banner-detik
DOMESTIC

9 Benda di Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

author

?author?05 Aug 2017

9 Benda di Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Yakin nggak sih rumah kita udah masuk kategori bersih? Tunggu sampai membaca 9 benda berikut ini, yang (ternyata) wajib dibersihkan setiap hari. 

Masih inget, deh, ada masanya saya rajin membersihkan casing HP berikut keyboard-nya. Gara-gara baca-baca artikel, tentang benda apa aja, yang mengandung banyak banget kuman, salah satunya handphone! Eh, tapi nyatanya bener, lho. Waktu itu saya bersihinnya pakai alkohol yang ditaruh di kapas *iya niat banget, hasilnya? Kapasnya dekil, hampir hitam *eewwww. Kebayang nggak, habis pegang HP terus makan sesuatu pake tangan telanjang, tanpa cuci tangan, berapa banyak bakteri yang ikutan masuk ke perut kita?

Baca juga: 5 Area Rumah yang Wajib Dicek Secara Berkala

9 Benda di Rumah yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Pas sudah nikah dan punya anak, kekhawatiran saya seputar kebersihan ini makin detail. Terutama pas anak lanang saya, masih bayi, kan daya tahan tubuhnya belum sempurna. Fokus saya seputar rumah aja dulu, soalnya Jordy kan juga belum banyak bepergian.

Baca juga: Direktori Jasa Bersih Bersih Rumah

Di sebuah artikel yang saya baca, di Brightside.me, ada 9 benda yang (ternyata) harus dibersihkan SETIAP HARI. Apa saja itu?

  • Handuk dapur
  • Beberapa studi membuktikan handuk dapur, atau kita sering menggunakan sebagai mengelap tangan, adalah benda paling terkontaminasi di area dapur. Hal yang sama juga berlaku untuk handuk kecil di kamar mandi. Idealnya, handuk untuk mengelap tangan ini, diganti tiga hari sekali. Pada keluarga dengan jumlah yang lebih besar, sebaiknya diganti setiap hati. Agak repot sih, kedengarannya. Tapi IMO, masuk akal kok, nggak pernah tahu, kan, kuman, bakteri dan virus apa saja yang sempat nempel di tangan, setelah beraktivitas seharian. Jadi, kebayang nggak handuk tangan di wastafel restoran? Ahahaha

  • Kunci
  • Hmmm, agak khawatir deh, pas baca poin yang ini. Nggak kepikiran kan, kalau kunci mobil, rumah yang mommies pegang setiap hari harus dibersihkan? Faktanya, kunci mengandung bakteri lebih banyak dari pada tombol di dalam lift *DUH.

  • Ubin kamar mandi
  • Nah, secara konsep kamar mandi di kita itu, kamar mandi basah. Kayaknya agak sulit, kalau ubin terus menerus dalam keadaan kering, ya. Kecuali ubin yang ditempel di tembok, baru deh ini memungkinkan kering setiap saat. Untuk urusan ubin bawah, kalau di rumah saya, akan disikat dua hari sekali.

  • Sponge cuci piring
  • Dari sekian banyak perlengkapan dapur, sponge cuci piring ini mungkin salah satu yang paling sering digunakan, ya, nggak sih, mommies?  Cara membersihkannya gampang. Cuci pakai sabun cuci piring biasa. Lalu taruh di microwave, seperti menghangatkan makanan seperti biasa (dengan pilihan panas yang rendah), selama satu atau dua menit.

  • Wastafel
  • Jika punya benda ini di rumah, setidaknya sehari sekali, silakan dibersihkan ya. Namanya juga tempat cuci tangan beberapa orang. Dan setiap orang habis bepergian dari mana-mana, manalah kita tahu itu ada bakteri, kuman dan virus apa yang nempel ketinggalan di wastafel. Membersihkannya, bisa menggunakan cairan disinfektan, ya, mommies.

  • Sinks cuci piring
  • Saya pernah melakukan percobaan, membiarkan sinks cuci piring tidak dibersihkan seharian. Hasilnya? Langsung nempel kotoran di mana-mana. Kotoran bekas makanan numpul di bagian pembuangan. Dari ini bisa keliatan, sih, memang udah seharusnya dibersihkan setiap hari, dengan alat khusus yang menyerupai serabut besi.

  • Coffee Maker
  • Kalau mommies punya alat ini di rumah, berarti mommies punya kerjaan ekstra. Cara sederhana yang saya baca di sebuah artikel. Gunakan campuran perasan jeruk lemon dan air putih, dengan perbandingan 1:2:3 cangkir perasan jeruk lemon dan 6 gelas air. Campur semua bahan dalam coffee maker, tunggu beberapa saat, dan matikan. Jangan langsung dibuang, diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam, lalu nyalakan lagi. Setelah itu buang dan bilas dengan air.

    Baca juga: 6 Pembersih Alami yang Ampuh untuk Berbagai Peralatan

  • Talenan
  • Mbak Fia, “penjaga gawang” editorial Mommies Daily, bilang di rumahnya punya talenan sesuai dengan jenis bahan makanan yang diolah. Artinya, buat daging dan ikan akan berbeda dengan talenan sayur, dan berbeda juga talenan untuk memotong kue.Hmmm…bisa dicoba triknya Mbak Fia. Mencucinya bisa menggunakan satu sendok the baking soda, dan setengah liter air panas. Diamkan 5-10 menit, lalu keringkan dan jemur di bawah sinar matahari.

  • Makeup brush
  • Ayooo, siapa di antara mommies yang jarang mencuci brush atau malah belum pernah? Terutama brush yang dipakai setiap hari. Di penghujung hari, bersihkan makeup brush dengan air sabun hangat, bisa pakai baby soap atau cairan khusus untuk mencuci brush. Lalu bilas dengan air biasa, dan keringkan.

    Mana di antara 9 hal tadi yang sudah rutin mommies bersihkan setiap hari? Atau ada referensi benda lainnya?

    Baca juga: 8 Cara Mudah dan (Murah) Membuat Rumah Lebih Sehat Untuk si Kecil

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan