Dear Mommies, Wajib Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Produk Bayi

Tiga langkah sederhana untuk memastikan produk bayi mommies, aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

Dear Mommies, Wajib Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Produk Bayi - Mommies Daily

Waktu masih single *uhuk*, nggak pernah terbayang sama saya, harus berjibaku dengan aneka macam produk bayi. Yang ada di otak saya hanyalah jalan-jalan sama teman kuliah, lalu jelajah Bandung, tempat dulu saya kuliah, dan  tiada akhir pekan tanpa wisata kuliner, hahaha.

Sekian tahun berlalu, tiba masanya saya menikah, hamil dan melahirkan, bisa dipastikan saya memasuki masa-masa yang jauuuh lebih serius. Termasuk mendadak rajin mencari tahu, macam-macam produk bayi yang aman saya gunakan untuk Jordy. Semacam ibu yang punya mainan baru. Hunting ke online shop atau toko offline. Hmmm, ternyata saya enjoy, kok. Dan nggak seserius yang ada dalam bayangan saya.

Saya menikmati peran baru sebagai ibu, karena terbentuk jadi pribadi yang lebih cermat, ya kan mommies? Misalnya apa-apanya saya nggak asal beli, orang-orang bilang bagus, lantas latah beli juga. Balik lagi ke standar keamanan saya sendiri sebagai orangtua, memilih produk untuk anak. Caranya, memperkaya diri baca informasi dari berbagai sumber, terkait produk yang kita mau beli. Terlebih terngiang-ngiang pesan dari Mama saya, “Kalau pilih sesuatu buat anak, harus hati-hati. Jangan cuma karena orang lain bilang bagus. Harus cek dan ricek, nyaman dan aman nggak buat bayi?.” Siap, Mah!

Kenapa saya begitu picky pilah pilih produk bayi, dari dulu hingga sekarang? Bayi yang baru lahir itu, kulitnya sangat sensitif, terutama di 28 hari pertamanya. Masa ini disebut sebagai neonatal, perawatan kulit bayi pada masa-masa ini, harus ekstra hati-hati. Karena jika terjadi kesalahan berisiko menyebabkan sepsis atau peradangan di seluruh tubuh yang disebabkan oleh infeksi. Duuuh, jangan sampai terjadi,ya!

Menurut pengalaman saya sekitar 3 tahun lalu, setidaknya ada 3 hal yang wajib mommies perhatikan sebelum membeli produk.

  1. Amati kandungannya

Saya model ibu yang paling lemah terhadap sesuatu yang punya tagline: “alami”, “natural”, “organik.” Maklum, karena alasan kulit bayi yang masih sensitif itu tadi. Jadi deh, sebisa mungkin semua kebutuhan Jordy berbahan dasar alami. Meminimalkan ruam pada kulit Jordy, yang bisa merembet kemana-mana, ya, kan? Rewel, susah tidur, nggak mau nenen – intinya nggak mau ambil risiko.

  1. Bagaimana dengan kredibilitasnya?

Saya nggak terlalu peduli dengan iklan yang gembar-gembor di sana sini. Biasanya, nih, mommies saya akan masuk ke website produk yang lagi saya incar, dari situ kita bisa gali informasi sebanyak-banyaknya. Baca dengan detail, berapa lama mereka “bermain” di industri baby product, korelasi antara tagline perusahaan dengan testimoni yang beredar di masyarakat. Untuk poin kedua ini, saya suka cek dan ricek dengan bertanya langsung sama teman-teman yang sudah lebih dulu jadi ibu. Kalau dari lima orang yang saya tanya, empat di antaranya bernada positif, bisa jadi pertimbangan kuat saya membeli produk tersebut.

  1. Sertifikat halal

Sertifikasi halal dari pemerintah dalam hal ini MUI, penting banget buat saya. Nggak mudah, lho, sebuah produk dapat label halal. Proses pemeriksaannya panjang, untuk menjamin para pemakainya juga nyaman. Terlebih saya seorang muslim, kriteria ini nggak bisa saya lepaskan di beberapa aspek kebutuhan sehari-hari, termasuk buat si kecil.

Sejauh ini, produk yang paling sejalan dengan kriteria saya tadi adalah My Baby Minyak Telon. Versi mereka #3CekKepercayaanIbu, lewat tiga poin ini, My Baby ingin mengedukasi ibu untuk selalu memberikan perawatan terbaik buat si kecil. Benar-benar lega pas tahu My Baby Minyak Telon punya perspektif yang sama dengan saya, dan saya yakin, juga dengan ibu-ibu lainnya.

a. Cek Halalnya

Dua varian minyak telon dari My Baby, yaitu My Baby Minyak Telon Plus & Minyak Telon Plus Longer Protection terbuat dari bahan alami  dan sudah tersertifikasi halal dari LPPOM MUI. Menjamin bahan baku, dan kemurnian proses pembuatannya aman untuk perawatan bayi dalam jangka panjang.

Dear Mommies, Wajib Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Produk Bayi - Mommies Daily

b. Cek Manfaatnya

Soal kandungannya, emang sudah terbukti mampu melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk.  Merasa lebih yakin karena kandungan bahan-bahannya  alami, di antaranya citronella atau minyak sereh dan lemongrass yang punya khasiat mengusir nyamuk dan serangga. Saya jadi nggak khawatir kalau Jordy main di luar. Mengurangi rasa parno, beberapa waktu lalu Jordy pernah dirawat karena demam berdarah. Sampai sekarang, saya  masih pakai varian Minyak Telon Plus Longer Protection yang punya keunggulan melindungi dari gigitan nyamuk selama 8 jam. Di samping itu juga ada My Baby Minyak Telon Plus (kemampuan 6 jam melindungi kulit si kecil dari gigitan serangga atau nyamuk). Tinggal pilih aja, sesuai kebutuhan.

Selain itu, dari pengalaman saya, kulit Jordy juga nggak mengalami iritasi sama sekali. Karena juga dilengkapi chamomile, untuk mencegah iritasi ringan pada kulit. Fungsi lainnya, kalau Jordy lagi kembung, langsung aja oles My Baby Minyak Telon. Ada tiga jenis campuran minyak yang berperan besar menyembuhkan Jordy dari kembung dan masuk angin. Minyak kayu putih (oleum cajuputi), minyak adas (oleum foeniculi) dan minyak kelapa (oleum cocos). Satu lagi yang bikin saya kepincut sama produk ini, dari aromanya, khas banget. Saya aja juga suka pakai, hihihi.

c. Cek kualitasnya

Di antara mommies ada yang tahu, nggak? Kalau My Baby sudah lebih dari 30 tahun setia menemani jutaan ibu-ibu merawat si kecil. Iya, selama itu ternyata, dan seumuran saya juga, hahaha.

Prinsip #3CekKepercayaanIbu  ini menurut saya cukup efektif menentukan produk-produk yang kita gunakan untuk si kecil, nyaman dan aman digunakan. Kalau menurut mommies, gimana?


2 Comments - Write a Comment

Post Comment