ICU Grandpa: Profesi Langka, Memberikan Harapan Hidup Lewat Sentuhan

Tahukah mommies ada profesi yang dinamakan sebagai ICU Grandpa? Kerjaannya memeluk bayi-bayi prematur yang sedang dirawat dan membutuhkan sentuhan. Seperti apa persisnya? Dan apa yang membuat seorang kakek mengabdikan dirinya selama 12 tahun untuk menjadi “teman” untuk bayi-bayi mungil tersebut?

Pertama kali tahu tentang David Deutchman, saat melihatnya di timeline akun FB saya. berbentuk video, yang mengisahkan seorang kakek, dijuluki sebagai “ICU Grandpa.” Di usia senjanya ia memilih profesi yang langka. “Tugas saya memeluk bayi,” begitu kata David saat ditanya apa persisnya yang ia lakukan sebagai ICU Grandpa atau disebut jug sebagai “Professional Snuggler.”

ICU Grandpa: Profesi Langka, Memberikan Harapan Hidup Lewat Sentuhan - Mommies DailyImage: Children Healthcare of Atlanta

Sebelumnya David adalah seorang Marketing Executive di sebuah perusahaan internasional. Lalu pensiun pada tahun 2000, dan masih berkarya sebagai dosen tamu di sebuah Universitas di Atlanta. Perjalanan karier yang unik, mommies?

Kisah David dimulai saat ia mengalami cedera di kakinya. Ketika di rumah sakit. Langkahnya terhenti di bagian anak-anak. Dan bertanya, apakah ada kesempatan untuk menjadi sukarelawan di bagian tersebut. Keinginannya terkabul, diawali mendampingi pasien yang dirawat cukup lama di sana.

Di sebuah kesempatan, ibu dari seorang pasien anak, curhat dengan dirinya sambil menangis. Tentang keadaan anaknya, yang akan dioperasi. David merasa kehadirannya yang notabene sebagai orang asing sangat berarti untuk si ibu, dan dipercaya menjadi tempat berbagi cerita. Di titik ini niatnya menjadi sukarelawan makin bulat. Dan memberitahukan kepada pihak rumah sakit, hal spesifik apa yang akan dia lakukan.

Youtube: Children Healthcare of Atlanta

Seminggu dua kali, David menghabiskan hari-harinya di rumah sakit, bagian anak. Tepatnya di NICU, menggendong, memeluk dan mengelus bayi-bayi prematur yang sedang dirawat. Khususnya bayi yang orangtuanya tidak bisa bersama mereka, karena satu dan lain hal. Sesekali David, kena air pipis bahkan BAB bayi, dua hal ini malah jadi sesuatu yang menyenangkan buat dirinya.

Dalam sebuah video yang dilansir oleh “Now This”, seorang suster mengatakan, bahwa kehadiran David bagaikan harta yang tak ternilai dari rumah sakit tersebut. Karena sangat membantu menaikkan berat badan bayi prematur dan berdampak baik untuk tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

David bilang, kadang orang-orang di sekelilingnya tidak mengerti apa yang dilakukan. Apa sih, manfaat yang David dapatkan dari mendekap bayi? Jawaban David sesederhana, “They just don’t get it, the kind of reward you can get from holding a baby like this.”

“A random act of kindness, no matter how small, can make a tremendous impact on someone else’s life.” -Roy T. Bennett


Post Comment