3 Kota Tujuan Wisata Kuliner Nasional yang Wajib Mommies Kunjungi

Setuju nggak kalau tiga kota ini ditetapkan sebagai kota tujuan wisata kuliner?

Kalau traveling ke berbagai kota tertentu, apa sih yang diincar, kalau bukan kulinernya? Misalnya waktu baru-baru ini saya ke Yogyakarta, sudah pasti mencari beberapa menu makanan yang jadi kegemaran saya dan pasangan. Kalau saya sendiri, terlanjur jatuh cinta sama mie godok djawa, dan mangut lele (lele yang diolah dengan cara diasap).

3 Kota Tujuan Wisata Kuliner Nasional yang Wajib Mommies Kunjungi - Mommies DailyImage: flickr

Setiap kota memang punya ciri khas kuliner. Hal ini, yang menurut saya menjadi kekuatan atau magnet, suatu kota kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang. Selain Yogyakarta, yang paling saya kangen saya makanannya, adalah Bandung! Apalagi saya pernah, kuliah di sana. Perputaran trend kuliner di kota yang dipenuhi dengan mahasiswa itu, seakan tak pernah kehabisan akal.

Dan tahukah mommies, dua kota yang berusan saya sebutkan ternyata masuk sebagai kota destinasi wisata kuliner. Kota yang terpilih, yaitu Bali, Bandung, dan Joglosemar (Yogyakarta, Solo dan Semarang). Predikat ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata. Pemberian predikiat ini, juga melibatkan komunitas kuliner yang ada di Indoneia. Nantinya ketiga destinasi tersebut akan mendapatkan sertifikat dari UNWTO ( The World Toursim Organization.)

Namun, Menteri Pariwisata Arief Yahya punya jagoan kota lain¸yang ternyata tidak masuk menjadi kota dsetinasi wisata kuliner. Dalam situs berita Kompas.com,  Ia bilang, “Jakarta seharusnya berpotensi, tapi kurang inisiatif. Ibaratnya, dekat di mata, jauh di hati,”

Kalau tadi kotanya, lalu adakah makanan yang ditunjuk sebagai makanan nasional? Jawaban, ada, mommies! Bagi mommies penggemar, penjual atau hobi membuat rendang, soto, nasi gireng, sate dan gado-gado, berarti mommies turut melestarikan makanan nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

Sejujurnya kalau mau diulik lagi, setiap kota punya makanan khas sendiri-sendiri ya. Dalam skala internasional, Indonesia mempunyai kesempatan besar, untuk menarik minta wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan menikmati aneka olahan makanan Indonesia.

Mommies sendiri, kota tujuan wisata kuliner yang paliiing disuka apa?

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

Post Comment