pendidikan seks-mommiesdaily

10 Pertanyaan Soal Pendidikan Seksual yang Sering Ditanya Anak, dan Cara Menjawabnya

Setidaknya ada 10 pertayaan yang sering ditanyakan anak yang berkaitan dengan pendidikan seksual. Supaya nggak bingung, Mbak Vera Itabiliana, sebagai psikolog anak dan remaja membantu untuk menjawabnya.

Sudah nggak zamannya lagi, ya, kalau kita itu main rahasia-rahasian, nggak mau menjawab pertanyaan anak yang berkaitan dengan pendidikan seksual. Atau malah, masih merasa tabu? Saran saya, sih, sudah nggak perlu ya. Ketika kita merasa tabu, anak justru bisa mencari jawaban di luar rumah, yang belum tentu benar. Lebih parah lagi, akibat ketidaktahuan mereka, akan ada banyak risiko  yang bisa dapatkan.

Nggak mau, dong, hal ini terjadi? Soooo…. Nggak usah, deh, tabu atau malu ngomongin pendidikan seksual. Ingat, ini pendidikan seksual, artinya beda hal dengan ngomongin aktivitas seksual.

Memang, sih, menjelaskan pendidikan seksual ini nggak gampang. Meskipun pertanyaan si kecil terkesan sederhana, tapi saat menjelaskannya perlu waktu dan berpikir ulang. Apakah jawabannya sudah tepat? Apakah jawabannya sudah bisa dicerna oleh anak? Intinya, sih, suka bikin lidah saya mau keseleo, hahahaha.

Mbak Vera Itabiliana mengatakan, cecara garis besar, ada beberapa poin yang perlu diterapkan saat menjawab pertanyaan dari anak:

  • Tanya balik: memberi kesempatan kita untuk menenangkan diri , dan supaya kita tahu sudah sejauh mana pengetahuan anak serta supaya kita juga tahu kata atau istilah apa yang bisa kita pergunakan dalam menjelaskan jawaban nanti.
  • Terbuka dan jujur; tidak mengarang/berbohong.
  • Gunakan istilah/nama yang benar. Contoh, bilang saja penis, jangan diganti dengan sebutan ‘burung’.
  • Mulai dari yang umum, berkembang mengerucut mengikuti pertanyaan/komen anak.
  • Gunakan bahasa sederhana.
  • Berikan jawaban secukupnya, tidak lebih atau kurang.
  • Gunakan buku, gambar, internet, dll.
  • Ganti topik jika anak sudah terlihat puas.
  • Akui jika tidak tahu & ajak anak untuk cari tahu bersama.

pendidikan seks-mommiesdaily

Setelah mencatat poin yang diberikan Mbak Vera, sudah ada gambaran, dong, bagaimana menjawab pertanyaan anak? Beberapa hari lalu saya sempat posting di Instagram Mommies Daily, penasaran, kira-kira pertanyaan apa, sih, yang sering ditanya oleh anak? Pertanyaan tersebut akhirnya saya ‘lempar’ pada Mbak Vera, untuk mengetahui sebaiknya bagimana cara menjawab yang tepat.

Kenapa tempat pipis perempuan dan lelaki berbeda?

“Karena Tuhan menciptakan berbeda, supaya ada perbedaan yang jelas antara laki-laki & perempuan.”

Seringkali anak menanyakan ini bukan untuk mempertanyakan perbedaan fisiknya tapi lebih karena misalnya si buyung aga kesal kalau pipis harus pisah dengan ibunya, harus dengan ayah. Nah mungkin fokusnya adalah bagaimana supaya dia tetap nyaman pipis bersama ayah. Ini gunanya tanya balik, spt tercantum di atas.

Kenapa aku bisa ada di dalam perut ibu saat ibu hamil? atau Kenapa adik bisa ada dalam perut ibu?

Mulai dari jawaban yang umum seperti:

“Setelah ayah ibu menikah (ini merupakan penanaman nilai, kalau mau hamil ya nikah dulu), ayah ibu berdoa pada Tuhan supaya dberikan anak, lalu ada kamu deh di perutnya ibu…. (lalu biasanya bisa dialihkan ke perkembangan janin selama di perut ibu, ada buku2nya yang bergambar menarik buat anak atau bisa browse di internet)

Jika anak bertanya lebih lanjut/belum puas:

“Kamu berasal dari sel telur dari ibu dan sel sperma dari ayah yang bertemu lalu tumbuh berkembang di perut ibu.”

Jika anak bertanya lebih lanjut (biasanya jika anak sudah besar atau mendekati usia puber); biasanya akan bertanya bagaimana bertemunya:

“Bertemunya lewat hubungan suami isteri. Nanti jika kamu sdh menikah, kamu akan lebih paham.”

Jika anak bertanya lebih detil lagi, biasanya tentang apa itu hub suami isteri:

“Kamu pernah lihat ayah ibu sayang2an tidak? (Biasanya anak2 akan jawab: pernah spt pegangan tangan, pelukan, cium pipi dll). Nah ada cara sayang khusus antara ayah ibu yang hanya dilakukan berdua saja, tidak ingin dilihat oleh orang lain, biasanya di dalam kamar. Di sinilah terjadi hub suami isteri tersebut.”

