Terlambat Mempersiapakan Dana Pensiun, Harus Bagaimana?

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Pensiun berarti mommies akan berhenti bekerja, dan tidak memiliki pendapatan yang bisa menunjang kebutuhan rumah tangga. Oleh sebab itu ada persiapan awal yang harus mommies lakukan agar Mommies bisa pensiun secara nyaman.

Apakah Mommies merasa sudah terlambat dalam mempersiapkan dana pensiun? Jangan khawatir, karena sepertinya masih banyak waktu. Seseorang baru dianggap terlambat dalam mempersiapkan dana untuk pensiunnya jika ia telah berusia diatas 50 tahun. Selain itu, jika memiliki waktu kurang dari 5 tahun lagi dalam mempersiapkan dana pensiun.

dana pensiun-mommiesdaily

Jika Mommies berencana saat pensiun tetap memiliki penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel,

  1. Hindari berdagang saham di pasar modal

Berdagang saham atau trading di pasar modal memerlukan jam terbang yang tinggi dalam aspek analisa teknis dan fundamental. Risiko memang bisa diminimalisir dengan perpanjangan waktu investasi. Namun, sifat saham yang memiliki risiko tinggi karena volatilitasnya dinilai kurang cocok untuk Mommies yang sudah memasuki masa pensiun.

  1. Asuransi kesehatan adalah keharusan

Memasuki usia pensiun, biasanya masalah kesehatan akan lebih banyak dan bervariasi. Oleh sebab itu pastikan Mommies sudah memiliki asuransi kesehatan tambahan, diluar BPJS Kesehatan. Tujuannya agar bisa melindungi risiko akibat sakit yang mungkin tidak diperoleh dengan jaminan BPJS Kesehatan.

  1. Jadikan hobby sebagai income

Hobi khusus seperti membuat kue, bersepeda dan bergabung dengan komunitas lainnya ternyata bisa menjadi produktif. Hobi dan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai peluang yang menghasilkan di masa pensiun.

  1. Berinvestasi pada usaha

Selain untuk menambah penghasilan, investasi pada usaha juga bisa menambah kegiatan di masa pensiun. Investasi usaha dapat dilakukan dengan model franchising restoran atau café kecil, atau investasi di tempat cuci mobil. Rumah kost juga bisa dijadikan pilihan alternatif untuk masa pensiun. Walau Mommies sudah memasuki usia pensiun, namun sebaiknya Mommies tetap memiliki aktivitas yang berarti, agar Mommies tidak kehilangan semangat untuk hidup.

Setiap orang akan memiliki profil risiko dan kemampuan yang berbeda dalam menghadapi masa pensiun. Untuk itu sebaiknya Mommies mengkonsultasikan diri ke perencanaan keuangan terpercaya, agar bisa dibantu perencanaan dan persiapan masa pensiunnya dengan lebih tepat dan terukur. Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.


Post Comment