Bunda Hope Oncology Center, Harapan Baru untuk Survival Cancer

Saat teknologi kedokteran berjalan beriringan dengan kebutuhan pasien kanker. Di situlah angka harapan hidup juga makin tinggi. Inilah yang terjadi di Oncology Center RS Bunda Menteng. Menggabungkan teknologi terkini di bidang kedokteran dengan pendekatan secara kekeluargaan untuk menguatkan para pasien kanker.

“Selama masih ada napas, di situ masih ada harapan,” -Dr. dr. Samuel Johny Haryono, SpB (K) Onk Tim Dokter Bunda Hope Oncology Center.

Kalimat tersebut dr. Samuel sampaikan kepada pasiennya Novalina (40). Novalina, sebetulnya telah dinyatakan bersih dari kanker payudara stadium 3B. Setelah melakukan 8 kali kemoterapi, operasi dan disinar sebanyak 15 kali di Malaysia. Namun di akhir 2016 lalu kankernya dinyatakan kambuh. Dan sudah mengenai hati, menjalar hingga paru.

Bunda Hope Oncology Center, Harapan Baru untuk Survival Cancer - Mommies Daily

Selama menjalani pengobatan di RS Bunda Menteng kurang lebih 9 bulan, Novalina merasakan perlakuan yang sangat manusiawi dari tim Bunda Hope Oncology Center. Contohnya perhatian tim medis tak berhenti sampai di RS saja. Ketika survival cancer sudah sampai rumah, mereka masih memantau dan memberikan perhatian kepada pasien. Tak hanya dari sisi kemanusiaan, Bunda Hope Oncology Center juga mengedepankan teknologi terkini seputar pengobatan kanker.

Adalah heterogenitas intratumoral dan evolusi klom mematikan. Klon mematikan adalah sel-sel yang pada akhirnya menyebabkan kematian pada pasien kanker karena kemampuan mereka untuk mengganggu fungsi organ tubuh. Dengan mengidentifikasi klon mana yang berpotensi mematikan, harapannya dapat menerapkan diagnose dan pengobatkan kanker terhadap bagian kanker tersebut.

Bunda Hope Oncology Center, Harapan Baru untuk Survival Cancer - Mommies Daily

Dari segi payung besarnya ada yang dinamakan bedah onkologi, yaitu cabang ilmu pengetahuan penyakit kanker dengan menitiberatkan aplikasi pembedahan dalam semua aspek. Dan semua aspek tersebut didasari penguasaan pengetahuan  yang mendalam tentang dasar-dasar onkologi, sifat biologi dan hal yang berhubungan engan pengaplikasian modalitas lain, seperti radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, hormonal terapi dan lain-lain.

Saat meliput soft opening Bunda Hope Oncology Center akhir Agustus lalu. Saya juga ikut menyaksikan beberapa fasilitas pendukung untuk survival cancer maupun keluarga yang menunggu. Di antaranya tab yang dapat diakses untuk menggali informasi seputar kanker dan sofa yang nyaman untuk berbaring selama proses kemo berlangsung.

Bunda Hope Oncology Center, Harapan Baru untuk Survival Cancer - Mommies Daily

Satu hal yang saya garis bawahi. Bahwa tak sekadar pengobataan secara fisik. Yang tak kalah penting adalah, bagaimana selalu membakar semangat hidup survival cancer dengan pendekatan dari hati dan manusiawi.

Baca juga:

Biopsi pada Anak, Tindakan Awal Menyelamatkan Nyawa si Kecil

Fine Resyalia: Menjalani Kehamilan dengan Kanker Payudara

Kanker Tiroid, Kanker yang Bisa Sembuh 100%


Post Comment