kalau anakmu kulitnya kering, jangan jangan lupa pakai pelembap, ya. Minimal sesudah mandi dan sebelum tidur. Pelembap ini penting  digunakan segera setelah mandi  untuk ‘mengunci’ kelembapan kulit. Dan cari pelembap yang minim wewangian,” ujar dr. Mardiati Ganjardani.

Mendengar penjelasan dr. Mardiati Ganjardani, saya langsung ingat dengan pelembap andalan keluarga saya. NIVEA . Saya sendiri sudah kenal dengan cream ini sejak zaman baheula. Maklum, mama saja sejak dulu sudah menggunakannya. Jadilah sejak zaman ABG saya sudah mulai ikut-ikutan pakai, hahaha.

Tapi benar, sih, Nivea Cream ini ibarat warisan turun temurun dari orangtua yang memang perlu dimiliki setiap keluarga.  Apalagi kalau ingat cream ini bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Kalau saya terbiasa menggunakannya untuk pelembap wajah, suami sering menggunakan untuk after shave gel  setelah cukuran jenggotnya. Sementara untuk anak bisa buat pelembap seluruh tubuh, terutama setelah berenang.

Duh Tumit si Kecil Kering dan Pecah pecah - mommiesdaily

Setelah tumit anak saya kering dan pecah-pecah, produk ini pun saya andalkan. Intinya, sih, kalau merasa kulit kasar dan kering, otak saya langsung bilang, “Pakai NIVEA , dong, Dis…”. Biasanya, sih, setelah malam mengoleskan pada tumit kaki, saat bangun pagi, anak saya langsung komentar, “Bu, kulit aku sudah nggak kering, nih.” Jadi kalau memang rutin dipakai, nggak ada lagi yang namanya tumit pecah-pecah.

Mengingat Cream ini multifungsi, jadi lebih hematkan? Dengan satu cream bisa buat seluruh anggota keluarga. Setelah mengaplikasikan NIVEA , kulit rasanya jauh lebih lembap. Kulit dehidrasi dan kering pun bisa teratasi.


Post Comment