Anita Puspa Moran, Penikmat Media yang Berhasil Menjadi Pengusaha

Tak banyak media cetak yang bertahan hingga kini. Jika ada, pasti si pemilik punya jiwa yang ulet dan strategi yang mumpuni untuk menjalankan roda usahanya. Termasuk Anita Puspa Moran,salah satu Moran bersaudara pemilik majalah GoGirl!

Sebelum saya “nyemplung” di Mommies Daily, tercatat dua kali saya pernah merasakan kerja di dunia media cetak, tepatnya majalah. Di sinilah saya mengenal GoGirl!, yang banyak diperbincangkan anak-anak ABG. Desainnya yang dinamis, dan content-nya yang kekinian, (IMO) adalah hanya segelintir faktor, majalah ini punya tempat tersendiri bagi anak-anak remaja.

Anita Puspa Moran, Penikmat Media yang Berhasil Menjadi Pengusaha - Mommies Daily

Dulu saya tak menyangka, GoGirl! adalah majalah asli buatan anak negeri, yang resmi diluncurkan pada Februari 2005. Adalah Moran bersaudara, yang terdiri dari Nina Juliana Moran (Nina), Githa Moran (Githa) dan terakhir Anita Puspa Moran (Nita) (34), yang berhasil Mommies Daily wawancara. Mengulik bagaimana GoGirl! bisa bertahan, dengan versi cetak dan online-nya, belum lagi kini Nita menjalani perannya sebagai ibu dari Ruby (6) dan Jade (3,5), dan istri untuk Ivan, pasangan hidupnya.

Bisa tolong diceritakan Mbak, bagaimana kamu merintis usaha di bidang media? Menempatkan GoGirl!, di posisi tertentu yang akhirnya diminati remaja?

Sejak awal, semua dijalankan berdasar insting. Karena saya emang suka majalah dan media pop lainnya, bikin majalah Gogirl! juga berdasarkan kesukaan itu. Sebagai penikmat media,  tahu apa aja yang akan bikin pembaca merasa puas baca Gogirl!.

Hal apa yang bisa membuat Mbak dan tim bisa bangkit, saat menghadapi masalah di perusahaan?

Surat pembaca, simple comment on Instagram, DM from followers, dan ingat lagi ke core dari content Gogirl! yaitu girl empowerment. 

Hal apa  yang harus dimiliki oleh seorang mompreneur?

Supporting partner dan Chillness

Rahasia kamu agar bisa bekerja dengan efsien?

Hampir setiap hari saya bikin to do list. It keeps me focus on things that I should be working on that day. Mulai dari urusan kerjaan, anak-anak sampai belanja online dan bales email. Kalo semua bisa tercapai, selain kerjaan beres, hati pun senang karena udah berhasil produktif.

Buku tentang parenting atau seputar karier favorit kamu? Dan apa alasannya?

I have this weakness with books. Jarang banget bisa baca satu buku sampe habis. Saya lebih suka deep research on the Internet if I need to know about something. Kalo nggak ada juga, saya lebih suka nanya sama ahlinya atau orang yang udah berpengalaman.

Tips kamu supaya tetap fokus, saat sedang kerja?

I need to be alone and allow no distraction. Makanya kalo lagi deadline banget, pintu ruangan saya tutup. (biasanya selalu terbuka). Kopi pagi sih wajib, tapi sampai kantor saya minumnya Green Tea, it helps you get calmer, lho!

Hal apa yang akan kamu lakukan ketika merasa stuck atau bosan dengan pekerjaan?

Kalo saya ngerasa stuck atau bosen itu biasanya ketika saya ngerasa apa yang saya kerjain itu kurang berdampak. So, biasanya saya akan cari ide-ide baru untuk ngerjain hal yang hasilnya lebih keren lagi. Lebih ada efeknya buat banyak orang. That kind of things give you a massive good energy, banget!

Ada exercise yang kamu lakukan untuk jaga kesehatan?

Sadly no. I just hope naik turun tangga sehari 20 kali (di rumah dan di kantor), bisa dihitung exercise.

Bagaimana peran keluarga dalam mendukung karier kamu?

They accept me as I am. Nggak menuntut saya jadi sosok ibu rumah tangga stereotype

They give me time to work.

They give me space for my dreams

They give me understanding when I’m making mistakes 

Selama ini, apa kegiatan andalan kamu, untuk menjaga quality time dengan anak dan pasangan?

Sabtu-Minggu, I’m all theirs. Sejak berkeluarga, jarang banget saya kerja Sabtu-Minggu, kecuali ada event, itupun biasanya tetep ajak mereka. Kalo lagi nggak sibuk banget juga anak-anak suka saya ajak ke kantor. Kalo sama pasangan, we hang out together a lot. Eating out, atau nonton bioskop pas anak-anak udah tidur.

Anita Puspa Moran, Penikmat Media yang Berhasil Menjadi Pengusaha - Mommies Daily

Apa tantangan membesarkan dua anak perempuan, mbak?

Kalo sekarang si belum terasa, ya. Judulnya masih tantangan membesarkan anak balita, hahaha. Tapi untuk anak perempuan saya, saya pingin bisa jadi sahabat mereka. Saya pengen mereka tahu kalau mereka bisa cerita apa saja sama saya. That’s the most important thing.

Apa kegiatan me time andalan kamu?

Believe it or not, working alone is one of my favorite me-time. Waktu lagi asik sendiri ngerjain sebuah project yang lagi mau dijalanin. The best feeling ever!

Poin penting yang bisa saya ambil dari Mbak Nita adalah, saat mejalankan usaha, sebaiknya memang kita suka dulu dengan bidang tersebut. Lalu harus benar-benar paham, apa yang disukai oleh target audience, kita. Good luck untuk GoGirl!, dan kehidupan keluarga kamu Mbak Nita :)


Post Comment