7 Mitos Seputar Alat Kontrasepsi yang Salah Kaprah

Masih ragu menggunakan alat kontrasepsi, karena mitos yang beredar? Yuk, cari tahu dulu, supaya mengerti dan mantap menggunakan salah satu kontrasepsi yang cocok dengan kebutuhan mommies.

b0af8048-dd04-4802-b4a5-33db0a81029b

“Gue nggak mau ah minum pil kontrasepi, soalnya takut gemuk!”

“Takut deh pasang IUD, bisa-bisa berpengaruh sama hubungan suami istri!”

Dua mitos di atas seputar alat kontrasepsi, hanya segelintir mitos yang beredar di kalangan teman-teman saya. Tak ingin bernasib sama, termakan mitos yang beredar akhirnya saya mencari tahu lebih banyak dari dokter dan bertanya kepada teman-teman yang sudah bertahun-tahun menggunakan alat kontrasepsi.

Yuk, bahas satu persatu mengenai mitos dan fakta alat kontrasepsi, sebelum saya kasih tahu, alasan saya yakin memilih IUD sebagai alat kontrasepsi.

PIL

1.Pil kontrasepsi dapat menyebabkan kenaikan berat badan: MITOS!

FAKTANYA: Menurut dr.Boy Abidin, SpOG, tidak ada peningkatan berat badan yang signifikan pada konsumsi kontrasepsi berupa pil. Kenaikan berat badan sendiri berkaitan dengan pola diet seseorang dan aktivitas fisik. Selain itu sebagian perempuan mengalami berat badan yang signifikan karena bertambahnya usia.

2.Pil kontrasepsi dapat menyebabkan susah hamil: MITOS!

FAKTANYA: Pil itu efeknya hanya 24 jam. Karenanya disarankan untuk minum pil secara teratur di jam yang sama setiap hari untuk meningkatkan keefektifitasannya. Minum pil kontrasepi secara teratur bisa mengendalikan kehamilan, begitu distop – kesuburan perempuan akan kembali seperti semula dan bisa hamil.

IUD

3.Pemasangan IUD memengaruhi produksi ASI: MITOS!

FAKTANYA: IUD adalah jenis kontrasepsi non hormonal, artinya sama sekali tidak mengandung hormon yang dapat memengaruhi produksi ASI.

4.Pemasangan IUD membuat hubungan suami istri tidak nyaman: MITOS!

FAKTANYA: Sejumlah ahli mengatakan, IUD tidak memengaruhi hubungan suami istri. Baik dari segi libido perempuan. Karena IUD adalah jenis kontrasepsi non hormonal. Begitu juga dengan kenyamanan pasangan, asalkan IUD dipasangan dengan prosedur yang benar.

5IUD bisa berpindah tempat setelah dipasang: MITOS!

FAKTANYA: IUD tidak dapat berpindah tempat, namun mungkin bergeser sedikit dari sejak waktu pemasangan. Karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan rutin setahun sekali ke bidan/dokter unttuk memeriksa keadaan IUD di dalam Rahim.

IMPLAN

6.Implan dapat berpindah tempat: MITOS!

FAKTANYA: Tidak benar! Andalan Implan mengandung hormone progesterone dipasang di lengan bagian atas dan efektif mencegah kehamilan hingga 4 tahun, efektifitasnya hingga 99%. Andalan implan juga aman digunakan untuk Ibu menyusui.

SUNTIKAN KB

7. Suntikan KB dapat menghilangkan menstruasi: MITOS!

FAKTANYA: Suntikan KB tersedia dalam pilihan 1 bulan dan 3 bulan. Pada suntikan 3 bulan, karena kandungan hormon yang lebih besar dibandingkan suntikan 1 bulan, yang bisa mengakibatkan terhentinya siklus menstruasi yang biasanya terjadi setiap bulan.

Setelah disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, saya mantap menggunakan kontrasepsi IUD. Dari sekian banyak IUD yang beredar, saya yakin memilih IUD dari Andalan salah satu Kontrasepsi Pilihanku. Alasannya, mempunyai efektifitas hingga 90%, dan bisa memproteksi saya dari kehamilan dalam jangka waktu yang panjang (3-10 tahun). Dan cukup satu tahun sekali cek ke dokter. Selain IUD, Kontrasepsi Andalan, punya varian lainnya. Ada Pil KB, Suntik, Implan dan kondom.

Bagi saya pribadi, pemilihan kontrasepsi yang tepat sesuai dengan kebutuhan, penting banget. Zaman sekarang, punya anak bukan sekadar “punya”, tanggung jawab yang mengiringi juga banyak! Salah satunya, sejumlah dana untuk masa depan si kecil yang harus ditabung sejak lama. Jadi nggak heran, kalau saya yakin menggunakan IUD, yang bisa menunda kehamilan selama 5 tahun. Tunggu Jordy SD, kalau mau menghadirkan adik.

Punya perencanaan keluarga yang matang bagi saya, sama dengan menghadirkan masa depan yang menjanjikan untuk keluarga. Baik dari segi materi maupun kesiapan emosi.

Lain saya lain juga pilihan mommies. Kalau mau tahu lebih banyak tentang alat Kontrasepsi Pilihanku, silakan lihat di sini, ya.


Post Comment