Mau Cepat Hamil? Lakukan Hubungan Seksual Dua Hari Sekali

Mommies sedang program hamil seperti seperti saya? Ternyata, salah satu cara yang efektif dengan melakukan hubungan seksual dua hari sekali. Alasannya? Baca ulasannya di artikel ini, ya.

Beberapa waktu lalu saat konsultasi ke dokter kandungan, dr. M. Soemanadi SpOG sempat tanya ke saya, “Kalau mau program hamil, aktivitas seksualnya bagaimana? Sudah rutin belum? Setidaknya, harus rutin dua hari sekali,” ujarnya.

Saya pun langsung menimpali, “Yah, dok…. Kalau lagi nggak mood, badan terasa capek, bagaimana?”

Baca juga : Para Suami Jangan Hanya Salahkan Istri Jika Belum Memiliki Anak

Hahhaha, dasar perempuan, ya, kalau mau melakukan hubungan seksual juga harus mengandalkan perasaan. Nunggu mood, biar lebih nyaman dan terasa jauh menyenangkan, gitu. Tapi, ternyata saya salah. Kalau mau program anak, ya, kuncinya itu dulu. Bagaimana mau bisa punya anak kalau aktivitas seksual saja nggak rutin? *ngomong ke diri sendiri*

Mau cepat punya anak, lakukan hubungan seksual dua hari sekali - Mommiesdaily

Nggak cuma dr. M. Soemanadi SpOG saja yang bilang, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science juga menyatakan hal yang sama. Bahwa pasangan yang ingin cepat memiliki anak, idealnya melakukan hubungan seksual dua hari sekali. Hal ini dipengaruhi oleh perasaan jauh lebih baik setelah berhubungan seks bisa berlangsung sekitar 48 jam.

Sementara kalau dr Setiawan Nugraha Sp.And saat saya temui beberapa waktu yang lalu juga mengatakan hal yang serupa, bahwa kualitas sperma yang baik memang yang dikeluarkan selama dua hari sekali. “Ya memang kalau sperma dikeluarkan setiap hari, kualitasnya tidak maksimal. Jadi, kalau orang yang mau punya anak dianjurkan berhubungan seks tiap dua hari sekali. Karena sperma tersimpan dua sampai tujuh hari. Kemudian sperma pria hanya bisa hidup dua hari pada tubuh perempuan,” katanya.

Baca juga : ‘Berhubungan’ Setiap Hari, Salahkah? 

Artinya, dengan rutin melakukan hubungan seksual dua hari sekali, maka probability sperma bertemu dengan sel telur akan jauh lebih besar. Makanya, dengan dua kali sehari berhubungan seks maka akan ada sperma yang tersimpan dan bisa diganti dengan sperma berkualitas pada waktu hubungan selanjutnya.

Selain itu, anjuran ini juga berkaitan dengan masa ovulasi perempuan, di mana seorang masa ovulasi seorang perempuan dalam sebulan hanya satu kali, dengan waktu yang tidak bisa dipastikan. “Makanya, kalau melakukan hubungan seksual selama dua hari sekali secara rutin, jadi ada stok sperma terus di dalam tubuh perempuan. Kalau setiap hari juga sebaiknya jangan, karena kualitas sperma jelek,” ujar androlog yang praktik di RS. Fatmawati ini.

Tapi, kualitas sperma yang baik tentu saja dipengaruhi oleh gaya hidup. Kalau masih saja terus merokok, minum minuman beralkohol, ditambah lagi mengonsumsi makanan yang tidak bergizi, jarang olahraga, ya, sama juga bohong. Memang, sih, untuk mengetahui kualitas sperma baik atau buruk, tidak bisa dilihat secara kasar mata. Tapi, dr. Nugraha menegaskan kalau sperma yang baik haruslah kental.

“Paling tidak butuh waktu kira-kira di bawah 60 menit harus jadi air cair. Tapi, kalau lebih dari satu jam enggak cair, ya, bermasalah” katanya.

Jadi bagaimana, kalau memang edang program hamil, jangan lupa untuk melakukan hubungan seksual dua hari sekali, ya :)

Baca juga : Sudah Yakin Mau Program Hamil Tanpa Memerhatikan Jarak Kelahiran?

 


Post Comment