Isyana Sarasvati: “Aku ini anak bapak ibu banget”

Mengaku kalau dirinya anak ibu bapak banget, bukan berarti Isyana Sarasvati tumbuh menajdi sosok yang manja. Justru sebaliknya, ia dikenal sebagai perempuan yang mandiri. Seperti apa, sih, pola asuh dan didikan yang diterima penyanyi yang akan segera meluncurkan album terbarunya ‘Paradox’ ini?

Siapa sih, yang nggak kenal dengan sosok perempuan yang satu ini? Kehadiran Isyana Sarasvati beberapa tahun lalu memang memberikan warna baru dalam warna musik Indonesia. Karena karakter suaranya yang begitu khas, ditambah lagi kemampuan bermusik yang sudah tidak perlu diragukan, Isyana pun kini dikenal sebagai salah satu penyanyi solo perempuan yag banyak diidolakan. Dan saya termasuk salah satunya Entah mengapa, saat mendengar suara perempuan berdarah Madura dan Tegal ini perasaan rasanya jadi adem!

Isyana memang terlahir dari keluarga yang mencintai musik. Ibunya sendiri adalah guru musik. Isyana pun tumbuh bersama musik klasik, bahkan sudah mampu menciptakan lagu sendiri! Kabar baiknya, bulan September ini Isyana akan menelurkan album terbarunya yang diberi tajuk Paradox.

isyana sarasvati-mommiesdaily

 

Seperti yang saya kutip dari Youtube Channel-nya, Isyana mengatakan kalau albumnya ini seakaan mewakili hidupnya yang saling silang dan kontradiktif namun harus tetep berjalan. “Kalau boleh jujur aku ini ini orang yang sangat sangat-sangat introvert, namun pekerjaan aku ini ekstovert, I am entertainer. Inspirasi lagu lagu dalam album ini lahir dari  dilemma yang ada dipikiran aku sendiri”.

Beruntung, saya mendapat kesempatan untuk bertanya sedikit mengenai masa kecil Isyana. Bagaimana dirinya bisa tumbuh seperti saat ini. Saya percaya, semua ini tidak lepas dari pola asuh kedua orangtunya. Dan ini pun ternyata diakui sendiri oleh Isyana.

isyana

Pengalaman masa kecil apa yang membentuk kamu sampai bisa memiliki 3 poin tersebut?

Pengalamannya mungkin karena dari kecil aku sering pindah dari satu Negara ke Negara yang lain, jadi aku punya kesempatan untuk belajar beradaptasi dengan lingkungan yang baru dengan waktu yang relative cukup cepat dan banyak. Makanya aku itu, constantly train up to be independent.

Sejauh mana, sih, peran pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter kamu hingga tumbuh dewasa seperti sekarang?

Peran orangtua dengan pembentukan karakter aku itu memang sangat besar. Dari kecil sampai sekarang aku memang nggak pernah lepas dari didikan dan bimbingan orangtua. Aku itu anak ibu bapak banget. Jadi yang menjadikan aku seperti sekarang ini memang orangtua aku. Dari dulu bapak dan ibu memang selalu mengajarkan aku untuk mandiri, jangan bergantung dengan orang lain. Bahkan, dulu bapak pernah cerita kalau anak-anaknya memang tidak diberi nama keluarga, supaya kami bisa berdiri sendiri. Sehingga saya bisa akhirnya bisa belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang apa adanya, diri saya sendiri. Saya, ya, saya, Isyana Sarasvati.

Sejauh ini ada nggak sih, buku atau film favorit kamu, yang mengubah cara pandang kamu akan sesuatu?  Tolong sebutkan 3 dan sertakan alasannya, ya….

Hahaha… apa ya? Kok, aku nge-blank, ya? Nggak kepikiran sama sekali, nih. Soalnya aku ini emang jarang nonton dan baca buku. Justru aku itu banyak mendapatkan inspirasi dan belajar dari musik, dari kehidupan beberapa musisi. Musik yang banyak memberikan aku inspirasi itu pasti musik yang bergenre klasik, dari kecil aku tumbuh bersama musik klasik, sampai akhirnya aku sekolah, belajar dan mendalami music klasik.

Buat aku music klasik itu sangat menarik, dari musisi klasik itu juga sangat menginspirasi buat aku. Banyak yang kehidupannya ironis. Cara mereka menggapai mimpi itu nggak pernah mudah, tapi pada akhirnya mereka itu sukses. Hal ini yang banyak aku pelajari. Zaman dulu mungkinkan untuk jadi seorang musisi kan nggak banget, sangat sulit, tapi  aku belajar bagaimana konsistensi mereka dalam menggapai mimpi.

isyana sarasvati-mommies daily

 Ada nggak, sih, pesan orangtua yang membekas sampai sekarang, dan jadi semacam “my life quote”?

Selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan di dunia ini, dan selalu rendah hati. Dua hal ini yang selalu diingatkan sama orangtua aku, dan akan aku pegang sepanjang hidup.

 

*Foto-foto : Dokumentasi Sony Musik Entertainment Indonesia


Post Comment