7 Happiness Hacks You Must Try!

Pernah nggak mencoba yang namanya happiness hacks? Mencari sumber kebahagiaan, dengan cara yang sederhana, tapi efeknya? Bisa seharian membuat kita merasa bahagia, minimal keberadaan kita mendatangkan manfaat untuk orang lain.

Di Senin pagi, dalam ritual Sharing Session kantor kami, Mas Eko Manager IT, Female Daily Network bercerita tentang happiness hacks dari hal-hal sederhana. Dia mencontohkan, hal ini dia lakukan saat berkendara, kasih kesempatan jalan pada pengendara lain. Bukannya saling ngotot, siapa yang harus lebih dulu ambil jalur menuju tujuannya masing-masing. Familiar dong, ya, dengan situasi seperti ini di Jakarta atau kota besar lainnya, ego orang lebih tinggi dari tiang listrik atau jembatan penyeberangan :D

7 Happiness Hacks You Must Try - Mommies Daily

Hal ini dipertegas dan dijadikan tantangan oleh Hanifa Ambadar, CEO Female Daily Network. Supaya semua warga FDN mencari dan melakukan hal yang sama seperti Mas Eko lakukan. Tujuan sederhana, supaya kita tetap merasa bahagia, dan kalau saya pribadi melihatnya dari angle, semacam kasih vitamin ke hati. Sehari-hari sudah sibuk bekerja, melunaskan deadline, belum lagi ngurus keluarga, nah happiness hacks semacam ini dampaknya langsung, lho, membuat kita merasa bahagia. Memanusiakan orang lain, sama saja menghargai kehadiran kita di dunia untuk orang lain, singkatnya seperti itu (IMHO).

Lalu happiness hacks apa saja sih, yang dalam keseharian mudah kita lakukan? Atau sebetulnya sudah kita sadari sehari-hari? Tapi masih belum “engeh”, kalau hal itu bisa mendatangkan energi positif?

  1. Jalanan tempatnya berbuat baik

Seperti yang tadi saya sudah singgung di atas. Jalanan ibu kota yang terlihat semraut, sesungguhnya banyak menyimpan kesempatan supaya manusia menebar kebaikan.

  • Memberi kesempatan kendaraan lain lewat lebih dulu. Supaya nggak macet. Ini sering banget saya lihat, di depan kantor saya sendiri. Jadi di depan kantor FDN, ada putaran. Nah, kalau kami nih mau putar balik, pengendara dari arah berlawanan enggan memberi jalan. Padahal nggak sampai 1 menit lho, kasih jalan ke orang lain. Sesekali deh, ikhlas sebentaaarrrr aja, kasih jalan untuk orang lain. Nggak akan membuat kita telat sampai tujuan kok.
  • Penjalan kaki punya hak yang sama. Berhenti sejenak, supaya pejalan kaki bisa aman menyebarang, bukan akhir dunia, kan? Mereka punya hak yang sama dengan kita, dengan para pengedara. Makin adem, saat penyeberang jalan, menanggukkan kepala, atau mengacungkan jempolnya, tanda terima kasih :)
  • Lebih jeli, ada bapak tua yang membutuhkan rupiah kita. Beberapa kali saya mendapati, seorang bapak tua, menjual mainan anak-anak di trotoar jalan Ampera. Sikon saya dan suami belum memungkinkan untuk berhenti waktu itu, tapi saya sudah janji sama diri sendiri, suatu saat saya harus menyempatkan membeli mainan si bapak tua itu. Jangan lupa, kasih sedekah juga, ya, mommies :)
  1. Lingkungan rumah

Kalau kita jeli, sesungguhnya, lingkungan terdekat dalam kehidupan sehari-hati kita ini. Bisa banget digali potensi menjadi sumber kebahagiaan yang tak ternilai.

  • Tegur sapa. Kalau pulang kantor sudah larut, lalu ada tetangga lewat depan rumah. Dan mereka menegur, rasanya seperti ada yang menemani. Membalas sapaan mereka, sama saja menghargai mereka. Atau kebalikannya, saya menegur lebih dulu. Basa-basi itu, kalau di waktu yang tepat, nyatanya bisa mempererat tali silaturahmi kok.
  • Makan bersama. Nggak harus ada yang ulang tahun kan, untuk makan bersama? Spontanitas aja, sih. Sehari sebelumnya, bisa kasih ide, ngeliwer bareng, misalnya. Seru! Makan beralaskan daun pisang, dengan menu sederhana, tapi suasananya hangat.
  1. Lingkungan kantor

Sekitar setengah hari waktu kita dihabiskan di kantor. Kayaknya sayang, ya, kalau nggak dimanfaatkan dengan baik, selain untuk bekerja tentunya.

  • Office boy juga bagian keluarga kantor. Gaji kita nggak habis kok, cuma karena seminggu dua kali kasih mereka uang makan siang. Atau tip yang lebih besar, setelah menolong kita membeli makan siang. Cobain deh, gimana sejuknya hati kita, pas lihat respond mereka, setelah kita kasih tambahan uang makan siang, senyum tulusnya itu, menyadarkan kita kalau bahagia bisa datang dari hal yang sederhana.
  • Berbagi makanan, ini yang kayaknya sering dilakukan di kantor saya, ahahaha. Momen ulang tahun, resign, atau lagi iseng aja mau pesan jajanan ini itu, kami sih senang banget bisa berbagi makanan dengan rekan kantor. Sebatas snacking udah senang banget, seperti Pocky, snack asal Jepang ini. Dari bentuknya mudah banget, kan buat dibagi-bagi? Saya termasuk yang suka menyimpan Pocky di tas, untuk jaga-jaga lapar di jalan atau butuh camilan di kantor. Tapi tetap bisa berbagi kebahagiaan sama teman-teman kantor.

7 Happiness Hacks You Must Try - Mommies Daily

Ada enam rasa yang bisa bikin berbagi snack di kantor kian seru, cokelat, strawberry, cokelat pisang, matcha, double choco, dan cokelat vanilla. Kalau saya sekarang lagi suka banget, yang rasa matcha, hihihi. Serunya lagi menyambut Pocky Day, 11 November nanti. Pocky menghadirkan Pocky Riad Trip Tour. Menyambangi Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

7 Happiness Hacks You Must Try - Mommies Daily

Bentuknya melalui Pocky Smile Van. Bakalan ada berbagai macam aktivitas seru. Antara lain games berhadiah berbagai merchandise bertema Pocky, permainan 11.11 Jackpot, Pocky kemasan raksasa dan berbagai produk Pocky istimewa, mommies bisa mencicipi langsung varian Pocky.

Pocky Smile Van dimulai 20 Oktober hingga 30 November 2017 mendatang dengan rincian roadshow di wilayah Jabodetabek dilaksanakan 20 Oktober – 12 November 2017, sementara di Bandung dilaksanakan pada 17 – 19 November 2017 dan Yogyakarta dilaksanakan pada 24 – 26 November 2017. Seluruh event akan dihelat di 15 lokasi di 3 kota dan digelar setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Buat mommies yang senang selfie, cobain deh aplikasi digital Smile Shuffle (www.pockyday.co.id). Senyum mommies bersama rekan kantor, atau keluarga akan digabung menjadi kompilasi yang unik. Hmmm, kayaknya bakalan jadi pilihan happiness hacks saya selanjutnya, nih. Seru-seruan bareng, sambil coba aktivitas di Pocky Smile Van. Ajak teman kantor atau keluarga :)


Post Comment