Tunda Dulu Memberikan Vaksin pada Anak, Jika Terjadi Hal Ini

Daripada berdampak di kemudian hari, sabar dulu menunda memberikan vaksin pada si kecil. Dalam beberapa keadaan ini.

Tunda Dulu Memberikan Vaksin pada Anak, Jika Terjadi Hal Ini - Mommies Daily

Pemberian vaksin MR pada Jordy beberapa waktu lalu, nggak semulus yang saya perkirakan. Bukan karena Jordy yang meronta, atau drama nggak mau masuk ruangan dokter untuk disuntik. Melainkan, anaknya yang batuk pilek lumayan berat, nggak kelar-kelar *__*.  Common cold, yang berlangsung lama ini, juga disebabkan lingkungan rumah yang banyak anak-anak, sedang mengidap penyakit yang sama. Yaaa, virusnya di situ-situ aja, nggak mungkin juga Jordy hanya main di dalam rumah. Agak sulit, karena sedang masa-masanya senang lari-larian, dan main mobilan yang bisa didorong.

Sejujurnya, sih, insting sebagai ibu juga mengatakan hal yang sama dengan apa yang dipaparkan dr. Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya Daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik ditunda dulu. Walau waktu itu, batuk pilek Jordy nggak pake demam. Tapi frekuensi batuknya lumayan sering, dan produksi ingusnya masih berlimpah. Jadi nggak tenang.

Secara umum, dr. Meta mengatakan sebaiknya tunda memberikan vaksin pada anak saat, Anak demam tinggi lebih dari 38, dan infeksi serius lainnya. Hal ini karena pemberian vaksin yang berisi kuman hidup atau sudah dilemahkan berfungsi untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap penyakit tersebut. Jika anak diberikan vaksin saat sedang sakit, maka kemungkinan antibodi yang terbentuk di dalam tubuh si anak menjadi kurang maksimal.Lain halnya jika sakit ringan seperti batuk pilek tanpa demam, sih, nggak masalah.

Namun jika batuk pilek anak disertai rewel yang menjadi, dr. Metta menyarankan ditunda 1-2 minggu. Jenis vaksin yang boleh diberikan, saat satuk pilek, dengan atau tanpa demam ringan adalah: DTP, Polio, MR, Varisela, Hib atau Hepatitis B. Artinya tidak ada kontra indikasi jika memberikan ke enam jenis vaksin tersebut.

Selain itu, tidak memberikan vaksin saat anak mendapatkan pengobatan berupa prednison dengan dosis 2mg/kgBB karena obat ini dapat menekan sistem imun tubuh anak.

Kenapa anak harus dalam keadaan sehat, saat diberikan vaksin?

Walau sempat disebutkan, batuk pilek ringan tanpa demam, nggak masalah untuk vaksin. Tetap saja, kan lebih baik dalam keadaan sehat, ya, mommies. dr. Metta mengatakan pemberian vaksin berfungsi untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap penyakit tersebut. Jika anak diberikan vaksin saat sedang sakit, maka kemungkinan antibodi yang terbentuk di dalam tubuh si anak menjadi kurang optimal.

Ada yang senasib sepenanggungan dengan saya?

Baca juga:

Sudah Tahu Jadwal Imunisasi Lanjutan untuk Si Anak SD dan SMP?

Kenapa Sekolah Perlu Terlibat dan Meminta Surat Keterangan Imunisasi?


Post Comment