MDInsight: 10 Fakta Menarik Tentang Ayah di Indonesia

Para ayah ternyata menyimpan fakta menarik, berkaitan tentang pola asuh atau kehidupan mereka sebagai ayah. Mau tahu nggak apa saja?

Seperti biasa, pada periode tertentu Mommies Daily mengadakan survei untuk berbagai kepentingan, artikel salah satunya. Dan kebetulan momentum bulan November, di Hari Ayah Nasional kami gunakan sebaik-baiknya, untuk memberikan content beragam dan informatif , khususnya seputar sosok ayah.

Di artikel kali ini, saya mau fokus memberitahukan, apa saja sih fakta menarik seputar ayah di Indonesia, yang layak mommies tahu, berdasarkan 1.000 responden ayah yang berhasil kami himpun.

MDInsight: 10 Fakta Menarik Tentang Ayah di Indonesia - Mommies Daily

1. 58,3% mengaku mendapatkan informasi tentang parenting, dari pasangan mereka masing-masing. ini membuktikan, ibu masih memegang peranan penting dalam menyerap aneka informasi seputar pengasuhan anak. Tapi berbeda tipis, 55,6%, bilang, buku atau media tentang parenting adalah sumber untuk mereka menggali informasi seputar parenting.

2. Tak mudah memang membesarkan anak di zaman sekarang. Ketika hampir semua harga kebutuhan merangkak naik. Apalagi soal biaya pendidikan *dududu. Keadaan inilah yang mungkin menyebabkan 30,6% para ayah menjawab, salah satu tantangan terbesar dalam menjadi ayah ada di pos finansial. Kemudian 27,8% menjawab soal pemilihan pekerjaan.

3. Fakta ketiga, rasanya bisa dijadikan pertimbangan mommies agar lebih memerhatikan quality time pak suami dengan si krucil. Faktanya 61,1% mengatakan kalau para ayah kurang dari 4 jam menghabiskan waktu bersama anak pada hari kerja. Dan hanya 30,6 % ada di rentang 4-8 jam. Sementara untuk akhirpekan, 9-13 jam sebanyak 30,6%. Artinya, para ayah memang butuh waktu yang lebih banyak bersama anaknya.

4. Ini nih yang bikin saya terharu, meski status mereka adalah kepala keluarga ternayata jika bisa memilih, mereka ingin memiliki 50% lebih banyak waktu bersama anak. Setidaknya data sebesar 61,1% yang membuktikan hal ini.

5. Ternyata perasaan bersalah tak selalu hadir untuk anak, nggak hanya dirasakan kita para mommies. 33,3% para ayah mengatakan, merasa bersalah ketika nggak bisa punya cukup waktu untuk anak-anak.

6. Sementara untuk tugas parenting, para ayah masih banyak yang bergantung pada istri masing-masing :D sekitar 54,3% menjawab, pembagian tugas parenting, masih lebih banyak dikerjakan oleh pasangan. Dan 42,9% bilang dibagi rata.

7. Siapa di sini yang masih rajin “kencan” dengan pasangan? Nah, Anda masuk ke dalam persentase 34,3%, atau menjawab rutin memiliki quality time setidaknya 1-2 dalam sebulan. Hmmm, perlu ditambah kali ya?

8. Untuk urusan rumah tangga, seperti membayar tagihan, belanja bulanan, menyiapkan makanan, para ayah ini masih hands on, lho. Terbukti 44,4% mengatakan sangat sering melakukan hal semua *tepuk tangan dulu, untuk para ayah.

9. Tapi sayangnya, 27,8% dari mereka juga menjawab, jarang untuk melakukan kegiatan hobi di luar kerjaan dan keluarga. Mungkin, hasil poin yang ini bisa dijadikan pertimbangan para mommies, untuk memberikan waktu lebih kepada pak suami, untuk melakoni hobinya :)

10. Peran sebagai ayah, menjadi hal paling penting dalam kehidupan 63%,9 para ayah di Indonesia.

Mungkin ada fakta menarik lainnya, yang mau mommies ceritakan? Oh, ya, mewakili tim Mommies Daily saya juga mau mengucapkan selamat Hari Ayah Nasional. Semoga para suami semakin menikmati perannya sebagai ayah, ya!


Post Comment