banner-detik
WORK & CAREER

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberi Apresiasi Kepada Tim

author

Mommies Daily31 Oct 2017

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberi Apresiasi Kepada Tim

Apresiasi terhadap tim itu penting, lho. Untuk membakar semangat kerja mereka. Pertanyaannya, apa saja sih yang harus diperhatikan saat memberikan apreasi ke tim, supaya tepat sasaran dan punya dampak yang maksimal.

Disadari atau tidak, apresiasi adalah salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan produktivitas kinerja. Ketika seseorang memberikan apresiasi kepada hasil kerja keras orang lain atau tim-nya, secara otomatis ia akan membangkitkan semangat, rasa percaya diri dan energi lebih kepada timnya sehingga mereka lebih giat dalam melakukan tugasnya.

Namun demikian dalam memberikan apresiasi mommies harus memperhatikan 4 hal berikut ini:

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberi Apresiasi Kepada Tim - Mommies DailyImage: www.bluepony.com

1. Berikan dengan Tulus

Jangan mengharapkan imbalan apapun karena bersikap baik. Mommies memberi apresiasi sebagai penghargaan kepada tim, bukan untuk mengharapkan imbalan. Orang mampu mendeteksi apakah mommies memberikan apresiasi sepenuh hati atau karena dibuat-buat. Ketulusan juga akan berkurang nilainya kalau mommies mengatakan sesuatu dengan rumus ‘yes,but’. Misalnya, “ Kamu sudah baik sih untuk kerjaan satu ini, tapi sayangnya pekerjaan yang lain masih kurang sempurna, deh”

2. Segera

Berikan apresiasi sesegera mungkin, setelah tugas/proyek tertentu berhasil diselesaikan dengan baik. Hal ini akan sangat ber-impact karena orang tersebut/tim akan langsung merasa ‘happy’ dan dihargai. Ketika orang segera mendapatkan apresiasi atas sikap kerjanya yang baik, maka ia bisa melihat hubungan kuat antara berperilaku baik dengan suasana happy. Bayangkan kalau mommies dipuji 6 bulan setelah prestasi baik Mommies. Tentunya beda sensasinya dengan apresiasi yang diterima 1 hari atau 1 minggu sesudahnya.

3. Spesifik

Luangkan waktu untuk menjelaskan mengapa kita menghargai tindakan spesifik yang diambil sehingga tugas/proyek tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Gunakan kata-kata yang tepat dan menggugah. Bila memungkinkan gunakan nama orangnya. Hal ini membuatnya lebih berarti. Memuji dengan kata-kata “kamu pandai”, akan berbeda efeknya dengan kata-kata “Saya sangat senang karena kamu berhasil menangangi keluhan pelanggan yang sulit itu”.

4. Apa adanya

Temukan cara yang alami dan paling nyaman untuk kita menunjukkan apresiasi, karena ‘keaslian’ kita adalah kuncinya. Kita memiliki kendali penuh atas apresiasi yang ingin kita berikan kepada orang lain atau tim kita. Sekadar memuji orang di depan umum, kelihatannya sederhana, tetapi efeknya bisa sangat luar biasa.

Banyak cara untuk mommies bisa menunjukkan apresiasi kepada orang lain atau anggota tim. Tapi yang terpenting adalah apresiasi yang kita berikan itu tidak hanya memberikan rasa bangga kepada yang menerimanya tapi juga akan memberikan dampak positif dan manfaat pada organisasi.

Artikel ini ditulis oleh Indri Febianti – EXPERD Consultant

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan