banner-detik
HOUSEHOLD

Resep Puding Tahwa Kuah Jahe

author

dewdew29 Jul 2017

Resep Puding Tahwa Kuah Jahe

Sore-sore, di teras, menikmati datangnya senja menyeruput Puding Tahwa Kuah Jahe ini. Hmmm….

Ini makanan favorit almarhum papa saya sebenarnya. Saat bermukim di Solo, beliau suka banget beli ini di tukang puding Tahwa pasar Gede. Dia juga suka belikan saya kalau saya pulang liburan. Kadang kalau lagi kangen almarhum Papa, saya suka menikmati sajian kesukaannya. Nah, berhubung si Puding Tahwa ini jarang banget yang jual di daerah Depok, akhirnya saya coba bikin sendiri. Rasanya mirip, kok :).

Buat anak-anak, mereka agak kurang suka rasa jahe yang terlalu tajam, jadi saya tambahkan gula yang sedikit lebih banyak, agar rasa gula merahnya lebih dominan. Tapi kalau misalnya anak-anak Anda nggak ada masalah dengan rasa dan aroma jahe, takaran gulanya boleh dikurangi, ya.

Resep Puding Tahwa Kuah Jahe - Mommies Daily

Bahan:

Puding Tahwa

750 ml susu kedelai

1 sendok makan agar-agar bubuk (yang rasa plain)

50 gram gula pasir

Kuah Jahe

1 ruas jahe, digeprek

1 batang daun serai

500 ml air

1 sendok the gula pasir

100 gram gula merah

1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

Puding Tahwa

Rebus susu kedelai, agar-agar, dan gula. Aduk sampai mendidih. Matikan api.

Jika uap sudah berkurang, tuang di dalam wadah lebar. Biarkan dingin. Karena cairan lebih banyak dibanding agar-agar, maka proses pengerasan akan lebih lama 2-3 jam.

Kuah Jahe:

Masak semua bahan di atas api sedang hingga mendidih.

Penyajian:

Sendokkan puding Tahwa tipis-tipis ke dalam gelas atau mangkuk. Lalu tuangkan kuah jahe. Puding Tahwa siap dinikmati. ;)

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS