Hindari Pekerjaan Rumah Ini Saat Mengandung

Kebersihan dan kerapihan rumah memang penting. Tapi pas lagi hamil, hindari dulu beberapa pekerjaan rumah berikut ini.

Bicara soal pekerjaan rumah, saya jadi ingat, pas trimester ketiga, saya nekat membersihkan kamar mandi seorang diri. Dalam keadaan jongkok saya menyikat lantai. Sesudahnya, untungnya saya dan jabang bayi baik-baik saja, perut hanya sedikit terasa keram.

Baca juga: Yang Aman dan Tidak Aman Dilakukan Selama Kehamilan

Hindari Pekerjaan Rumah Ini Saat Mengandung - Mommies Daily

Padahal, ya, mommies. Merujuk pada artikel yang ditulis oleh boldsky.com, apa yang saya lakukan adalah salah satu dari pekerjaan rumah yang idealnya dihindari selama hamil. Untuk persisnya, apa saja sih, pekerjaan rumah yang nggak mommies lakukan selama ada janin di dalam perut? Yuk, lihat detailnya di bawah ini.

1.Kegiatan bersih-bersih rumah

Secara umun, disarankan untuk perempuan hamil tidak melakukan kegiatan membersihkan rumah. Misalnya mengelap berbagai benda dengan cairan tertentu. Pokok permasalahannya, ada pada bahan pembersih yang digunakan. Dikhawatirkan, ada zat reaktif tertentu yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Tahu sendri kan, selama hamil tubuh kita lebih sensitif, karena pengaruh hormon.

Alasannya lainnya, saat kegiatan bebersih rumah, adakalanya harus membungkuk atau bahkan jongkok. Dua posisi ini, terlalu berisiko untuk perempuan hamil, jika dilakukan terlalu sering.

2.Menyapu dan Ngepel

Poinnya sih, jangan terlalu capek ya, mommies. Dalam artikel yang dilansir boldsky.com, yang dikhawatirkan adalah persendian dan ligament perempuan hamil cenderung melunak. Akan sulit jika terlbat dalam tugas yang terlalu melelahkan. Kalaupun terpaksa harus menyapu, menurut hemat saya, gunakan masker, dan ukur kemampuan kita. Tapi kalau mengepel, hmmm, boleh laah, minta bantuan sama ART di rumah, ya :)

3.Membersihkan kotoran kucing

It’s a big NO NO! Kotoran kucing mengandung parasit yang berbahaya untuk kehamilan, mommies. Minta tolong orang lain untuk melakukannya, atau untuk sementara waktu, minta tolong teman pecinta kucing, untuk mengadopsi kucing peliharaan mommies. Selama mommies hamil. Daripada dipusingkan dengan urusan kotoran kucing, kan? Prioritas utama, tetap kesehatan anda dan janin.

4. Membersihkan kamar mandi

Beberapa produk pembersih khusus kamar mandi, mempunyai kandungan yang keras. Hal ini akan berbahaya untuk kehamilan mommies. Contohnya, cairan untuk membersihkan kotoran dilantai kamar mandi yang membandel, kalau mommies perhatikan itu aromanya menyengat, kan?

5.Mencuci pakaian

Gerakan yang dikhawatirkan membahayakan mommies dan janin, saat mencuci adalah membungkuk lalu bangun lagi. Mengingat perut mommies sudah membesar, pasti tidak akan nyaman, kan? Hal lainnya yang jadi perhatian adalah, permukaan area mencuci baju yang licin, karena dipenuhi air atau sisa-sisa deterjen. Takutnya tergelincir, malah menimbulkan masalah baru.

Selain lima kegiatan di atas, hindari tugas rumah tangga yang melibat mengangkat beban berat. Berisiko untuk punggung mommies. Tak hanya itu, aktivitas yang terlalu banyak naik turun tangga., sebaiknya juga dihindari. Minta bantuan orang rumah, demi keamanan mommies dan jabang bayi :)

Baca juga:

12 Kado yang Paling Dibutuhkan Ibu Baru!


Post Comment