Review: Medela SpecialNeeds Feeder

Medela SpecialNeeds Feeder ini bisa dipertimbangkan untuk membantu proses feeding bayi yang memiliki masalah minum. Selain diperuntukkan untuk bayi dengan kelainan seperti Zizy, bisa juga digunakan bayi prematur  yang lemah hisapannya.

Terus terang, saya tidak mempersiapkan apa-apa yang istimewa menjelang lahirnya Zizy, yang sudah diketahui memiliki kondisi celah bibir dan langit-langit sejak dari kandungan. Sebabnya karena saya banyak membaca pengalaman ibu-ibu lain yang bayinya terlahir dengan celah bibir serta langit-langit dan bisa tumbuh relatif normal. Namun, ternyata celah langit-langit Zizy cukup lebar sehingga saat IMD, langsung diketahui bahwa ia tidak bisa menyusu langsung.

Medela SpecialNeeds Feeder - Mommies Daily

Baca juga:

Multiple Congenital Anomalies Dalam Tubuh Bayiku

Maka, kami menyiapkan peralatan untuk membantu Zizy minum ASI perah. Breastpump, sterilizer dan botol susu kami angkut dari rumah ke kamar rawat saya di rumah sakit. Botol susu akhirnya tidak terpakai karena ASI hari kedua baru sebanyak maksimal 5ml sekali pompa, sehingga Zizy minum menggunakan pipet. Dokter anak lalu menyarankan untuk menggunakan Medela SpecialNeeds yang memang dibuat untuk anak yang tidak bisa menghisap dengan kuat dikarenakan celah langit-langit atau karena kelainan neurologis dan sindrom tertentu.

Medela SpecialNeeds Feeder terdiri atas beberapa bagian: botol, ring leher, katup dan dot (teat). Cukup ringkas untuk sebuah botol yang memiliki fungsi khusus. Bagaimana botol ini membantu bayi yang tidak kuat menghisap? Katup satu arah membuat udara tidak bisa memasuki dot dari luar, sehingga hisapan bayi yang lemah sekalipun akan menciptakan tekanan pada dot, yang kemudian akan mengalirkan susu. Ayah atau ibu juga bisa menekan dot untuk membantu mengalirkan susu. Bagusnya lagi, bila bayi berhenti menghisap atau dot tidak ditekan, maka aliran akan berhenti. Tentunya ini mencegah bayi tersedak dan terjadi aspirasi (air masuk ke paru-paru), yang dalam kasus Zizy sangat membantu karena bayi dengan celah langit-langit berisiko tinggi aspirasi. Aliran juga bisa diatur: kecil, sedang, besar sesuai usia dan kemampuan bayi. Mengaturnya juga mudah, cukup posisikan gurat penanda sejajar hidung bayi.

Medela SpecialNeeds Feeder - Mommies Daily

Ukuran botol Medela SpecialNeeds Feeder sama dengan ukuran botol standar pada umumnya, sehingga botol pengganti bisa dengan mudah didapatkan. Kekurangannya, dot, ring dan katupnya memang khusus sehingga sulit menggantinya. Bila sudah rusak tentu harus beli baru, yang artinya mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Seluruh bagiannya bisa dicuci dan disterilkan sehingga bisa digunakan berulang.

Saya sangat terbantu dengan adanya botol khusus ini. Tadinya, Zizy minum menggunakan pipet sehingga cukup merepotkan karena minum susu jadi ribet dan risiko tumpah. Belum lagi, menggunakan pipet berarti banyaknya susu tergantung yang memberi. Bila bayi belum siap menelan tetapi sudah diteteskan susu, bisa tersedak. Dengan menggunakan Medela SpecialNeeds, Zizy “menentukan sendiri” kapan ia menghisap. Otot rahang Zizy juga terlatih seperti halnya bayi normal yang menghisap ASI secara langsung.

Medela SpecialNeeds Feeder ini bisa dipertimbangkan untuk membantu proses feeding bayi yang memiliki masalah minum. Selain memang diperuntukkan untuk bayi dengan kelainan seperti Zizy, bisa juga digunakan bayi prematur yang cenderung lemah hisapannya. Tentunya bila tidak keberatan dengan harganya yang berkisar antara Rp. 495.000 – 650.000. Berhubung memang dimaksudkan untuk bayi berkebutuhan khusus, botol ini biasanya tersedia di rumah sakit. Sekarang tentunya semua juga tersedia online, jadi bisa juga browsing untuk cari harga terbaik.

Kelebihan:

  • Sensitif terhadap hisapan lemah sekalipun
  • Aliran susu diatur bayi
  • Ada tiga kecepatan aliran sesuai kemampuan bayi
  • Ayah dan ibu juga bisa membantu mengalirkan susu
  • Semua bagian bisa dicuci dan disterilkan

Kekurangan:

  • Bagian katup mungkin sulit dicuci (harus teliti)
  • Komponen pengganti sulit dicari
  • Harga relatif mahal
  • Tidak ada tutup, jadi sulit dibawa bepergian

Post Comment