Jika anak menggali lebih dalam lagi, ya jawablah:

“Alat kelamin pria masuk ke dalam alat kelamin wanita, tapi hanya boleh dilakukan jika kamu sudah menikah ya…”

Aku tuh, keluar dari perut mama, bagaimana?

Ini tergantung dari cara lahirnya si anak, kalau keluar melalui operasi caesar, ya katakanlah lewat operasi tsb. Anak akan penasaran untuk lihat bekas operasinya. Tidak ada salahnya diperlihatkan bekas operasinya. Tetapi jika lewat proses kelahiran normal, bilang pada anak bahwa dia keluar lewat suatu lubang yang namanya lubang/mulut rahim, letaknya dekat dengan lubang pipis jadi sulit terlihat. Ibu bisa gunakan buku atau gambar dari internet yang pas untuk menjelaskan pada anak ttg lubang tempat dia keluar ini/lubang rahim.

Kenapa ada orang dewasa yang ciuman?

“Untuk menunjukkan rasa sayang antara mereka….(jawaban selanjutnya dapat disesuaikan dengan nilai2 yang dianut di keluarga, di sini aku contohkan untuk keluarga Indo muslim yaaa) tapi karena kita orang Indonesia dan muslim…itu hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah saling menikah seperti ayah ibu.”

Kenapa dada bapak berbeda sama dada ibu yang lebih besar?

“Karena ibu memiliki tugas untuk menyusui anaknya, sedangkan ayah tidak. Semua perempuan dadanya besar karena disiapkan untuk menyusui bayi, kan bayi belum bisa makan jadi hanya bisa minum susu dari ibunya.”

Kenapa sih, Ibu suka pakai pampers kecil (pembalut) ?

“Karena untuk menampung darah yang keluar dari lubang pipis ibu…ini terjadi setiap bulan selama beberapa hari…tidak apa2 karena ini baik untuk kesehatan ibu. Namanya menstruasi atau haid. Semua wanita yang sudah dewasa akan mengalaminya.”

Mimpi basa itu apa, Bu?

“Mimpi ini biasanya terjadi pada anak laki-laki yang sudah mau remaja…mimpi ini menandakan kalau tubuhnya sudah beranjak besar, biasanya setelah mimpi celananya basah karena ada sperma yang keluar. Nah kalau sudah ada sperma seperti itu, tandanya kamu sudah remaja/baligh. Mimpinya biasanya mimpi yang menyenangkan, biasanya kamu nanti bertemu dengan perempuan yang kamu sukai di mimpi itu….Jadi nanti kalau kamu mimpi basah, kasih tahu ibu ya…karena ibu harus kasih tahu apa yang harus dilakukan (untuk yang muslim, ada kewajiban mandi besar). Nanti ayah akan cerita ke kamu lebih banyak tentang mimpi basah ini karena semua laki-laki dulunya mengalami hal yang sama.”

Setelah mandi, kenapa aku nggak boleh telanjang tapi harus pakai handuk?

Karena untuk melindungi bagian tubuh pribadi kamu….kamu harus menyayangi tubuhmu seperti ibu juga menyayangi kamu, terutama bagian tubuh pribadimu (jelaskan batasan tubuhnya) yang hanya boleh dilihat oleh kamu sendiri, orangtuamu terutama ibu dan dokter dengan ditemani ayah/ibu.”

Menstruasi itu apa? Kenapa perempuan mengalaminya sedangkan lelaki tidak?

“Menstruasi itu proses keluarnya darah dari tubuh wanita yang terjadi setiap bulan. Dari mana darah itu? Dari sel telur yang tidak dibuahi. Ini harus keluar supaya perempuan itu tetap sehat. Jadi menstruasi itu tidak apa2. Laki2 tidak mengalaminya karena laki2 tidak memiliki sel telur.”

(bisa dibantu gambar atau video lucu tentang menstruasi, ada di youtube )

Onani itu apa?

“Onani itu perbuatan menyentuh alat kelamin untuk mendapatkan kesenangan tapi tidak dianjurkan untuk melakukannya sering2 karena akan membuat luka di alat kelamin, nanti akan sakit ketika akan pipis” (jawaban selanjutnya disesuaikan dengan nilai2 yang dianut dalam keluarga….ada budaya yang membolehkan asal dilakukan sesekali dan dalam situasi private tapi ada juga yang menentang. Yang perlu dihindari, muncul rasa bersalah pada anak jika dia pernah atau kedapatan melakukannya. Ortu bisa jelaskan pada anak bahwa ada orang/anak lain yang juga melakukannya atau “It’s normal”. Jika ortu ingin menghindari anak dari melakukan ini, beri penjelasan berfokus  dari aspek kesehatan atau kebersihan saja sperti contoh di atas: bisa luka dsb).


Post Comment