banner-detik
GARDENING

5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot

author

?author?28 Jul 2017

5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot

Daripada terus menerus beli daun mint, basil, rosemary dan kawan-kawannya. Kenapa nggak coba tanam di dalam pot aja? Ini dia cara dan tamanam herbal apa aja, yang bisa tumbuh di dalam pot.

Beberapa bulan ini saya dihantui keinginan melakukan hobi yang udah lumayan lama tertunda, yaitu berkebun! Hahaha. Masalahnya, area kebun rumah saya kecil banget, dan nggak dapat sinar matahari yang oke buat bantu tanaman tumbuh lebih subur.

Tujuan saya berkebun, semata-mata mau jadi ajang melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Dan lagi, menurut penelitian dari seorang ilmuwan, Profesor Paul Dolan, kegiatan berkebun  atau bercocok tanam dapat merasakan perasaan dua kali lebih bahagia. Itu baru dari segi psikis, dari segi fisik, saya berharapnya tubuh saya jadi lebih aktif. Maklum, niat untuk kembali rajin olahraga tak kunjung terjadi *help me! :D

Sementara itu keuntungan lainnya dari bercocok tanam, bisa kurangi stress, melihat tanaman yang kita tumbuh subur. Untuk memulai hobi saya yang tertunda ini. Saya mau mulai, dengan tanaman herbal. Lumayan kan, bisa buat masak, campuran dalam minuman, dan pengobatan alami.

5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot - Mommies Daily

  • Basil
  • Umumnya basil digunakan untuk hidangan Italia. Saya pernah membeli pasta yang sudah jadi dalam kemasan, enaaaak banget untuk dijadikan saus pasta. Tapi, harganya lumayan mahal. Nah, lumayan kan, kalau ada stok basil di rumah? Hihihi. Aroma basil ini juga lumayan tajam, mirip aroma kemangi. Bonusnya menjadi pengusir serangga.

    5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot - Mommies Daily

  • Oregano
  • Oregano punya aroma sangat wangi, terkenal sebagai tanaman bumbu Mediterania dan Asia Tengah. Kalau mommies lihat di berbagai resep eropa, herbs ini pasti nggak pernah absent sebagai campuran berbagai bahan makanan utama, seperti daging, ayam, dan sayuran.

    5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot - Mommies Daily

  • Mint
  • Kalau mint saya seringnya dicampur untuk minuman. Misalnya dimasukkan ke teh, yang dicampur madu, sereh dan jahe.

    5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot - Mommies Daily

  • Coriander
  • Agar mudah diingat, coriander juga sering disebut daun ketumbar.  Akan menimbulkan wangi yang khas dan memperkuat rasa masakan. Dari hasil pencarian saya, coriander ini bisa dicampur di hamper semua olahan. Mulai dari sop ayam, salad, kari, dan lain-lain. Daun ketumbar juga dikenal punya manfaat sebagai antibiotik, dan anti kanker.

    5 Tanaman Herbal, yang Bisa Mommies Tanam di Dalam Pot - Mommies Daily

  • Rosemary
  • Selain fungsinya banyak digunakan dalam dunia masak-memasak, rosemary juga bisa untuk tanaman pengusir nyamuk. Pas banget, kan? Kalau ditaruh di dapur? Biasanya Rosemary jadi teman setia campuran bumbu hidangan yang dipanggang, atau tumisan sayuran.

    Ada yang sudah lebih dulu menanam tanaman herbal ini? Mungkin mau menambahkan, atau kasih kiat supaya bisa tumbuh subur :)

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS