7 Manfaat Yoga Pada Anak

Ditulis oleh: Ficky Yusrini

Mengenalkan yoga pada si kecil bukan karena saya sok-sok-an, tapi karena memang banyak manfaat yoga pada anak.

Kids zaman now (istilah yang sedang ngetren sekarang) memang sangat jauh berbeda dengan zaman kita dulu. Mereka menghadapi banyak distraksi dan overstimulasi dari gadget, tekanan teman sebaya, dan tuntutan tinggi dari sekolah. Makanya, mereka juga rentan terpapar stres.

Tak ada salahnya mengenalkan anak aktivitas olahraga yang bisa membantu mengelola stres mereka dan mengajak mereka menggunakan tubuh dengan cara yang lebih sehat. Salah satunya dengan yoga. Selain memberikan gerakan-gerakan olah tubuh yang bagus untuk stretching, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi anak, meningkatkan kepercayaan diri dan citra diri mereka yang positif, serta mengurangi keterikatan mereka pada gadget.

Menurut praktisi yoga asal Amerika Serikat, Karen Fabian, penulis buku Stretched: Build Your Yoga Business, Grow Your Teaching Techniques, ada tujuh hal yang bisa diperoleh anak ketika melakukan yoga.

7 Manfaat Mengenalkan Yoga Pada Anak - Mommies Daily

1. Kesadaran akan napas

Latihan pernapasan dapat memberi energi pada anak-anak dan mendorong relaksasi. Berbagai permainan dan teknik yang diajarkan oleh guru yoga, bisa membantu anak-anak terhubung ke bagaimana tubuh mereka merasakan tarikan hasil bernapas dalam-dalam. Lewat latihan pranayama (pernapasan), daya fokus dan konsentrasi meningkat, seperti halnya kemampuan bernapas dan paru-paru mereka. Stres secara alami dikurangi dan hormon sehat dilepaskan.

2. Memperkuat dan memberi energi

Selain bagus untuk peregangan, yoga juga membangun kekuatan, serta kesadaran dan koordinasi tubuh. Tubuh yang kuat mencerna makanan lebih baik, menjaga berat badan yang sehat dan bisa menopang stres membawa beban berat, seperti ransel. Badan juga akan bernapas lebih baik, bekerja lebih efisien dan melindungi sendi yang lebih rapuh.

3. Menguatkan keseimbangan tubuh

Pose-pose untuk melatih keseimbangan, seperti tree pose misalnya, bisa meningkatkan daya fokus. Latihan keseimbangan bermanfaat untuk mengembangkan kekuatan intrinsik, membangkitkan perasaan meditatif, dan meningkatkan ketenangan pikiran. Hal ini dapat membantu anak-anak mengatasi stres menghadapi tantangan dan stimulasi konstan yang dihadapinya sehari-hari.

4. Peregangan

Latihan peregangan dan pose-pose yang bertujuan untuk memanjangkan otot tubuh bagus untuk anak-anak. Otot yang hanya dilatih kekuatan saja tanpa fleksibilitas, tidak bisa bergerak cepat, menarik tulang dan persendian. Yoga menggerakkan otot peregangan dan melalui pengintegrasian pernapasan dan gerakan, otot menjadi hangat dan menjadi lebih fleksibel.

5. Kesadaran dan fokus

Yoga membantu menciptakan kesadaran di dalam tubuh melalui pernapasan dan gerakan. Ini memberi anak cara untuk mengekspresikan diri, membangun hubungan yang kuat antara apa yang mereka dengar dan apa yang mereka lakukan. Anak yang memiliki kesadaran tubuh yang baik umumnya akan lebih percaya diri dan kuat, memiliki postur tubuh yang lebih baik, bernapas lebih baik, dan memiliki rasa tenang.

6. Mengalir dan menyatu dengan gerakan

Saat anak diajak melakukan pose gerakan yoga bersama-sama, akan membuat anak merasakan artinya bergerak dengan mudah. Hal ini membantu membangun kesadaran mereka bahwa semua gerakan yang ia lakukan adalah serangkaian upaya terkoordinasi antara otot, tulang, persendian dan saraf. Misalnya, ketika melakukan gerakan menahan lengan diangkat pada pose Warrior 1, pada saat bersamaan mereka diminta untuk membuat bahu tidak tegang. Anak menjadi lebih memahami tubuh mereka.

7. Meditasi dan relaksasi

Yoga bersifat meditatif. Baik itu ketika anak melakukan pose latihan keseimbangan, duduk bersila, ataupun gerakan lainnya. Pada saat mereka beristirahat, ajak mereka memikirkan apa warna favorit atau mainan favorit mereka. Hal ini akan membuat perhatian mereka lebih terpusat.


Post Comment