Memaksimalkan Fungsi Bermain di Luar Ruang dengan 5 Mainan Ini

Dukung si kecil bermain di luar ruangan, dengan bantuan beberapa mainan ini. Serunya tetap dapat, sekaligus penuh nilai edukasi.

Sebagai ibu dari anak balita cowok. Ada masa-masanya saya merasa kewalahan dengan kekuatan fisiknya dia. Jatah bermainnya, harus ada keluar rumah. Nggak tahan deh tuh, kayaknya main seharian di dalam rumah. Walau sudah lari-larian di garasi, bosan dengan satu mainan, harus beralih ke mainan lainnya, dan seterusnya. Kayaknya, kok energi anak kecil, nggak ada habisnya, ya? *elap keringat

Baca juga:

Pilah-pilih Mainan untuk si Kecil, Apa Saja yang Sebaiknya Harus Diperhatikan?

Mom, Choose Your Battle Wisely Saat Berhadapan dengan Anak

Pinginnya, nggak hanya sekadar bermain. Ada nilai plusnya, sambil belajar. Makanya nih, saya lagi rajin-rajinnya pilih mainan yang punya kedua fungsi tersebut. Intinya sih, kalaupun ada sisi edukasinya, nilai fun-nya harus tetap nomor satu, dong? Namanya juga dunia anak-anak :) . Yang penting lagi, dapat menyalurkan energi berlebih Jordy.

Pas banget, saya datang ke acaranya Early Learning Centre (ELC), mereka baru saja meluncurkan beberapa mainan seri luar ruangan. Yang menurut saya sih, bisa banget dijadikan media bonding antara orangtua dan anak.

Memaksimalkan Fungsi Bermain di Luar Ruang dengan 5 Mainan Ini - Mommies Daily - Mommies Daily

1. Giant Snacks & Ladders 2 In 1 Game

Ada dua sisi papan mainan raksasa yang bisa dimanfaatkna. Ular tangga dan tic tac toe. Nilai edukasinya untuk mengembangkan kemampuan menghitung dan keterampilan berpikir.

*Untuk anak usia di atas 3 tahun

Memaksimalkan Fungsi Bermain di Luar Ruang dengan 5 Mainan Ini - Mommies Daily - Mommies Daily

2. ELC Junior Trampoline

Kayaknya ini cocok deh, buat Jordy anak saya melampiaskan energinya. Bisa ditempatkan dimana saja, tapi tetap harus dalam batas pengawasan kita orangtua, ya, mommies.  Permainan ini, melatih koordinasu, keseimbangan dan kekuatan otot. Bisa juga untuk melatih percaya diri anak, dari yang tidak berani melompat, mulai mau berdiri di atas trampoline, dan akhirnya berani melompat.

*Untuk anak usia di atas 12 bulan

ELC Racer Pool

3. Boys Racer Pool

Mainan ini jadi incaran pertama saya, secara bentuknya udah laki banget, ya, kan. Bisa diisi air atau bola-bola plastik. Seru banget, deh kayaknya kalau bermain ini di taman, ya.

*Untuk anak usia di atas 18 bulan

Memaksimalkan Fungsi Bermain di Luar Ruang dengan 5 Mainan Ini - Mommies Daily - Mommies Daily

4. Sand and Water Table

Media bermainnya dilengkapi dengan pasti atau air. Dalam satu meja, ada 10 mainan, anak bisa eksplore sesuai minat mereka.  Dilenglapi peralatan seperti sekop, perahu, sendok, pipa, cetakan roda dan lain-lain. Kalau saya perhatikan, jenis permainan ini, bisa melatih indera peraba mereka, dan melatih kesabaran.

Memaksimalkan Fungsi Bermain di Luar Ruang dengan 5 Mainan Ini - Mommies Daily - Mommies Daily

5. ELC Double Sided Easel

Si kecil gemar main jadi ibu atau bapak guru? Nah, mainan ini pas banget buat mereka, membuat karya layaknya seorang guru. Atau sekadar coret aneka bentuk, belajar menulis angka dan huruf. Bisa melatih imajinasi dan kreativitas anak.

*Untuk anak usia di atas 2 tahun.

Serunya udah dapat, dan ternyata bermain di luar punya keunggulan lainnya. Sepertu yang dipaparkan Bayu Wijanarko, ELC Toys Expert, “Social skill-nya, dilatih untuk ketemu dan ngobrol sama teman, bahkan bisa dia bisa bicara dengan diri dia sendiri. “Nih, kalau aku mau main perosotan harus nanti dulu deh, teman aku dulu turun, baru aku. Nah itulah yang dilatih. Supaya anak masuk dalam lingkungan baru, dia bisa lebih mudah untuk bicara dengan temannya. Selain itu, juga memudahkan si kecil untuk main bareng, dan berbagi dengan teman seusianya.”

Kalau mommies pilih mainan yang mana?

Baca juga: 5 Jenis Permainan yang Mengasah Imajinasi Si Kecil


Post Comment