5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Memerah ASIP

Perempuan itu memang jagonya multitasking! Makanya bisa melakukan beberapa kegiatan sekaligus dalam satu waktu. Salah satunya ketika menyusui si kecil. Apa aja yang bisa dilakukan?

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Memerah ASIP - Mommies Daily

Ketika baru menjadi ibu, bisa dibilang selain happy saya juga stress :D. Stress karena capek luar biasa, berasa kangeeeen banget sama yang namanya istirahat dan tidur yang normal. Berdasarkan pengalaman pribadi menyusui dua anak, dulu, salah satu aktivitas yang bisa menjadi ajang saya istirahat yaitu momen ketika memerah ASI. Ini semacam ‘time saver’ buat saya.

Intinya sih, kalau ingin kegiatan memerah ASI menjadi semacam time saver untuk kita beristirahat atau melakukan kegiatan lainnya, kuncinya ada di pemilihan peralatan ‘perang’ alias breast pump yang tepat, hehehe.

Waktu itu saya memiliki dua jenis breast pump, ada manual dan ada yang elektrik. Untuk yang manual, walaupun banyak orang yang bilang nanti pegal menggunakan manual breast pump, saya sih nggak merasakan pegalnya ya. Mungkin karena manual breast pump yang saya punya waktu itu pegangannya didesain dengan ergonomis sehingga mudah dipompa. Bantal pijat yang lembut juga merangsang air susu dengan cepat dan tingkat hisapannya maksimal banget jadi ASI tetap keluar dengan deras. Saya ingat banget, mereknya adalah Philips Avent Standard Manual Breast Pump SCF900/01 belinya di JD.id.

Sekadar sharing buat yang masih cari-cari breast pump Avent, better beli di www.JD.id karena harganya lebih murah dibanding pasaran, original dan banyak promonya. Saya beli breast pump Philips Avent manual dapat gratis kartu milestone yang ada catatan tumbuh kembang anak dan ada kolom tanggalnya yang bisa kita isi sendiri untuk difoto. Contoh kartunya: kartu Senyum Pertamaku, Aku dan Ayah, MPASI Pertamaku, dan banyak lainnya. Ya lumayan buat foto kekinian jaman now.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Memerah ASIP - Mommies Daily

 

Habis foto dengan milestone card Avent saya coba iseng ikutan lomba Milestone Baby Avent Competition di facebook. Hadiahnya menarik banget buat para mommies, ada combine steamer & blender untuk membuat MPASI praktis sampai thermal bottle warmer, kalau mau ikutan lombanya bisa cek Facebook pagenya @Philips.AVENT.Indonesia.

Untuk jenis breast pump kedua , saya memilih yang elektrik. Ini saya gunakan ketika saya ingin memerah ASI sambil melakukan hal-hal lain. Biasanya, saat memerah ASI sambil melakukan hal lain yang menyenangkan, otomatis membuat saya merasa nyaman dan santai, sehingga ini membuat air susu mengalir dengan mudah.

Pilihan saya jatuh pada Avent Philips Comfort Single Electric Breast Pump. Avent Philips Comfort Single Electric Breast Pump memiliki tiga pengaturan untuk memerah ASI. Jadi bisa diatur senyaman kita sih mom. Pemakaian dengan baterainya juga gampang. Selain mendapatkan breast pump kita juga mendapat natural bottle ukuran 125ml dan dot untuk menempatkan ASIP yang kita perah.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Memerah ASIP - Mommies Daily

Nah, saat memerah ASI menggunakan Avent Philips Comfort Single Electric Breast Pump inilah saya jadi punya time saver untuk melakukan hal-hal lain. Karena kan kedua tangan saya tidak bekerja terlalu berat. Jadi, sambil memerah saya pun melakukan 5 kegiatan ini yang membuat saya merasa relaks:

1. Melihat kembali album foto si kecil di smartphone. Memerah ASI sambil memandangi wajah si kecil benar-benar menaikkan mood banget lho, dan hasilnya? Proses memerah ASI pun semakin lancar.

2. Mengonsumsi aneka camilan dan perbanyak minum. Saat memerah ASI menjadi waktu senggang untuk saya menikmati makanan dan minuman. Kan harus imbang antara yang masuk dan yang keluar, hahaha.

3. Go social online alias berselancar di social media. Cukup menghibur melihat postingan teman-teman yang seru, lucu ataupun sok bijak, hehehe. Dan sekaligus waktuya belanja online :p.

4. Ngobrol di WA Group. Biar tetap update dengan informasi atau gosip terkini yang beredar di antara teman-teman, hahahah. Sekaligus menjadi ajang silaturahmi paling cepat kan, kalau misalnya nggak ada waktu untuk bertemu langsung.

5. Menikmati musik. Kalau saat bersama bayi biasanya kita mendengarkan music untuk si kecil, nah, saat sendiri ini bisa jadi waktunya kita menikmati playlist music favorit.

Dengan melakukan 5 hal di atas, saya merasa menjadi lebih nyaman dan relaks ketika memerah ASI. Produksi ASI lancar karena saya happy, dan harapannya sih waktu itu kualitas serta kuantitas ASIP juga terjaga.

Kalau mommies, biasanya ngapain aja saat memerah ASIP?


One Comment - Write a Comment

  1. Selama laktasi di kantor sambil nonton DraKor di Samrtphone atau ngobrol tentang tumbuh kembang anak dengan teman “seperjuangan” di ruang Laktasi yang bisa bikin happy dan akhirnya gak terasa sudah dapat beberapa botol ASIP..

Post Comment