Saya Ingin Anak-anak Saya Mengingat Saya Sebagai Sosok yang …

Mari kita berandai-andai, saat kita semakin tua nanti dan tidak bisa lagi menemani anak-anak kita. Kita ingin diingat sebagai sosok orangtua yang seperti apa?

Tidak ada satu orangtua pun yang ingin meninggalkan anak-anaknya. I don’t even want to think about leaving my kids. Tapi, kita kan nggak bisa menutup pada kenyataan yang ada, bahwa akan ada masanya, kita tak lagi bisa hadir dalam hidup mereka (hopefully a loooooong time from now).

Jadi, saya pun iseng melempar pertanyaan ke teman-teman juga komunitas Mommies Daily di Instagram kami @mommiesdailydotcom. Dan ini jawaban-jawaban dari mereka:

Saya Ingin Anak-anak Saya Mengingat Saya Sebagai Sosok yang … - Mommies Daily

1. Penyayang

Bahwa sesering apapun kami menegur kalian, menghukum kalian, selalu ingat bahwa itu kami lakukan karena kami menyayangi kalian.

2. Menyenangkan

Ingatlah,jangan hanya ketika kami marah, namun juga ketika kami bisa menjadi teman yang menyenangkan untuk kalian.

3. Tegas

Membesarkan anak-anak di zaman sekarang nak, sungguh banyak pengaruh buruk yang bisa membahayakan kalian. Kalau kami tidak tegas, sulit bagi kami untuk melindungi kalian

4. Adil dan  Bijaksana

Ah, semoga saja setiap keputusan yang pernah kami ambil untuk kalian selalu berlandaskan asas keadilan dan kami lakukan dengan penuh bijaksana.

6. Cerdas

Agar kalian paham bahwa kecerdasan sangat dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup di kerasnya dunia, nak.

7. Sabar

Sebesar apapun amarah kami (mungkin) dulu, namun jangan pernah melupakan kesabaran yang kami tunjukkan ketika menjaga kalian sejak bayi hingga kalian dewasa.

8. Ngangenin

Rindukan kami nak, karena perasaan ini adalah perasaan yang bisa membantu kami tetap hidup dalam hati dan pikiran kalian.

9. Menginspirasi

Tak pernah bosan kami katakan kepada kalian, nak. Kami bukan manusia sempurna. Akan ada sisi baik dan buruk yang kami tunjukkan. Jangan contoh keburukan kami, tapi biarkan kebaikan kami menginspirasi kalian untuk menjadi manusia yang lebih baik dari kami.

10. Selalu hadir di setiap tahap kehidupannya

Kami memang sibuk bekerja karena ingin memberikan yang terbaik untuk masa depan kalian. Tapi percayalah, kami berusaha sekuat tenaga untuk selalu menomor satukan kalian, agar kami bisa selalu menjadi saksi hidup setiap milestone yang kalian jalani.

11. Serba bisa

Hal-hal sepele ataupun hal-hal besar yang kami lakukan, setiap resep makanan yang kami buat, setiap mainan rusak yang kami perbaiki, setiap pelukan yang kami harap bisa meringankan penyakit kalian, setiap sudut rumah yang kami bersihkan, setiap teriakan yang kami lakukan untuk menjadi supporter nomor satu kalian,semoga membuat kami menjadi sosok yang serba bisa di mata kalian.

12. Mandiri

Kita memang membutuhkan orang lain tapi bukan berarti kita tidak bisa berjalan dan berusaha sendiri jika memang keadaan memaksa kita untuk melakukannya. Semoga kami sudah cukup menunjukkan kemandirian kami sebagai orangtua.

13. Menenangkan

Apakah keberadaan kami di dekat kalian membuat kalian merasa lebih tenang dan nyaman, nak? Semoga saja jawabannya adalah iya.

14. Bersahabat, dapat dipercaya dan diandalkan

Semoga saja kami cukup mempercayai kalian selama ini, cukup menghargai setiap keputusan yang kalian ambil, cukup menjadi pendengar yang baik untuk setiap cerita-cerita kalian, cukup mampu memberi kritik yang membangun untuk kalian. Karena itulah yang dilakukan oleh seorang sahabat, bukan?

15. Inspiratif

Semoga apapun hal positif yang kami lakukan bisa menjadi inspirasi bagi kalian menjalani hidup.

16. Peduli dengan sesama

Bagaimana kami dulu mendidik kalian cara memperlakukan sesama dan memahami tata krama, semoga menjadi bekal kalian untuk menjadi manusia yang peduli dengan sesama.

17. Sholeh dan takut akan Tuhan

Semoga kami cukup memberi bekal untukmu nak, agar kamu menghargai sang pencipta kehidupan dan menyadari bahwa di saat hidupmu sedang berada di titik terbawah, maka doa menjadi salah satu cara yang bisa menguatkan kamu.

18. Tangguh

Segala usaha, kerja keras dan tetesan keringat yang pernah kami hasilkan, semoga memberikan gambaran pada diri kalian tentang ketangguhan yang kami miliki.

19. Jujur

Mungkin kami pernah berbohong kecil padamu nak, tentang kondisi keuangan kami, tentang jam berapa kami akan pulang kantor, dsb-nya, namun semoga lebih banyak contoh tentang kejujuran yang berhasil kami tanamkan kepada kalian.

20. Bertanggung Jawab

Mungkin kami tidak bisa selalu memberikan apa yang kamu inginkan, nak. Tapi setidaknya kami mencoba memenuhi setiap tanggung jawab kami sebagai orangtua :). Dan harapannya, semoga kamu juga tumbuh menjadi sosok yang penuh tanggung jawab.

21. Membanggakan anak-anaknya

Dan, semoga saja saat kalian ditanya siapa orangtua kalian? Kalian bisa menyebut nama kami dengan penuh rasa bangga!

Untuk semua anak-anak di luar sana, satu hal yang harus kalian ingat, meskipun orangtua kalian tidak akan selamanya bisa mendampingi kalian, never forget how much you were loved. Always and forever.


Post Comment