Menjaga Kecukupan Asupan Serat, di Tengah Jadwal yang Super Padat

Berkarya boleh aja, tapi jangan korbankan asupan serat, yang berguna untuk mendukung metabolism tubuh, ya, mommies. Beberapa kiat berikut ini, mungkin bisa menyelamatkan mommies, dari penyakit seputar pencernaan.

Saya sering dengar kisah-kisah pilu seputar pencernaan orang-orang yang jadwal kesehariannya padat banget.

“Duuuh, gue belum BAB, nih 3 hari!”

Keluh teman kantor saya suatu hari. Saya agak takjub, kok, betah ya, belum BAB berhari-hari. Karena pengakuan dia ini, kerap kali mengalami permasalahan seputar BAB. Pas saya ulik lebih dalam, yang bersangkutan, kurang memerhatikan asupan serat. Makanan yang dikonsumsi, nggak jauh-jauh dari karbohidrat, dan protein saja. Sudahlah dari makanan kurang, teman saya juga yang tergolong malas makan buah.

Menjaga Kecukupan Asupan Serat, di Tengah Jadwal yang Super Padat - Mommies DailyImage: www.healthyforgood.heart.org

Mommies familiar nggak, dengan permasalahan kaum urban yang barusan saya ceritakan? Dan ternyata fakta ini, juga diamini oleh riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, sebanyak 93,5% masyarakat kita tergolong kurang makan sayur dan buah, yang menjadi sumber serat.

Angka yang menurut saya cukup mencengangkan, lho hasil riset di atas. Padahal, serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, mencegah penyakit degenerated, dan menjaga berat badan ideal. Yang terakhir penting banget, nih, buat perempuan, hahaha.

Beruntung kalau soal makan sayur atau buah, saya sudah terbiasa dari kecil. Hampi semua jenis sayur, dan buah bisa saya makan. Namun, saya akui, terkadang jadwal yang padat, membuat saya suka lupa menyelipkan menu sayur di makan siang saya. Atau, karena terburu-buru, lagi-lagi pilihan jatuh pada fast food.

Jadi, untuk menjaga asupan serat sehari-hari. Sebetulnya nggak terlalu susah, sih. Asalkan sudah ada kesadaran, kesehatan tetap yang utama. Kalau sehat kan, berkegiatan juga jadi nyaman. Biasanya pas makan siang, dan lagi nggak ada agenda liputan. Saya akan pergi ke rumah makan yang menjual semacam nasi rames. Biasanya pilihan sayur di tempat-tempat seperti itu lumayan beragam. nah, saya sengaja membeli dua jenis sayur terpisah. Kenapa dua? Supaya jenis serat yang saya makan, juga beragam.

Baca juga: Pilihan Jajanan Sehat Selama Bepergian

Atau satu cara lainnya, setidaknya seminggu sekali saya suka beli smoothies bowl sehat. Memang sih, dari segi harga, juga lumayan. Tapi dampak yang saya rasakan juga sepadan, kok. Tubuh saya seperti sedang detok. Buang air kecil lebih sering, dan BAB pastinya lancar.

Namun kedua cara di atas, terkadang saya rasakan kurang praktis. Beruntung, beberapa waktu lalu, saya sempat datang ke press conference peluncuruan FiberCreme, Multipurpose Creamer yang tinggi serat. Bentuknya bubuk, dan bisa dicampur ke makanan, minuman, kue, desserts dan asiknya lagi bisa digunakan sebagai pengganti santan. Saya sudah pernah mencobanya, dan hasilnya, sama enak dengan menggunakan santan.

Menjaga Kecukupan Asupan Serat, di Tengah Jadwal yang Super Padat - Mommies Daily

Kabarnya jika mencampurkan FiberCreme ke minuman seperti kopi atau teh, tidak akan mengubah rasa. Cukup solutif untuk dijadikan alternatif sumber serat. Hmmm, jadi nggak sabar mau coba saya campur ke minuman kopi favorit saya.


Post Comment