Cara Ayah Mencintai Anaknya, Seperti Apa?

“Saya percaya kalau anak-anak itu sangat butuh perhatian orangtua. Jadi memberikan perhatian pada mereka adalah bentuk kasih sayang paling besar namun juga paling sederhana yang bisa dilakukan,” ucap Pak Suami.

Kadang, saya dan suami suka me-review, selama ini sudah benar belum sih, menerapkan pola asuh pada anak kami, Bumi? Suatu ketika, bahkan suami pernah tanya, “Kita tuh terlalu manjain Bumi nggak, sih, Dis?”

Mendengarnya, saya pun lantas jawab, “Manjain? Hahahhaa… Kalau memang aku terlalu manjain anak, apa-apa kasih apa yang diinginkan Bumi, pasti Bumi gak akan sering bilang aku galak kata T-Rex.” Kemudian suami menjawab, “Hahahhaa, iya juga sih….”. Sepersekian detik, tawa kami berdua pun pecah bersama.

Ngomongin masalah kasih sayang dan memberikan perhatian, saya dan suami sama-sama cukup paham sebagai orangtua memang perlu mencurahkan setiap saat. Tanpa batas. Caranya, juga bisa dimulai dari hal sederhana. Namun sayangnya, seperti yang dikatakan suami, meski sepertinya sangat sederhana, nyatanya sering jadi masalah buat banyak orangtua lantaran kesibukan lain yang harus dilakukan.

IMG_20171111_202749

“Sebagian orangtua berpikir menyayangi anak adalah dengan memenuhi kebutuhan mereka. Itu enggak salah, tapi yang sering terjadi pemenuhan kebutuhan itu sebatas hal-hal yang bersifat materil, belum secara psikologis,” ujar suami.

Saya pun akhirnya kembali bertanya ke suami, “Sebenarnya sebagai ayah bagaimana sih bentuk kasih sayang yang selalu kamu ingin berikan ke anak?”

“Buat aku yang sering sampai rumah
setelah anak sudah tidur, mengantar mereka ke sekolah adalah sebuah kemewahan. Jadi dalam kondisi apapun, makanya selalu berusaha menjaga rutinitas yang membahagiakan itu. Membuat anak bahagia juga sederhana saja. Sekali-kali kasih kejutan dengan menjemput anak ke sekolah. Ekspresi terkejut Bumi saat melihat kita berdiri di depan gerbang sekolah itu, lho. Priceless!” papar suami lagi.

Saya pun akhirnya kembali melempar pertanyaan ini pada beberapa ayah di beberapa WAG

Mengajak Beribadah Bersama

“Kalau saya, terbiasa mengajak beribadah bersama. Ngajak sholat jamaah bareng anak di musholla atau masjid, menurut saya ini salah bentuk kasih sayang yang bisa saya berikan untuk anak saya,” ujar Rizky.

Melakukan Aktifitas Fisik Bersama

Rata-rata teman saya yang sudah berstatus ayah mengatakan, bahwa salah satu bentuk perhatian dan membangun bonding dengan anak, khususnya anak lelaki lewat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga bersama.

Contohnya teman saya semasa SMA, Ismawan bilang kalau bentuk perhatian dan kasih sayang yang diberikan untuk anak-anaknya juga perlu menyesuaikan dengan usia dan jenis kelamin. “Kalau saya, sih beda umur dan beda jenis kelamin beda juga caranya… kalau sama anak lelaki yang usianya sudah belasan, suka ajak kegiatan laki-laki, misalnya nonton bola bareng. Biar jadi tambah akrab,” ungkapnya.

Jadi Pendengar yang Baik

Berbeda dengan Dwi Dewantoro, teman saya semasa SMP dan SMA ini bilang, selelah apapun dirinya setelah pulang kerja, ia selalu memberikan waktu untuk mendengar curhatan anak-anaknya.”Kalau nggak sempetin ngobrol dan dengerin mereka cerita, biasanya gue yang akan dicemberutin anak-anak,” katanya.

Masak Bareng

Wah, ternyata kegiatan ini nggak cuma bisa dilakukan anak sama ibunya, lho. Setidaknya Anna, teman saya saat SMA bilang, kalau suaminya itu paling senang ngajak anak lelakinya masak bareng! Ya, saya sendiri juga salah satu ibu yang percaya kalau salah satu bekal hidup yang perlu dipelajari anak adalah memasak!

Berikan Kejutan

Ya, ternyata banyak ayah yang senang kasih kejutan ke anaknya. Benar juga sih, ketika melihat raut wajah anak yang dapat kejutan dari orangtuanya itu tidak ternilai harganya! Salah satu kejutan yang sering dilakukan para ayah ini adalah menjemput anaknya ke sekolah secara tiba-tiba. Hal sederhana yang pasti bikin anak happy!

Memijat Anak

Ah, kalau ini sih ibunya juga mau ya, dipijat bapaknya! Hahahahaaa…. Eh, tapi bener, deh…. Ternyata banyak teman saya yang mengaku kalau momen memijat anaknya menjadi salah satu bentuk kasih sayang yang sering mereka berikan. Selama ini saya juga cukup sering, sih, melihat suami saya memijat Bumi. Kalau melihat pemandangan seperti ini ditambah lagi mendengar keriuhan tawa mereka, hati jadi ikut riang gembira!

 


Post Comment