Nujuh Bulan Studio, The Ultimate Support System Untuk Calon Ibu

Nujuh Bulan Studio hadir sebagai the ultimate support system untuk para perempuan khususnya calon ibu dalam melewati fase penting kehidupannya.

Nujuh Bulan Studio. Familiar nggak dengan nama ini? Saya sendiri sudah cukup lama mendenger dan membaca review soal Nujuh Bukan Studio dari beberapa teman. Sayangnya, saya sendiri belum pernah datang dan main ke studio yang letaknya di wilayah Bintaro ini.

Lah, kalau mau ke sana, saya kan juga belum hamil (lagi), heheheee. Tapi masa ke sana harus nunggu hamil dulu? Akhirnya, beberapa hari yang lalu saya pun memutuskan untuk main ke Nujuh Bulan Studio dan ngobrol bersama Tia Pratignyo, selaku founder dan owner Nujuh Bulan Studio.

Saya kutip obrolan kami waktu itu, ya….

IMG_20170723_203631

Ceritain, dong, Mbak Tia mengenai ‘lahirnya’ Nujuh Bulan ini….

Semuanya berawal dari pengalaman pribadi, ketika aku hamil tahun 2012 aku ingin belajar persalinan itu seperti apa. Bagaimana cara melahirkan yang nyaman dan menyenangkan. Sebenarnya ada dan bisa nggak, sih, melahirkan dengan cara menyenangkan?  Sehingga aku nantinya punya pengalaman yang postitif tentang persalinan. Saat itu aku merasa ingin dapat dukungan secara mental juga. Jadilah aku belajar sendiri, dan riset sendiri. Setelah melahirkan aku merasa kalau moment melahirkan itu ‘waw’ banget. Perempuan itu luar biasa, ya! Dari sana aku jadi punya komitmen ingin memberikan support pada ibu hamil. Jadilah setelah melahirkan lebih fokus di sini.

Sejak kapan, sih, Mbak Tia tertarik dengan Yoga?

Aku sendiri sebenarnya sudah ngajar yoga dari tahun 2009 – 2010, tapi fokus mengajar yoga ibu hamil memang baru dilakukan setelah melahirkan. Setelah bertahun-tahun ngajar yoga untuk ibu hamil, aku merasa,kok, sepertinya tetap ada yang kurang, ya? Ini ada yang missing, nih. Ternyata yang penting itu justru the birth its self, the mental and spiritual aspect. Sepertinya aku memang belum tahu apa-apa, masih perlu banyak belajar. Oleh karena itu, aku ingin cari tahu tentang persalinan juga.

Jadi waktu itu aku ke Bali, ambil doula training, dan dari sana aku merasa lebih mantap. Aku merasa pengen banget bikin wadah atau support system buat perempuan khusunya para ibu hamil. Pas kembali ke Jakarta aku ingin bikin, dan saat itu aku ketemu doula Irma dan bilang kalau aku mau bikin child birth education dan ada studio yoga juga. Ternyata aku dapat dukungan. dan berdirilah Nujuh Bulan ini di tahun 2015 yang lalu.

Background aku sebenernya nggak ada hubungannya dengan persalinan ataupun kehamilan, aku 7 tahun tahun kerja di bidang finance dan S2 aku juga sebenarnya finance, tapi setelah mendalami yoga aku full di yoga, dan makin ke sini aku passion banget dengan yoga. Semakin jatuh cinta dengan yoga dan kehamilan dan persalinan.

Memang bagaimana, sih, pengalaman persalinan Mbak?

Pengalaman persalinan buat aku sendiri sangat menyenangkan. Dan buat aku, persalinan itu pengalaman spiritual banget. Dan nggak hanya pengalaman yang melibatkan fenomena fisik saja. Jadi aku makin ke sini merasa makin cinta. Makin ke sini, makin ingin memperdalam, dan ternyata semakin banyak juga yang ikutan child birth education. Bahkan ke sini juga banyak yang tanya soal fertility.

Wah, makin lengkap ya, layanan di Nujuh Bulan ini….

