Supaya Bisnis Kecil-Kecilan Sukses Lewat Online

Sekarang makin mudah berbisnis terutama di era online. Modalnya cuma niat, usaha, kuota internet pastinya dan lima tips berikut.

Sekarang kalau mau jualan apa saja, nggak perlu lagi punya toko. Cukup etalase virtual saja. Iya, betul, etalase virtual seperti Instagram, atau website. Banyak juga yang menggunakan fanpage Facebook. Nah, supaya bisnis kecil-kecilan ini sukses lewat online dan kemudian jadi besar-besaran, yuk, cek tips berikut ini.

Supaya Bisnis Kecil-Kecilan Sukses Lewat Online - Mommies Daily

Produk Unik
Berkat media sosial, apa pun sekarang bisa dijual. Dari jualan kue rumahan, bisnis MLM, hingga dagang emas. Semua ada. Saking banyaknya, mungkin produk yang kita ingin jual juga sudah bertebaran. Untuk itu butuh memberikan sentuhan unik pada produk yang kita miliki. Contohnya saja, bila ingin menjual bolu gulung, tapi saingan sudah segunung, berikan sentuhan unik pada bolu gulung yang dijual. Misal, pada dekorasinya yang berbentuk batik, pada isi bolu gulung dari ayam jamur, dan lain-lain. Memang harus jeli, supaya produk kita terlihat beda dari yang lainnya.

Target Market Jelas
Yang paling penting, kita harus tahu siapakah yang akan membeli produk kita. Akan lebih baik bila usia, pekerjaan, dan gender target market terfokus. Hal tersebut akan membuat kita lebih mudah untuk menjual produk.

Isi Etalase
Seperti yang diungkapkan di atas tadi. Nggak butuh sewa toko, atau menggaji penjaga kios, kita sudah bisa menaruh produk-produk di etalase Instagram, Fanpage Facebook, atau website. Nah, supaya para pengguna media sosial tersebut mengunjungi ‘etalase’ yang kita punya, rutinlah mengisi timeline-nya. Jika memang produk tak selalu dibuat setiap hari, kita bisa mengisinya dengan berbagai tips yang berhubungan dengan produk. Misal, jika berjualan makanan sehat, berikan tips tentang gizi & nutrisi. Jangan lupa, ambil tips-tips berguna dari sumber terpercaya, ya. Jangan sampai info yang diberikan malah memberikan informasi hoax.

Iklankan si Produk
Instagram dan facebook menyediakan fasilitas iklan berbayar. Nggak usah khawatir beriklan dalam dua media sosial ini tak perlu uang berjuta-juta. Paling murah, kita bisa pasang iklan senilai Rp 10.000 saja. Mulai dengan yang kecil, yang penting produk kita rutin tampil di timeline target market kita.

Santun Berjualan
Banyak dan sering kita lihat beberapa online shop melakukan spam di comment sebuah posting Instagram atau Facebook. Hal ini sebenarnya tidak dilarang, hanya terlihat ‘kasar’ dan tak beretika. Apalagi bila postingan dan spam jualan tidak berhubungan langsung dengan produk. Menurut saya, lho, ya…spam bisa dilakukan asalkan dilakukan dengan santun. Produk yang kita jual harus berhubungan dengan postingan tersebut. Misalnya saja, ada orang yang memposting pose yoga, puji dulu pose tersebut, lalu di bawahnya kita bisa berkata, “untuk mendukung tubuh yang sehat, yuk, cek IG kami yang menyediakan makanan sehat seperti biji quinoa asli dan home made granola.” Gampang, kan?

Selamat berbisnis online, mommies! Good luck!


Post Comment