Mau Membeli Rumah? Lakukan Cara Cermat Ini Lebih Dulu

Jika mommies punya rencana untuk membeli rumah, simak tips berikut ini lebih dulu.

Mommies, berencana membeli rumah tinggal? Hal mendasar yang sebaiknya dipikirkan adalah kecukupan dana untuk mendapatkan dana uang muka pembelian rumah tinggal. Setelah itu, barulah dipikirkan anggaran dana untuk membangun, merenovasi, maupun mengisi rumah tinggal. Bagaimana langkahnya? Simak tips berikut ini.

membeli rumah -mommiesdaily

  1. Tentukan membeli rumah tinggal yang mana

Untuk keperluan uang muka, biasanya dibutuhkan 30% dari harga beli rumah. Setidaknya uang ini digunakan untuk cicilan pertama, uang muka murni, biaya provisi, dan biaya administrasi lainnya. Sumber dana untuk pos pertama ini sebaiknya dialokasikan dari penghasilan yang sifatnya tidak rutin namun besar. Contohnya adalah bonus, tunjangan hari raya, mau pun hadiah. Sebelum uang terkumpul ada baiknya disimpan dalam produk seperti reksa dana pasar uang.

  1. Buat Rencana Anggaran Biaya

Rencana Anggaran Biaya atau RAB adalah anggaran penting yang sebaiknya dibuat untuk membangun atau renovasi rumah tinggal. Dari RAB, maka kita bisa mengetahui berapa jumlah dana yang dibutuhkan hingga pekerjaan selesai dilakukan. Mommies sebaiknya punya rencana kapan pekerjaan ini dilakukan, agar dapat menyisihkan penghasilan setiap bulan kedalam tabungan berjangka untuk menyimpan dana.

Contohnya, jika renovasi rumah masih akan dilaksanakan dalam setahun kedepan atau lebih, maka kita bisa mempersiapkan dana dengan cara menabung di tabungan berjangka setiap bulannya. Mudahnya, jika kebutuhan dana renovasi adalah Rp. 20 juta, maka sebaiknya kita mempersiapkan dana sebesar Rp. 22 juta termasuk dana cadangan. Jika targetnya terkumpul dalam 12 bulan kedepan, maka setiap bulannya kita menabung sebesar Rp. 1.8 juta. Apabila renovasi harus dilaksanakan segera, maka alternatifnya adalah memanfaatkan kredit dana renovasi dari KPR yang saat ini masih berjalan atau mengajukan kredit renovasi bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Mencicil uang muka yang kemudian diikuti oleh cicilan pinjaman perumahan dalam waktu bersamaan kurang disarankan dalam perencanaan keuangan. Alasannya karena risiko terjadinya default saat tingkat suku bunga tinggi menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melunasi utang yang dimiliki sebelum mengambil pinjaman kredit. Selamat membeli rumah.

Live a Beautiful Life!


Post Comment