Iya, memang cukup lengkap, mulai dari pregnancy, birth, postpartum, sampai fertility. Postpartum itu juga sangat penting buat aku, karena banyak perempuan yang clueless, tiba-tiba harus bertanggung jawab ada bayi baru, jadi masalah yang baru melahirkan itu banyak banget. Dan ibu butuh didukung. Jadi kita sebenenarnya hadir sebagai support system buat perjalanan kehidupan perempuan.

Kalau ke dokter, kan memang bisa tanya segala macam soal kondisi bayinya, tapi kalau cuhat kan nggak bisa, ya. Bagaimana mengekspresikan kekhawatirannya secara leluasa, jadi kita mencoba mengisi kekosongan tersebut.

Signature class kita itu memang prenatal yoga, lalu ada child birth education, edukasi persalinan, kita juga ada kelas healing and relaxation, ada doula service, jadi bisa mendampingi selama melahirkan. Dari service-service tersebut, para ibu juga bisa merasa didukung. Terutama untuk child birth education menurut saya penting sekali, terutama untuk kehamilan pertama.

Dengan kita mengetahui persalinan seperti apa, bagaimana cara kerja tubuh, bagaimana rasanya saat kontraksi, dengan kita mengenal diri sendiri dan tubuh maka akan sangat membantu dan membuat percaya diri. Aku yakin, kalau ibu sudah percaya diri maka bisa menekan rasa takut dan khawatirnya. Karena kita ingin calon ibu yang ke sini itu bisa merasa nyaman dan menyenangkan ketika mereka melawati proses persalinan.

IMG_20170723_203649

Kenapa namanya Nujuh Bulan?

Hahahaa… sebenarnya aku ambil nama dari baby shower dari adat Jawa, di Indonesia namanya mitoni. Artinya nujuh bulan. Jadi ambil filosifinya dari situ. Jadi kan saat ceremony, ibu dan bayi didoakan oleh keluarga, seluruh keluarga dan teman-teman. Berdoa supaya proses persalinan bisa berjalan dengan lancar.

Nah, aku ingin Nujuh Bulan bisa seperti itu. Jadi siapa yang datang ke sini bisa punya pengalaman melahirkan yang nyaman, lancar dan menyenangkan. Kadang orang suka salah persepsi, yang boleh ikutan yoga di sini itu usia kandungan tujuh bulan ke atas. Padahal sih, nggak.

Memang kapan, sih, boleh ibu hamil bisa ikutan yoga?

Dari usia kandungan 3 bulan juga sudah boleh, kok. Yang saya senang makin ke sini banyak suami yang mau ikutan yoga. Sama seperti mengasuh anak, sebenarnya perlu dimulai saat mendampingi istri hamil dan melahirkan. Makanya, sekarang yang ikutan yoga couple juga cukup banyak. Makin ke sini memang sudah semakin nyatu, sih.

—-

Nggak bisa dipungkiri, sih, ya.. sampai saat ini masih banyak calon ibu yang ‘parno’ menghadapi momen kelahiran. Anggapannya, persalinan merupakan moment yang menyakitkan, dan mengerikan.  Padahal, seperti yang diungkapkan oleh Mbak Tia, bahwa melahirkan merupakan proses alamiah yang sarat dengan pengalaman batiniah dan spiritual. Dan kehidupan di dalam rahim merupakan awal penting yang menentukan wajah generasi masa depan. Untuk itu memang harus disiapkan dengan matang.

Jadi, saran saya buat calon ibu, nggak ada salahnya, lho, untuk melakukan yoga di sini :)

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...

2 Comments - Write a Comment

    1. adiesty

      Hai, Mbak….

      Huhuhu… maafkan atas typo-nya. Semoga nggak sampai merusak mata, ya, hehehe. Maklum, ngetiknya sambil merem *haaalaaah *cari pembenaran :D

      Alhamdulillah, kalau artikelnya menarik. Siapa tahu infonya bermanfaat, ya. Tulisannya juga sudah saya edit. Semoga nggak ada typo yang terlewat untuk direvisi.

      Eh iya, salam kenal, ya, Mbak… *salim virtual*

Post Comment