Kenapa Kulit Leher Juga Penting Dirawat?

Area kulit leher ini seringkali terlupakan, padahal penting banget dirawat layaknya kulit wajah.

Demi kulit wajah yang mulus, glowy, dan kencang, kita seringkali merasa sudah cukup melakukan dua langkah cleansing, toner, memakai serum, serumnya pun ada dua, pagi dan malam. Tak lupa pakai face oil, moisturizer, krim malam, hingga sunscreen. Dua kali seminggu maskeran, lalu facial dua minggu sekali. Apa pun, deh, semuanya dilakukan maksimal. Namun dengan semua keoptimalan kita itu merawat wajah, banyak juga yang nggak sadar atau lupa, kulit bagian leher juga sama pentingnya. Sehingga sebenarnya butuh dirawat seperti kita merawat kulit wajah.

Kenapa Kulit Leher Juga Penting Dirawat? - Mommies Daily

Struktur Kulit Lebih Sensitif
Sebenarnya kulit di area leher lebih tipis dan sensitif dibanding kulit di area lain. Artinya kerusakan kulit leher mudah dipengaruhi banyak faktor seperti sinar matahari, polusi, bahkan stres.

Lebih Cepat Kendur
Beberapa ahli berpendapat bahwa, kulit leher yang nggak dirawat akan tujuh kali lebih cepat menampakkan tanda-tanda penuaan dibanding wajah. What? Iya, kulit leher juga bisa banget mengalami hiperpigmentasi, muncul garis-garis halus, dan keriput, apa lagi kalau nggak pakai sunscreen. Kerusakan akibat sinar matahari bakal ketara banget.

Kontraksi Otot
Pada leher, otot rutin mengalami kontraksi platysma (yang membentang dari bawah dagu ke tulang dada). Akibatnya kulit leher jadi otomatis terlipat dan meninggalkan bekas yang menonjol.

Cara merawat Kulit Leher:

1. Sama seperti wajah, seluruh perawatan seperti serum, pelembap hingga krim malam harus diaplikasikan sampai ke leher untuk mencegah penuaan dini.

2. Secara rutin, kulit leher juga harus discrub menggunakan body scrub atau scrub khusus leher, untuk mencegah menumpuknya sel-sel kulit mati yang tidak bisa dibersihkan oleh facial wash atau sabun biasa.

3. Jangan lupakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulit leher dari serangan sinar ultra violet.

4. Kulit leher harus selalu dibersihkan, apalagi kalau mommies mengaplikasikan alas bedak hingga ke leher.

5. Hindari gosokan yang keras dan bahan kimia yang terlalu keras, karena bisa mengubah warna leher dari terang jadi gelap.

6. Olahraga jangan lupa, banyak-banyak minum air putih, buah, sayur, pokoknya makanan yang mengandung banyak serat.


Post Comment